Dampak Adanya Teknologi Terhadap 4 Aspek Kehidupan Manusia

oleh -291 views
Dampak adanya teknologi terhadap 4 aspek kehidupan
Dampak adanya teknologi terhadap 4 aspek kehidupan

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membagikan artikel edukasi seputar dampak adanya teknologi terhadap 4 aspek kehidupan manusia, berikut penjelasannya.

Dampak Adanya Teknologi Terhadap 4 Aspek Kehidupan Manusia

Dampak adanya teknologi terhadap 4 aspek kehidupan
Dampak adanya teknologi terhadap 4 aspek kehidupan

Dampak adanya teknologi sangat besar terhadap kehidupan umat manusia. Dampak teknologi memiliki 2 sisi yaitu positif dan negatif. Setiap perubahan dan perkembangan zaman akan membawa konsekuensi baik itu manfaat maupun kerugian.

Kehadiran teknologi tidak dapat ditolak karena di satu sisi sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan.

Disisi lain kemajuan teknologi membawa dampak yang tidak bisa dihindari. Manusia sebagai pengguna teknologi harus bijak. Agar pemanfaatan teknologi sesuai porsi dan tujuan.

Teknologi merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan politik.

1. Dampak Adanya Teknologi terhadap Ekonomi

dampak adanya teknologi terhadap ekonomi
dampak adanya teknologi terhadap ekonomi

Dampak adanya teknologi bidang ekonomi banyak dirasakan oleh masyarakat secara luas. Teknologi meningkatkan produktivitas di sektor industri.

Jelas kita lihat bagaimana geliat sektor industri semakin cepat dengan bantuan teknologi mesin, operasional, komunikasi, sistem informasi dan sebagainya. Mempermudah dan mempercepat hasil produksi sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Barang kebutuhan melimpah sehingga memudahkan konsumen memperolehnya.

Dari sini proses perdagangan menjadi lebih lancar, perputaran uang tinggi sehingga mempercepat pertumbuhan perekonomian di suatu wilayah.

Taraf kehidupan masyarakat meningkat secara signifikan jika dibandingkan dengan jaman dulu ketika semua produksi dilakukan secara manual.

Kemudahan dirasakan oleh konsumen karena memperoleh barang kebutuhan lebih cepat. Bisa dibeli secara online dengan memanfaatkan teknologi internet.

Mulai proses pembelian hingga transaksi pembayaran bisa dilakukan secara online. Hal ini tampak dari semakin maraknya e-commerce di Indonesia. Konsumen semakin dimudahkan dalam berbelanja. 

2. Dampak Teknologi di Bidang Sosial

dampak teknologi di bidang sosial
dampak teknologi di bidang sosial

Bidang sosial tidak luput dari dampak adanya teknologi. Akses informasi menjadi lebih cepat diperoleh masyarakat. Melalui internet segala informasi terbaru bisa diperoleh dalam hitungan detik.

Ketika terjadi bencana di suatu daerah lebih mudah dan cepat untuk menggalang donasi. Sehingga lebih cepat penanganan di daerah terdampak. 

Sosialisasi dari pemerintah lebih mudah menjangkau masyarakat dari semua lapisan. Jika jaman dulu komunikasi jarak jauh dilakukan menggunakan media masa dan surat kabar saat ini lebih cepat menggunakan internet.

Masyarakat secara mandiri bisa mencari berita paling update. Pemerataan informasi lebih terjamin hingga pelosok tanah air.

Kecepatan informasi melalui internet sangat rawan dibelokkan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Pengguna internet bukan hanya dari golongan konsumen yang ingin mencari berita.

Tetapi juga banyak yang mencari keuntungan sepihak atau golongan dengan membuat berita tidak benar. Sebab sangat mudah membuat dan menyebar informasi melalui internet.

3. Dampak Teknologi di Bidang Budaya

dampak teknologi di bidang budaya
dampak teknologi di bidang budaya

Dampak adanya teknologi di bidang budaya tampak pada pertukaran budaya. Contohnya orang Indonesia mulai mengenal bahasa Korea, Jepang, tarian, adat dan kebiasaan Negara lain dan masih banyak lagi.

Mengenal Negara lain menjadi lebih mudah dilakukan sehingga bisa meniru nilai-nilai positif dan kemajuan suatu Negara.

Sisi positif teknologi juga dirasakan dalam dunia pariwisata, dimana suatu Negara bisa menerima pendapatan dari turis mancanegara yang datang. Informasi mengenai keunikan suatu Negara menjadi daya tarik untuk melihat secara langsung. Selain mengenalkan suatu kebudayaan ke Negara lain juga menjadi jalan untuk saling bertukar bahasa.

Dampak adanya teknologi dalam bidang budaya mengakomodasi karya anak bangsa untuk dikenalkan ke dunia luar.

Musik, design fashion, film, dan produk kerajinan menjadi lebih mudah dipasarkan secara luas ke mancanegara. Sehingga mendorong kemajuan generasi muda untuk terus berkarya.

Baca juga :

4. Dampak Teknologi di Bidang Politik

Dampak teknologi di bidang politik
Dampak teknologi di bidang politik

Di bidang politik, adanya perkembangan teknologi mempermudah hubungan diplomatik antar Negara. Mempercepat dan memudahkan ketika melakukan kunjungan kenegaraan.

Komunikasi dan konsolidasi lebih baik sehingga semakin mempererat hubungan politik antar Negara. Memudahkan dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kepentingan politik.

Hubungan kerjasama internasional menjadi semakin luas. Contohnya Indonesia, tidak hanya menjalin hubungan kerjasama dengan Negara-negara di Asia Tenggara tetapi juga dengan Negara-negara di benua lainnya.

Semakin banyak kerjasama terjalin semakin memberi keuntungan bagi Indonesia. Permasalahan dalam negeri semakin cepat teratasi dengan bantuan dari Negara lain.“

Ancaman disintegrasi bangsa tidak dapat ditolak sebagai akibat dari perkembangan teknologi dan informasi. Lebih mudah membentuk masa untuk melawan kebijakan pemerintah.

Mudah membentuk fanatisme, rasis, radikalisme dan sebagainya yang mengutamakan kepentingan golongan juga merupakan dampak adanya teknologi.

Artikel ditulis oleh @shinta dengan judul artikel Dampak adanya teknologi terhadap 4 aspek kehidupan manusia. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

11 thoughts on “Dampak Adanya Teknologi Terhadap 4 Aspek Kehidupan Manusia

  1. Teknologi memang menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita ya kak. Dan berbagai manfaat ini sebaiknya memang kita manfaatkan dengan bijak dan positif. Jangan sekali-kali memanfaatkan teknologi untuk kejahatan ya kan..

  2. Dampak teknologi bidang ekonomi ini paling paling paling saya syukuri. Beneran. Gak perlu ke bank atau ATM sering-sering. Bisa pakai Gopay, OVO, SMS Banking, Internet Banking. Duuuh, memudahkan banget. Alhamdulillah. Gak perlu bawa uang cash kemana-mana.

  3. Segala sesuatunya pasti ada dampaknya, termasuk perkembangan teknologi. Semua tergantung dari diri kita masing-masing, mau memanfaatkan teknologi untuk hal positif atau sebaliknya. Jadi gak ada yang salah dengan kemajuan teknologi, hanya si orangnya saja yang perlu dibuat smart!

  4. Benarlah manfaat teknologi yang diuraikan di artikel di atas. Termasuk dalam hal budaya. Kita jadi makin mudah mempelajari budaya di daerah lain. Tentu dalam rangka mengambil sisi positifnya. Keren nih artikelnya. Sangat bermanfaat.

  5. Semua halnada dampak positif dan negativenya. Sekarnag tergantung kita, manusianya bisa bersikap bijak nggak terhadap perkembangan teknologi.

  6. Ngga bisa kepisah dari kehidupan lagi emang. Jadi mau nnggamau, gimanapun efeknya harus diterima juga ya. Yg penting mah bisa meminimalisir dampak negatifnya ajaa. Aamiin deh

  7. Teknologi sekarang berkembang pesat banget justru di masa pandemi karena sekarang semua diharuskan mau gak mau serba daring, kerja daring, sekolah daring, plus juga jangan lengah juga sama efek-efek samping teknologi ini, yang kalo kita gak alert bisa bahaya juga

  8. teknologi emang kaya dua mata pisau yang nggak bisa dipisahkan sama penggunanya. Seperti pisau yang mau buat kupas apel untuk kawan kita, atau buat nusuk kawan kita. pilihan ada di tangan manusianya. Teknologi hanyalah alat. Semoga kita bisa mempergunakan sebaik2nya…

  9. Teknologi berdampak kepada semua bidang kehidupan ya. Semuanya serasa dipermudah, tinggal kitanya saja yang mesti pandai-pandai beradaptasi.

  10. teknologi membuat gaya hidup manusia berubah menjadi serba cepat. Yang paling saya rasakan sih ya kemudahan dalam berbelanja, enggak perlu lagi tawar menawar sampe narik urat atau panas-panasan keliling pasar, cukup duduk di rumah, tawar menawar dan deal barang hanya dalam genggaman

  11. Besar bgt dampaknya hampil merata ke semua lini ya kak.

    Teknologi emang banyak menguntungkan manusia. Meski ada negatifnya juga. Harus pinter2 filter diri

Komentar ditutup.