4 Ciri Ciri Wanita Mengalami Menopause

oleh -228 views
Ciri ciri wanita mengalami menopause
Ciri ciri wanita mengalami menopause

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membagikan artikel seputar edukasi mengenai ciri ciri wanita mengalami menopause. Bagaimana ciri cirinya ? Berikut uraian nya dapat kami sampaikan dibawah ini.

Apa Sih Menopause itu ?

Ciri ciri wanita mengalami menopause
Ciri ciri wanita mengalami menopause

Menopause merupakan masa dimana berhentinya haid atau menstruasi secara permanen yang diakibatkan hilangnya aktivitas folikuler ovarium. Menopause sendiri biasanya terjadi di rata rata umur 45 tahun hingga 55 tahun.

Seorang wanita bisa dikatakan terkena menopause jika tidak mengalami menstruasi selama kurang lebih 12 bulan secara berturut-turut tanpa adanya penyebab secara fisiologi ataupun patiologi yang nyata.

Sebelum seorang wanita itu terkena menopause, Ia akan mengalami masa Klimakterium. Klimakterium merupakan masa peralihan antara masa reproduksi dengan masa senium.

Klimakterium merupakan suatu masa peralihan yang normal dan wajar terjadi bagi kalangan wanita. Menopause memang akan terjadi secara alami, namun ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi cepat lambatnya fase menopause yang terjadi pada wanita. Hal tersebut dapat dirincikan sebagai berikut :

  • Usia Melahirkan
  • Stress
  • Penggunaan atau pemilihan alat kontrasepsi
  • Asupan Gizi
  • Kebiasaan Merokok

Setelah kamu mengetahui penjelasan dari menopause, alangkah baiknya kamu juga mengenal ciri cirinya agar dapat menanggulangi atau mengatasi dengan lebih cepat.

Ciri Ciri Menopause

Ciri ciri menopause
Ciri ciri menopause

Adapun ciri ciri menopause secara fisik ada 4, yaitu :

  1. Rambut mudah rontok
  2. Rasa hangat atau panas dapat dirasakan pada bagian leher, dada hingga pada wajah yang dapat dirasakan beberapa menit
  3. Seringnya buang air kecil. Wanita akan mengalami fase buang air kecil terlalu sering sebelum mengalami menopause
  4. Kulit menjadi lebih kering dari sebelumnya, gunakan pelembab secara rutin untuk mengurangi kulit kering

Selain mengalami ciri ciri menopause secara fisik, penyakit ini juga mempunyai ciri ciri yang dapat dirasakan secara psikologis yaitu :

  • Depresi
  • Cemas ataupun risau
  • Mudah tersinggung
  • Sulit berkonsentrasi dan mudah lupa

Lalu, ada juga ciri ciri menopause secara seksual, dapat kami rincikan sebagai berikut :

  • Vagina kering, vagina menjadi kering dibanding sebelumnya, sehingga akan menimbulkan rasa kurang nyaman ketika berhubungan seksual
  • Libido menurun, gairah untuk berhubungan seksual juga akan menurun

Menopause bisa dikatakan akhir dari hubungan seksual wanita, namun jika kita mampu menyikapinya dengan benar maka fase menopause bisa menjadi fase dimana seorang wanita menjadi lebih sehat. Berikut ini cara untuk menyikapi menopause

Cara Menyikapi Menopause


  1. Jangan berhenti berpikiran menerapkan pola hidup sehat, dengan gizi yang cukup dan olahraga secara teratur
  2. Selalu berpikiran positif, semua fase yang terjadi merupakan hal yang wajar yang dapat dirasakan oleh setiap wanita
  3. Kurangi mengonsumsi zat kafein, yang bisa berasal dari minuman kopi, teh, dan soda
  4. Istirahat yang cukup, minimal 7 sampai 8 jam per hari

Menopause merupakan fase yang dapat dirasakan oleh semua kalangan wanita, jadi tidak perlu khawatir. Setelah melewati fase ini pun wanita juga bisa membuat dirinya lebih bersinar dibanding sebelumnya.

Penanganan Menopause Secara Mandiri

Menopause tidak membutuhkan penanganan yang kompleks, penanganan yang dilakukan secara mandiri untuk tujuan meredakan gejala, yaitu dapat dilakukan dengan :

  • Menghindari makanan dan minuman tertentu, makanan yang dimaksud adalah makanan pedas, minuman yang panas, minum minuman beralkohol
  • Mengenakan pakaian yang berbahan katun, cara satu ini dapat mengurangi efek menopause
  • Menerapkan teknik relaksasi, cara yang dimaksud adalah meditasi, yoga, pengaturan napas

Jika dirasa menopause tidak bisa dilakukan secara mandiri, maka kamu bisa melakukan cara lain, yaitu berkonsultasi dengan dokter.

Penanganan Menopause Oleh Dokter

Cara ini dilakukan jika penanganan secara mandiri tetap tidak bisa menghentikan menopause. Adapun caranya yaitu sebagai berikut :

  • Menerapkan terapi pengganti hormon esterogen, terapi ini bisa dilakukan jika wanita sudah pernah melakukan pengangkatan rahim
  • Terapi Kombinasi Esterogen dan Progesteron, terapi ini diberikan pada wanita yang mengalami fase menopause secara alami

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel Ciri Ciri Wanita Mengalami Menopause. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : 4 ciri ciri wanita mengalami menopause

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com