Cerdas Dan Bijak Menggunakan Bahasa

oleh -701 views
Cerdas dan bijak menggunakan bahasa - farti
Cerdas dan bijak menggunakan bahasa - farti

Pertama, berhati hati menggunakan bahasa. Menggunakan bahasa, baik untuk mengekspresikan diri, untuk berkomunikasi maupun menyampaikan informasi harus berdasarksan kaidah atau aturan.

Sebagai contoh, seorang penulis menuangkan ide dan pemikirannya dalam sebuah buku atau melaui media internet untuk menyampaikan informasi penting kepada para pembaca dengan tujuan tertentu.

Pada saat menulis, penulis harus mempertimbangkan bahasa yang digunakan itu harus baik dan benar, memilih cara berbahasa yang sopan, tidak menyinggung atau menjatuhkan orang lain. Penulis harus mempertimbangkan atau memperhatikan siapa yang menjadi pendengarnya dan siapa pembacanya.

Dengan demikian, penggunaan bahasa harus selalu mengikuti apa kaidah dan atauran yang dtelah ditetapkan agar tidak menimbulkan kesalahan tafsir oleh pembaca.

Kedua, cermat menggunakan bahasa. Penggunaan bahasa dengan baik menekankan aspek komunikatif bahasa. Hal itu berarti bahwa kita harus memperhatikan sasaran bahasa. Kita harus memperhatikan kepada siapa harus menyampaikan bahasa.

Oleh sebab itu, unsur umur, pendidikan, agama, status sosial, lingkungan sosial, dan sudut pandang khalayak sasaran kita tidak boleh kita abaikan.

Contohnya, cara kita berbahasa kepada anak kecil dengan cara kita berbahasa kepada orang dewasa tentu berbeda. Selain itu, bahasa yang baik itu bernalar, dalam arti bahwa bahasa yang kita gunakan logis dan sesuai dengan tata nilai masyarakat kita.

Oleh karena itu, jika cermat dalam menggunakan bahasa, kita akan cermat pula dalam berfikir karena bahasa merupakan cermin dari daya nalar (pikiran).

Ketiga, ikut serta grup diskusi anti hoax. Di media sosial seperti Facebook, lainnya terdapat beberapa fanpage dan grup anti hoax, misalnya Forum Anti Fitnah, Hasut, Dan Hoax (FAFHH).

Dalam grup diskusi ini, netizen bisa ikut bertanya tentang suatu kejelasan dari informasi yang telah diterima merupakan hoax atau bukan, serta dapat melihat klarifikasi yang telah diberikan oleh orang lain. Semua anggota bisa berkontribusi dalam grup sehingga berfungsi layaknya crowdsourcing yang memanfaatkan tenaga orang banyak.

Dengan demikian, diskusi sangat penting untuk mengetahui dari kejelasan informasi yang diterima sehingga tidak ada hoax yang beredar.

Keempat, periksa fakta. Memperhatikan dari mana berita atau informasi tersebut berasal, siapa sumbernya apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri dan yang paling penting adalah tidak langsung mempercayai berita yang telah diterima yang berasal dari ormas, tokoh politik atau pengamat.

Hal lain juga harus perlu diperhatikan adalah perbedaan antara berita yang dibuat berdasarkan fakta atau hanya sekedar opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian serta bukti yang diberikan, sementara opini adalah pendapat yang belum tentu memiliki kebenaran atau bersifat subjektif.

Oleh karena itu, fakta sangat dibutuhkan untuk membuktikan bahwa berita atau informasi yang diterima itu benar adanya.

Dari keempat poin tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa harus selalu mengikuti apa kaidah dan atauran yang ditelah ditetapkan agar tidak menimbulkan kesalahan tafsir oleh pembaca, cermat dalam menggunakan bahasa maka cermat pula dalam berfikir karena bahasa merupakan cermin dari daya nalar (pikiran) manusia.

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah diskusi, itu sangat penting untuk mengetahui dari kejelasan informasi yang diterima dan terakhir fakta sangat dibutuhkan untuk membuktikan bahwa berita atau informasi yang diterima itu benar adanya sehingga tidak menimbulkan kebohongan atau berita yang tidak benar.

Esai ini ditulis oleh Farti, kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com