Bagaimana Cara Menghitung Denyut Nadi yang Normal? Ini Jawabannya!

oleh -458 views
Bagaimana cara menghitung denyut nadi yang normal
Bagaimana cara menghitung denyut nadi yang normal

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menghitung denyut nadi yang normal, berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Bagaimana Cara Menghitung Denyut Nadi Yang Normal ?

Bagaimana cara menghitung denyut nadi yang normal
Bagaimana cara menghitung denyut nadi yang normal

Mengetahui bagaimana cara menghitung denyut nadi normal itu penting sekali untuk memprediksi apakah seseorang memiliki resiko tinggi penyakit jantung atau tidak. Bila detak jantung berdegup kencang dalam kondisi istirahat, maka itu wajib diwaspadai. Karena artinya jantung bekerja keras saat memompa aliran darahnya ketika tidak ada aktivitas fisik yang tinggi.

Baca juga :

Umumnya beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kondisi detak jantung adalah usia, aktivitas, intensitas kebugaran, perokok aktif, punya penyakit kolesterol tinggi, kardiovaskular, diabetes, posisi tubuh, suhu udara, tingkat emosi, obat-obatan yang dikonsumsi, dan berat badan.

Melihat hal tersebut, maka sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara menghitung denyut nadi normal sendiri. Sehingga Anda tahu apakah denyut nadi Anda dalam kisaran normal atau tidak. Jika ternyata hasilnya abnormal, maka bisa segera dilakukan penanganan sejak dini dengan cara menghubungi dokter.

Jumlah Angka Denyut Nadi Normal

jumlah angka denyut nadi normal
jumlah angka denyut nadi normal

Setiap orang memiliki denyut nadi yang bermacam-macam. Hal tersebut tergantung dari beberapa faktor, misalnya saja seperti kegiatan fisik, usia, tingkat kebugaran, posisi tubuh, suhu udara, ukuran tubuh, emosi, dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Di bawah ini adalah jumlah angka denyut nadi normal setiap menit berdasarkan usia, antara lain:

Baca juga : Manfaat senam yoga untuk kesehatan tubuh jasmani dan rohani

Daripada orang dewasa, umumnya denyut nadi bayi dan anak-anak itu lebih tinggi. Karena mereka membutuhkan suplai darah lebih banyak dari orang dewasa. Sehingga jantungnya bekerja lebih keras dan detaknya juga lebih kencang demi memenuhi kebutuhannya. 

Namun meski begitu, biasanya denyutnya bisa berubah-ubah tergantung dari aktivitas fisik dan kondisi kesehatan mereka. Misalnya saja anak yang sakit, aktif, demam, dehidrasi, maka denyutnya pasti meningkat tajam.

Cara Menghitung Denyut Nadi Normal saat Istirahat

cara menghitung denyut nadi normal saat istirahat
cara menghitung denyut nadi normal saat istirahat

Untuk menghitung denyut nadi normal itu mudah! Anda bisa melakukannya sendiri dengan bantuan stopwatch (jika dibutuhkan). Namun sebaiknya pilih waktu terbaik ketika akan melakukannya. Jam terbaik untuk menghitung denyut nadi normal adalah di pagi hari atau sesudah duduk selama 10 menit.

Ini adalah waktu terbaik untuk menghitung detak jantung istirahat. Maka dari itu bila Anda masih penasaran bagaimana cara menghitungnya dengan benar, maka berikut ini akan kami berikan bagaimana cara menghitung denyut nadi normal ketika sedang beristirahat, antara lain:

Cara Menjaga agar Denyut Nadi selalu Normal 

Cara menjaga denyut nadi normal
Cara menjaga denyut nadi normal

Denyut nadi yang terlalu lambat dan cepat itu bisa terjadi karena ada kelainan pada jantung. Maka dari itu sebaiknya jalani gaya hidup sehat supaya denyut nadi selalu normal. Di bawah ini adalah cara menjaga tubuh supaya denyut nadi selalu normal, antara lain:

Itu tadi adalah sedikit informasi tentang jumlah angka denyut nadi normal dan bagaimana cara menghitungnya dengan benar.

Bila Anda memiliki masalah terhadap denyut nadi, seperti terlalu lambat dan cepat tanpa alasan, sebaiknya segera hubungi dokter. Karena permasalahan terhadap denyut nadi itu merupakan gambaran tentang denyut jantung dan permasalahan pada iramanya seperti aritmia.

Itulah penjelasan dari artikel tentang bagaimana cara menghitung denyut nadi yang normal. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

7 thoughts on “Bagaimana Cara Menghitung Denyut Nadi yang Normal? Ini Jawabannya!

  1. Ulang tahun tahun lalu dikadoin suami smartwatch. Alhamdulillah bisa cek kesehatan sekaligus di sana. Denyut nadi anak lebih tinggi dari dewasa, ini benar banget. Aku dapat informasi ini dari dokter anakku.

  2. Alhamdulillah hingga saat ini masih normal sih denyut nadiku, ortu, dan poankanku yang baby

  3. Baru tahu lho kalau ternyata denyut nadi anak-anak itu lebih tinggi daripada orang dewasa. Kirain sebaliknya …

  4. Ternyata denyut jantung dipengaruhi banyak hal ya. Bisa jadi ngitung sendiri nih denyut jantung. Bisa pula memastikan normal atau sehatnya

  5. Saya sering kesulitan mencari titik nadi kalau mau ngecek, akhirnya saya menghitung detak jantung. Konon irama dan tempo detak jantung dengan denyut nadi sama, kan ya?

  6. Terima kasih informasinya. Selama ini nggak pernah ngecek denyut jantunh dan baru tahu ya kalau waktu terbaik untuk ukurnya itu di pagi hari atau ketika setelah kita duduk 10 menit gitu

  7. Mohon maaf tapi sepertinya ada bagian yang hilang dari artikel ini karena setelah kalimat “Di bawah ini adalah cara menjaga tubuh supaya denyut nadi selalu normal, antara lain:”, tidak ada lanjutannya.

    Saya tau cara menghitung nadi dari guru olahraga di sekolah dan sampai saat ini menjadi salah satu ilmu yang sangat berguna. Terima kasih sudah diinformasikan kembali

Komentar ditutup.