Web Portal Pendidikan – Selamat sore sob, kali ini mimin akan posting nih artikel cara mengatasi gugup saat interview. Masalah ini sering kali dirasakan orang saat pertama kali melamar kerja di perusahaan perusahaan. Bagaimana sih cara mengatasi hal ini ? Berikut akan kami ulas cara caranya.

Cara Mengatasi Gugup Saat Interview

Wawancara kerja merupakan suatu langkah penting dalam meraih pekerjaan idaman Anda. kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya, lakukan apa yang kamu punyai dan kesempatan kamu diterima untuk posisi yang dilamar terus terbuka lebar.

Namun, wawancara kerja bisa menjadi aktivitas yang mendebarkan, menakutkan, serta memberatkan bagi sejumlah pencari kerja. Tidak heran, mereka terkesan gugup saat di wawancarai kerja. Terlebih lagi, mereka yang pertama kali mengalaminya.

Apakah kamu mengalami faktor yang sama seperti itu? Apabila iya, Maka 8 cara mengatasi gugup saat interview ini akan membantu kamu. Beginilah cara caranya.

1. Miliki pola pikir positif

Langkah pertama mempunyai pola pikir positif mengenai wawancara yang bakal Kamu hadapi. Yakinlah bahwa Kamu bisa menempuh wawancara kerja tersebut dengan cara baik, terlepas dari apa pun hasilnya nanti. Pola pikir positif ini bakal menghindarkan kamu dari stres sebab merasa terintimidasi oleh proses serta hasil wawancara kerja.

2. Persiapkan semua faktor yang berkaitan

Mempersiapkan semua faktor yang diperlukan untuk wawancara kerja tersebut. Ini bisa berupa dokumen terkait semacam surat lamaran kerja, CV, ijazah serta sertifikat pelatihan.

Mengapa ini penting? Sebab untuk mengantisipasi barangkali dokumen tersebut ditanyakan alias diminta oleh pewawancara kerja. Untuk itu, simpan dokumen tersebut dalam map dan folder khusus jadi kamu mudah menggunakannya suatu saat nanti.

Selain dokumen, persiapkan juga pakaian yang hendak Kamu pakai saat wawancara nanti. Pilihlah pakaian dengan warna yang baik jadi menolong menambah percaya diri. Karena pakaian wajib dipersiapkan juga, di antaranya sepatu, kaus kaki, dasi, serta parfum.

3. Cari tahu informasi perusahaan

Mencari tau informasi seputar perusahaan yang kamu tuju. Kamu bisa mencarinya dengan mengunjungi situs perusahaan, membaca brosur profil perusahaan, dan menelepon customer service perusahaan tersebut.

Informasi Apa Yang Harus Kamu Cari Di Perusahaan Yang Ingin Kamu Lamar ?

Informasi apa yang wajib Kamu cari? Beberapa informasi sudah kami sediakan sebagai berikut:

  • Sejarah perusahaan
  • Pencapaian apa yang sudah didapatkan perusahaan
  • Budaya kerja dari perusahaan tersebut
  • Persoalan yang dihadapi perusahaan
  • Target perusahaan

Informasi-informasi di atas penting diketahui sebab bisa saja pewawancara kerja menanyakannya terhadap Anda. Bayangkan kalau kamu tidak mengenal informasi mengenai perusahaan tersebut. Kamu mungkin kelabakan saat ditanya hal itu bukan ?

4. Antisipasi pertanyaan yang sekiranya bakal ditanyakan

Mengantisipasi pertanyaan yang sekiranya ditanyakan. Tulis pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam buku catatan kamu serta cobalah Kamu jawab sendiri.

Selain itu, Kamu bisa juga membeli buku seputar wawancara kerja untuk mengenal pertanyaan-pertanyaan yang umum ditanyakan.

Baca sob : Menganalisa Peluang Usaha

Langkah ini penting sebab kamu bisa menyiapkan jawaban paling baik bagi pertanyaan tersebut. Tidak hanya itu, ini menolong juga, sebab kamu bisa mencari data yang diperlukan untuk memperkuat jawaban yang akan kamu katakan nanti.

5. Melakukan Pelatihan Wawancara

Melakukan pelatihan wawancara. Kamu bisa meminta sahabat, keluarga yang kamu punya sebagai pewawancara dalam latihan tersebut. Lakukan dengan serius agar nantinya kamu bisa merasakan susana wawancara kerja.

Selain itu, berlatihlah sesering mungkin agar kamu bisa menjadi terbiasa dengan suasana tersebut.

6. Datang minimal 30 menit lebih awal

Datang minimal 30 menit lebih awal dari waktu wawancara kerja. Ini penting untuk dilakukan jadi kamu tidak telat dan terburu-buru.

Cara Mengatasi Gugup Saat Interview

Dengan kata lain, bila datang lebih awal, Kamu bisa bersantai sejenak, merapikan pakaian rambut dan semacamnya, memastikan dokumen mudah ditemukan, aatau berangkat ke toilet sekiranya ada persoalan dengan perut Anda.

7. Berdoa

Sebelum masuk ke ruang wawancara, berdoalah sesuai agama yang kamu yakini. Ini bakal menolong kamu dalam menenangkan pikiran yang mungkin saja tertekan. Tidak hanya itu, dengan berdoa, percaya diri Kamu juga bakal meningkat sebab kamu yakin Tuhan bakal memberikan hasil yang paling baik untuk kamu.

8. Anggap pewawancara itu sebagai teman atau sahabat

Langkah ini dilakukan supaya tidak gugup saat wawancara kerja, anggap pewawancara sebagai teman atau sahabat kamu. Mengapa? Dengan cara semacam itu, pikiran kamu bakal lebih rileks serta lebih jernih, jadi itu akan menolong Kamu dalam memberikan jawaban yang paling baik.

Baca juga sob : Cara Mencari Peluang Usaha

Mohon diingat juga, pewawancara kerja umumnya memverifikasi keterampilan serta perilaku kamu, bukan menginterogasi kamu semacam layaknya penyidik kepolisian. Oleh sebab itu, santai saja berikan jawaban kamu dan memberikan bukti bahwa kamu lah orang yang cocok untuk posisi yang dilamar.

Menanggulangi rasa gugup saat wawancara kerja butuh keterampilan khusus. Oleh sebab itu, cobalah mempraktekkan langkah langkah di atas, agar kamu bisa berhasil menjalani wawancara tersebut.

Bagaimana dengan cara cara yang saya sebutkan diatas ? Apakah kamu sudah puas ? Jika kamu punya jawaban tambahan sekiranya sempatkan mengisi saran di kolom komentar bawah. Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara mengatasi gugup saat intervieew. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com