Jurnaliscun.com – Selamat malam sahabat kang hafiz, kali ini saya akan membahas tutorial cara membuat contact us di halaman statis blog, caranya cukup mudah, mungkin bagi newbie atau pemula dalam ngeblog juga belum tau cara membuatnya, atau juga belum tau apa itu halaman statis.

Halaman Statis adalah halaman yang di khususkan untuk bagian bagian dalam blog, seperti Contact-Us, Disclaimer, Privacy Policy, Term Of Service, About Us. Halaman statis juga tidak diperlukan untuk ke indeks oleh search engine google, halaman tersebut hanya diperlukan bagi yang mendaftar adsense atau iklan lainnya, karena sudah jadi persyaratan.

Jika dari beberapa bagian itu, misalnya contact-us di buat di entri baru, dimana ditempat itu untuk membuat artikel baru, tentu itu tidak baik, karena akan menyebabkan halaman contact us akan terindeks oleh google, sebenarnya tidak apa apa kalo ke indeks oleh google, akan tetapi contact us yang dibuat tersebut sudah menjadi artikel, bukan halaman lagi.

Jika anda sudah mengerti penjelasan apa itu halaman statis, selanjutnya saya akan berlanjut ke penjelasan Contact us. Apakah anda tahu apa itu halaman contact us dan berguna untuk apa ?

Contact us adalah halaman yang diberikan oleh layanan google maupun layanan penyedia blog lainnya, seperti wordpress, mywapblog dan sebagainya untuk memudahkan para pengunjung atau visitor agar dapat berkomunikasi lewat pesan, contact us yang dibuat berbentuk form, contoh nya bisa anda lihat dibawah ini

Tampilan Contact
Tampilan Contact Form Di Blog

Tampilan nya berbentuk formulir, dimana didalamnya terdapat kolom nama, email, message (pesan).
Contact us digunakan untuk membuat suatu formulir pendaftaran, pemesanan barang, atau sebagainya.

Cara Membuat Contact Us Sebagai Berikut
1. Login Ke akun blogger anda
2. Masuk ke bagian laman
3. Muncul layar entri > pilih bagian html
4. Masukan script dibawah ini

<!– Do not change the code! –>

<a href=”http://www.foxyform.com/” id=”foxyform_embed_link_684584″>foxyform</a>

<script type=”text/javascript”>

(function(d, t){

   var g = d.createElement(t),

       s = d.getElementsByTagName(t)[0];

   g.src = “http://www.foxyform.com/js.php?id=684584&sec_hash=f1811515cf9&width=350px”;

   s.parentNode.insertBefore(g, s);

}(document, “script”));

</script>

<!– Do not change the code! –>

5. Untuk script, anda juga bisa mencari nya di google, karena script yang saya bagikan itu formulir contact us yang standar, atau bisa dibilang yang ori punya hehee
6. Ingat !! , sebelum memasukan script tersebut, anda harus sudah mengisi judul entri nya, Misalnya judulnya “Contact Us”
7. Simpan Dan Publikasikan

Biasanya menu bar atau menu menu seperti contact us , about, dan lain lain sudah langsung ada dan tersedia di template. Tinggal anda sendiri yang mengedit menu tersebut.
Untuk cara memasang nya di template, anda bisa cek screenshoot yang saya bagikan dibawah ini

 

Script Contact Us
Tampilan Script Contact Us Di Dalam Template

Mungkin cukup sekian pembahasan saya tentang pengertian dan cara membuat contact us di halaman statis blog, jika ada keluhan dan saran silahkan anda konfirmasi ke admin di bagian contact us dibagian menu blog.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com