2 Cara Lolos Tes SKB Bagi Peserta Tamatan SMA

oleh -106 views
cara lolos tes skb bagi peserta tamatan sma
cara lolos tes skb bagi peserta tamatan sma

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan tips dan cara lolos tes SKB bagi peserta tamatan SMA untuk lulus dalam CPNS. Bagaimana tips dan cara lolos tes SKB nya ? Berikut ulasannya akan saya sampaikan dibawah ini.

Cara Lolos Tes SKB Bagi Peserta Tamatan SMA

cara lolos tes skb bagi peserta tamatan sma
cara lolos tes skb bagi peserta tamatan sma

CPNS adalah salah satu profesi impian semua orang saat ini, khususnya bagi tamatan SMA. Menjadi abdi Negara merupakan pekerjaan ideal bagi setiap orang karena bisa menjamin masa depan pekerjanya. Beruntungnya, peluang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil bukan hanya terbuka bagi para lulusan Sarjana dan Strata di atasnya saja, namun ternyata lulusan SMA juga memiliki peluang yang sama untuk menjadi abdi Negara. 

Mengingat begitu menjanjikan profesi ini, tingkat persaingan untuk mendapatkan kursi PNS semakin ketat. Itulah sebabnya setiap tahun selalu banjir peminatnya. Disamping itu, jumlah pelamarnya juga cenderung semakin meningkat meski formasi yang dibuka cukup terbatas. 

SKB atau seleksi kompetensi bidang sendiri merupakan salah satu faktor penentu kelulusan peserta PNS. Maka dari itu bila Anda ingin bisa lolos SKB, sebaiknya perhatikan caranya di bawah ini untuk lulusan SMA:

#1 Tingkatkan Keterampilan Komputer

tingkatkan keterampilan komputer

Inti dari kompetensi bidang adalah pada praktik komputer. Dimana bobot tes nya sebesar 60%. Dalam seleksi kompetensi bidang terdapat 3 aspek yang akan diuji. Sehingga setiap calon pelamar harus menyiapkan 3 aspek penting tersebut yang meliputi di bawah ini:

  1. Keterampilan komputer.
  2. Lolos tes kesehatan.
  3. Lolos interview. 

Melihat hal tersebut, artinya setiap lulusan SMA perlu menguasai cara mengoperasikan komputer dengan benar. Bagi tamatan Sekolah Menengah Kejuruan dengan fokus pembelajaran komputer tentunya tidak akan mengalami kesulitan dengan hal tersebut. Namun bagi lulusan SMA yang mana secara umum pelajaran komputer hanya sebagai pelajaran ekstra, tentunya hal tersebut menjadi berbeda ceritanya. 

Bahkan ternyata tidak sedikit lulusan SMA yang tidak mahir dalam menggunakan komputer dengan benar. Itulah sebabnya, bagi lulusan SMA itu bila ingin berhasil lolos tes SKB, perlu meningkatkan keterampilan dibidang ini dulu sampai benar-benar matang. Sehingga ketika tes berlangsung, Anda sudah siap dari awal.

Persiapkan jauh hari untuk lebih memperdalam skill menggunakan komputer. Salah satu cara untuk memperdalam skill tersebut adalah bisa mengambil kursus di luar jam sekolah atau belajar secara otodidak di rumah. Pelajari mulai dari keterampilan dasar terlebih dahulu. 

Minimal Anda harus menguasai semua menu yang ada di dalam Ms Word, Excel dan Power Point. Itu karena ketiga keterampilan ini sering digunakan dalam semua bidang pekerjaan. Sementara itu, pada pekerjaan yang sesungguhnya, bisa jadi fasilitas perangkat komputer memiliki perbedaan sistem operasi. Jadi usahakan untuk mempelajari versi sistem operasi paling baru karena umumnya caranya lebih rumit. 

Baca juga : 2 cara paling jitu agar cepat dapat kerja

Jika sudah menguasai dengan baik, maka akan lebih mudah untuk Anda bisa memahami versi sebelumnya, terutama untuk kebutuhan tes tersebut. Selain harus menguasai keterampilan komputer, seleksi kesehatan juga menjadi bagian penting dari tes SKB ini. 

Maka dari itu, pastikan kondisi kesehatan Anda sedang dalam keadaan yang prima pada saat menjalani seleksi. Istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi, cukup minum air putih, dan rutin berolahraga merupakan cara terbaik untuk mempersiapkan kesehatan Anda. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kondisi kesehatan sendiri sebelum menjalani tes.

#2 Latih Komunikasi dengan Orang Lain

latih komunikasi dengan orang lain
latih komunikasi dengan orang lain, hal ini menjadi nilai tersendiri dalam tes CPNS

Jika praktik komputer memiliki bobot sebesar 60%, Interview atau wawancara memiliki bobot 40%. Jadi selain menguasai keterampilan praktik, lulusan SMA juga harus mampu berkomunikasi dengan baik. Bagi yang sudah terbiasa masuk ke dalam sebuah organisasi sekolah, tentunya hal ini bukan menjadi kendala. 

Karena seseorang yang terbiasa berada didalam sebuah organisasi umumnya sudah terbiasa berkomunikasi dengan baik bersama banyak orang.  Itulah sebabnya peluang lolos seleksi wawancara bagi yang terbiasa berorganisasi biasanya lebih besar. Namun bukan berarti menutup peluang bagi yang tidak memiliki pengalaman organisasi. 

Karena pada dasarnya, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain terlebih wawancara bisa dilatih dengan mudah. Cara melatihnya adalah dengan mempersiapkan mental terlebih dahulu agar lebih percaya diri ketika akan mengikuti tes.

Penyebab utama seseorang gagal dalam tes wawancara adalah kekhawatiran yang berlebihan dan merasa tidak percaya diri. Hal ini sering dialami bagi mereka yang jarang berkomunikasi dengan orang lain. Tidak terbiasa berbicara di depan umum dalam forum santai maupun formal seringkali menjadi kendala ketika harus berkomunikasi dengan orang lain.

Maka dari itu, sebelum menjalani tes wawancara, sebaiknya usahakan untuk memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Selain itu, cobalah datang lebih awal ketika akan menjalani tes supaya tidak terburu-buru dan lebih siap. Karena, proses persiapan yang matang seperti ini tentunya akan membantu diri Anda merasa lebih tenang dan siap. 

Sehingga pada saat memasuki sesi wawancara bisa lebih menguasai suasana. Bisa mencerna semua pertanyaan yang disampaikan. Jadi sebisa mungkin bekali diri dengan wawasan umum, ini sering menjadi bahan pertanyaan dalam SKB.

Baca juga : Tips sukses wawancara dalam menghadapi HRD

Banyak membaca terutama update informasi dalam kehidupan sehari-hari. Berlatih berpikir kritis dan runut. Sehingga dalam menjawab pertanyaan bisa lebih jelas dan sistematis. Tidak hanya jawaban singkat yang kurang mengena pada inti pertanyaan. 

Artikel ditulis oleh @Shinta dengan judul artikel 2 cara lolos tes SKB bagi peserta tamatan SMA. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : 2 cara lolos tes SKB bagi peserta tamatan SMA