Web portal pendidikan – Literasi kali ini merupakan hasil kiriman dari saudara Alfi Huda, tentang kemampuan menulis dan teknik yang dipakai seperti apa. Untuk itu, mari kita simak dalam ulasan kali ini.

Literasi : Cara dan tekhnik yang dibutuhkan dalam menulis sebuah opini ?

Kemampuan menulis dapat diasah dengan latihan secara terus-menerus. Bagi seorang pemula yang baru pertama kali belajar menulis, bebarapa hal berikut ini perlu kita perhatikan, pertama, mulailah menulis apa saja yang ada dalam pikiran, kedua, tidak perlu khawatir tentang kualitas tulisan, tuangkan saja semua yang terbesit di benak kamu untuk diekspresikan dalam tulisan.

Dalam memulai sebuah tulisan, ada beberapa hal-hal ringan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti kehidupan dalam ruang lingkup keluarga, pendidikan dan bermasyarakat.

Selain itu, hal yang perlu dilakukan dalam proses belajar menulis yaitu dengan banyak membaca. Kegiatan ini dapat dimulai dengan banyak membaca buku yang menjadi minat kalian. Kecenderungan seseorang berbeda-beda dalam membaca, berbagai corak bacaan baik yang ringan seperti novel maupun yang berat seperti tulisan ilmiah dapat dijadikan rujukan sebagai contoh dalam tulisan.

Baca : 5 Bentuk kedisiplinan dalam menulis

Dalam menulis, kita dapat belajar dari tulisan-tulisan tersebut bagaimana mengungkapkan sebuah masalah, dan di samping itu pula, kita juga dapat belajar bagaimana memilih kata yang tepat untuk dipakai dalam mendeskripsikan problem yang dibahas dalam tulisan. Dengan demikian kita akan memiliki kosakata yang kaya dalam menjelaskan sebuah masalah yang ada.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com