Jurnaliscun.com – Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai ratusan suku bangsa, itu artinya Indonesia mempunyai ratusan adat istiadat dan tradisi yang berbeda, adat istiadat yang dimiliki tiap daerah tersebut dikenal sebagai budaya lokal atau budaya daerah. Budaya lokal atau budaya daerah akan membentuk budaya nasional yang akan menjadi milik seluruh masyarakat.
Artikel dapat anda ambil disini Budaya Lokal dan Pengaruh Budaya Asing
Apakah yang dimaksud budaya lokal dan budaya nasional ? Semua akan dirangkum dalam artikel berikut.
Budaya Lokal Indonesia
Suku dan Budaya Lokal Indonesia
A. Pengertian Budaya dan Budaya Lokal
 
Dalam hidupnya sehari hari manusia tidak pernah bisa lepas dari budaya dan hasil hasilnya. Budaya selalu ada dalam kehidupan masyarakat, bahkan keberadaan budaya diterapkan dan dijunjung tinggi sebagai hasil karya manusia. Tetapi tidak semua budaya yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat itu sama. Setiap masyarakat memiliki budaya yang berbeda beda yang menjadi ciri khas suatu masyarakat tertentu.
1. Pengertian Budaya
 
Kata budaya bila ditinjau dari segi etimologis khususnya bahasa sansekerta berasal dari kata buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi. Budaya berasal dari kata budi dan daya. Budi berarti akal dan daya yang berarti usaha atau ikhtiar, jadi budaya adalah sesuatu yang bersangkutan dengan budi dan akal manusia.
Dalam bahasa Inggris budaya disebut culture, bahasa latin colere yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan terutama mengolah tanah atau bertani. Kemudian kata culture mengalami perkembangan pengertian yaitu sebagai segala daya upaya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam.
Berdasarkan pengertian budaya ditinjau dari etimologis tersebut, banyak ahli sosiologi yang mendefinisikan kebudayaan.
  • Melville J. Herkovits
    Memandang budaya sebagai suatua yang super organik krena kebudayaan yang turun temurun dari generasi ke generasi tetap hidup, walaupun orang yang menjadi anggota masyarakat senantiasa silih berganti disebabkan kematian dan kelahiran.
  • Selo Soemarjdan dan Soelaiman Soemardi
    Merumuskan kebudayaan sbagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Karya cipta adalah kemampuan untuk menghasilkan kepercayaan, kesusilaan, kesopanan, hukum dan lain lainnya.
  • Edward B. Taylor
    Kebudayaan merupakan kompleks yang mncakup pengetahuan, kesenian, kepercayaan, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan kemampuan serta kebiasaan kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota dari masyarakat.
  • C. Kluckhohn
    Kebudayaan adalah pola perilaku eksplisit dan implisit yang dipelajari dan diwariskan melalui simbol yang merupakan prestasi khas manusia, termasuk perwujudan dalam bentuk benda budaya.
Dari berbagai definisi budaya atau kebudayaan di atas dapat kita simpulkan bahwa kebudayaan adalah perilaku anggota masyarakat yang terbentuk dari hasil kerja yang terdiri dari nilai nilai, norma, kepercayaan yang dimiliki, dan dilaksanakan bersama oleh seluruh aggota kelompok masyarakat tertentu.

Budaya budaya daerah atau lokal yang ada di Indonesia akan membentuk budaya nasional yang akan menjadi milik bersama seluruh daerah. Anda sebagai seorang pelajar harus mampu menyebutkan budaya budaya daerah yang dapat memperkaya khasanah budaya nasional.

Meskipun sifat hakikat setiap kebudayaan  sama, tetapi kebudayaan yang tumbuh dalam setiap masyarakat tetaplah berbeda satu dengan lainnya.
Budaya Lokal
Budaya Asli Indonesia ( Budaya Lokal )
2. Budaya Lokal
 
Negara Indonesia adalah negara kepulauan, dengan jumlah 17.504 yang terbentang dari barat ke timur sepanjang 5.110 Km dan dari utara keselatan sepanjang 1.888 Km. Luas wilayah Indonesia mencapai 5.193.252 Km dengan luas daratan 1.905.443 Km. Letaknya luas tersebut menjadikan Indonesia mempunyai puluhan suku bangsa, yang masing masing suku memiliki adat dan tradisi yang berbeda. Setiap suku mempunyai bahasa daerah yang berbeda dengan puluhan dialek atau logat bahasa. Semua itu akan membentuk suatu budaya yang dikenal dengan budaya lokal.
Budaya lokal adalah budaya atau kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di lokal atau daerah tertentu dengan pendukungnya manusia yang hidup dan bertempat tinggal di lokal atau daerah tersebut. Menurut Koentjaningrat budaya lokal Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu-Budha, Islam, dan Eropa. Hal ini dapat dilihat dari bukti bukti peninggalan pengaruhnya seperti.
a. Bangunan candi dan sistem pemerintahan kerajaan kerajaan yang terdapat di indonesia.
b. Agama Islam menjadi mayoritas masyarakat Indonesia.
c. Hukum yang dianut oleh Indonesia sampai saat ini adalah sistem hukum adopsi Belanda.
Budaya lokal akan membentuk budaya nasional. Budaya nasional adalah budaya yang terbentuk dari keseluruhan budaya lokal yang berkembang dalam kehidupan masyarakat suatu negara serta merupakan hasil serapan dari budaya asing atau budaya global.
B. Unsur Unsur Budaya
Setiap kebudayaan yang dimiliki suatu masyarakat terdiri dari unsur unsur tertentu yang menjadi bagian dari suatu kesatuan budaya. Ada beberapa ahli mengemukakan tentang unsur unsur yang terdapat di dalam suatu kebudayaan.
Melvillie J. Herskovits, menyatakan ada empat unsur utama yang terdapat dalam kebudayaan yaitu:
a) alat alat teknologi.
b) sistem ekonomi.
c) kekuasaan politik.
d).keluarga.
Bronislaw Malinowski, mengemukakan empat unsur budaya (kebudayaan), yaitu:
a) sistem norma yang memungkinkan kerjasama antara anggota masyarakat.
b) organisasi ekonomi,
c) alat alat dan lembaga atau petugas pendidikan seperti keluarga,
d) organisasi kekuatan politik.
Setiap kebudayaan yang ada dalam masyarakat memiliki unsur unsur kebudayaan yang disebut dengan cultural universal (budaya lokal dan budaya asing). Anda sebagai pelajar harus mampu memberikan contoh kebudayaan yang ada di sekitar Anda yang dapat diuraikan unsur unsur budaya nya!
Budaya Daerah
Contoh Budaya yang ada di Indonesia
C. Macam Macam Budaya Lokal Di Indonesia
 
Indonesia sebagai negara yang masyarakatnya multikulturalisme, mempunyai beragam budaya daerah atau lokal yang berbeda satu sama lain. Budaya lokal adalah budaya daerah yang tumbuh dan berkembang di setiap suku bangsa Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan bangsa Indonesia yang mempunyai budaya lokal yang memperkaya budaya nasional. Agar lebih jelas, berikut ini akan dijelaskan dan diuraikan beberapa budaya lokal yang ada di Indonesia.
1. Tradisi Upacara Perkawinan Adat Suku Nias
 
Perkawinan adat suku Nias meliputi beberapa upacara adat yang harus dilakukan. Upacara upacara tersebut antara lain sebagai berikut.

 

  • Mamebola, adalah upacara mengantar emas pertunangan sebanyak 30 gram emas muda kepada keluarga si gadis. Sebaliknya, pihak pemuda diberi satu kantong terbuat dari tikar yang berisi daging rebus, jantung, dan hati babi.
  • Tiga minggu kemudian diadakan upacara famuli mbola. Famuli mbola adalah upacara mengembalikan kantong tikar yang diberikan pihak gadis.
  • Upacara penentuan hari perkawinan atau fangoto bongi.
  • Upacara pernikahan, atau fangowalu.
2. Tradisi Era-Era Tu Urau
 
Era-era tu urau adalah upacara tindik telinga untuk gadis gadis yang menginjak usia dewasa, yang merupakan tradisi budaya suku bangsa Waropen, Papua. Upacara ini disebut era-era tu urau yang artinya tusuklah telinganya. Makna dari tusuk telinga yaitu agar anak gads itu dapat mendengarkan hal hal yang baik. Dengan melubangi telnga, anak gadis tersebut sudah pantas untuk hidup berumah tangga atau menikah.
3. Tradisi Ngaben di Bali
Ngaben adalah upacata pembakaran mayat yang dilakukan oleh para penganut agama Hindu Bali. Upacara ini dilaksanakan antara bulan juni – september yang merupakan kesempatan terakhir bagi keluarga yang ditinggalkan untuk mengabdi dirinya kepada orang tua yang sudah meninggal. Keluarga yang melaksanakan upacara ngaben dilarang mengadakan upacara lainnya, seperti upacara perkawinan atau upacara potong gigi.
D. Macam Macam Pengaruh dan Dampak Budaya Asing
 
Budaya nasional merupakan budaya yang terbentuk dari budaya budaya lokal dan sebagai hasil serapan dari budaya asing. Budaya nasional tidak terlepas dari pengaruh asing apalagi zaman globalisasi sekarang ini. Masuknya budaya budaya asing yang bebas tanpa ada proses seleksi akan mempengaruhi perkembangan kebudayaan nasional.
1. Pengaruh Budaya Asing
 
Keberadaan kebudayan Indonesia saat ini tidaklah semurni dulu. Kebudayaan Indonesia sudah terpengaruh, bahkan tercampur dengan budaya budaya asing. Masuknya budaya asing ke dalam budaya Indonesia melalui interaksi dengan bangsa lain. Dalam proses interaksi tersebut terjadilah saling mempengaruhi satu sama lain. Perkembangan teknologi, komunikasi dan transportasi yang disuguhkan dalam era globalisasi menyebabkan setiap orang dapat menerima pengaruh dari luar.
Budaya budaya asing mempengaruhi budaya Indonesia melalui saluran saluran tertentu, saluran saluran tersebut antara lain media massa, pariwisata Internasional, lembaga perdagangan, dan industri Internasional, selain lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan.
2. Dampak Masuknya budaya Asing
 
Di era modernisasi dan globalisasi seperti sekarang ini memang tidak bisa menampik masuknya budaya asing ke Indonesia. Budaya asing yang masuk tersebut akan memberikan dampak positif maupun negatif terhadap masyarakat Indonesia.
Dampak Positif
a) sistem pemerintahan lebih terbuka dan demokratis.
b) bidang sumber daya manusia.
c) bidang perekonomian.
d) bidang sosial budaya.
e) bidang teknologi, dan komunikasi
Dampak Negatif
a) guncangan budaya ( cultural shock )
b) bergesernya nilai nilai religi
c) hilangnya rasa nasionalisme
d) lupa identitas diri sebagai bangsa Indonesia
e) Disintegrasi ( munculnya konflik dalam masyarakat yang disebabkan adanya pengaruh asing )
 
Di era globalisasi seperti sekarang ini membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan budaya suatu negara, budaya yang satu akan mempengaruhi budaya yang lain, termasuk budaya Indonesia akan banyak dipengaruhi oleh budaya budaya asing.
Terima kasih sudah berkunjung ke artikel kami yang berjudul “Budaya Lokal dan Pengaruh Budaya Asing
– Pengertian Budaya dan Budaya Lokal
– Pengertian Budaya
– Budaya Lokal
– Unsur Unsur Budaya
– Macam Macam Budaya Lokal di Indonesia
– Macam Macam Pengaruh Dan Dampak Budaya Asing
– Pengaruh Budaya Asing
– Dampak Masuknya Budaya Asing
– Dampak Positif
– Dampak Negatif

 

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com