web portal pendidikan – Selamat malam sobat jurnaliscun. Tema kali ini yaitu Blogger vs Wordpres Self Host mana yang lebih baik antara kedua platform tersebut ? Dalam artikel kali ini mimin akan mengulas satu persatu dari kedua platform tersebut.

Blogger vs WordPress Self-Host mana yang lebih baik ?

Sebelum kita membandingkan keduanya alangkah baiknya kita harus mengerti dasar dasarnya terlebih dahulu. Nah, apakah sobat jurnaliscun tau dasar dasar ilmu dari kedua platform tersebut ? Dalam membandingkan suatu perkara, kita harus tahu dulu ilmu dasar, kekurangan dan kelebihannya.

Blogger ? Berbicara tentang blogger, platform satu ini adalah platform yang dibuat oleh google sendiri untuk user atau pengguna yang ingin membuat suatu halaman website, blog, atau vlog. Platform satu ini mempunyai suatu hosting (bandwitch / Kapasitas) yang unlimited. Maksudnya unlimited disini tidak ada batasan berapa banyak kamu mengunggah artikel, gambar, atau suatu video kedalam platform tersebut.

Dalam platform blogger terdapat tampilan yang friendly, ringan dan cepat. Script script yang terdapat di batang tubuh blogger adalah html. berbeda dengan platform lain.

Blogger sendiri mempunyai suatu bagian untuk mengedit dan mengolah suatu script. Untuk mempercantik blog platform blogger sudah mempersiapkan banyak menu. Yaitu template (thema / tampilan situs), widget, dan laman (halaman statis).

Dalam menu template sendiri, blogger telah memberikan keleluasaan untuk para user (pengguna) blogger untuk mengolah dan mendesain secara pribadi. Di platform ini kita diwajibkan untuk menguasai kode kode java script, html. Karena batang tubuh situs ada dalam ruang lingkup ini.

Bagi kalian yang masih awam dengan dunia teknologi, ingin mencoba buat blog blog biasa, tentang biografi diri sendiri atau semacam nya saya sarankan untuk memakai platform blogger. Karena simple untuk di mengerti, dan pastinya gratis. Cocok buat kamu yang masih sekolah dan ingin yang gratis gratis hehee..

Di platform blogger, untuk biaya yang dikeluarkan tidak banyak, hanya butuh domain prabayar saja. Kalo untuk hosting sih ga masalah, kita sudah diberikan gratis oleh si mbah google, unlimited lagi.

Keuntungan lainnya menurut saya yaitu, jika anda mempublish suatu artikel maka dengan cepat artikel tersebut di tangkap (crawl) oleh mesin pencari google. Berbeda dengan platform lain yang membutuhkan waktu.

Jika kalian sudah paham dengan blogger seperti yang saya ungkapkan diatas, maka kalian juga harus memahami platform wordpress self host. Kenapa sih namanya wordpress self host ? Simak penjelasannya dibawah.

WordPress adalah suatu platform lawan tanding blogger. Di wordpress sendiri ada dua jenisnya, yaitu wordpress gratis (wordpress.com) dan wordpress berbayar atau disebut wordpress self-host (wordpress.org).

Apasih yang membedakan mereka berdua ?

Dari namanya sudah jelas, yang satunya gratis yang satunya berbayar. Maksudnya gratis adalah platform tersebut memberikan hosting gratis kepada pelanggan untuk mengolah situs dalam platform tersebut. Tapi jangan disamakan dengan blogger ya, karena wordpress yang gratis hosting yang diberikan dibatasi, tidak unlimited seperti platform blogger.

Berbeda dengan wordpress self host, platform satu ini memang dikhususkan untuk pengguna yang profesional. Kenapa saya bilang profesional ? karena banyak web web besar diluar sana memakai platform wordpress self host. Harga yang ditaksir bermacam macam tergantung berapa banyak kapasitas yang kita perlukan.

Berbeda dengan blogger, wordpress self host memudahkan usernya untuk mendekorasi, mendesain, mengedit suatu tampilan blog. Karena sudah disediakan plugin plugin yang secara otomatis merubah dan menambahkan tampilan yang kita inginkan. Tidak seperti blogger yang segalanya harus kita utak atik sendiri.

Kelebihan apasih yang kita dapat dalam mengelola platform wordpress self host ?

  1. Semua masalah bisa dipecahkan dengan hanya menambahkan plugin plugin yang sesuai dengan masalah kita
  2. Kerjanya tidak rumit, dan tidak membutuhkan waktu yang lama.
  3. Tampilan keren seperti situs situs besar. (tergantung keahlian kalian ya, semua sudah disediakan secara otomatis).
  4. Dan yang terakhir, dalam penggunaan url tidak terlalu rumit contohnya jurnaliscun.info/wordpress-self-host-mantap/ (tidak rumit seperti platform blogger, jurnaliscun.info/2017/02/wordpress-self-host-mantap.html

WordPress tidak terikat pada google, maksudnya jika suatu masalah terjadi hosting anda tetap aman aman saja, jika ada masalah tinggal melaporkan kepada layanan customer tempat anda membeli hosting. Kalo di blogger sendiri hukumannya serem loh, bisa dibanned langsung.

Untuk membandingkan kedua platform tersebut memang agak sedikit sulit, karena tergantung dengan style masing masing. Jika anda tidak mau mengeluarkan uang untuk suatu web yang ingin anda kelola, maka blogger adalah jawabannya. Karena gratis, dan simple. Kalau untuk seorang yang tidak memperdulikan soal harga asal situs nya bagus, maka jawabannya wordpress self host. Karena wordpress self host mudah untuk dikelola.

Template pada platform wordpress ada yang berbayar dan gratis. Untuk yang gratis, tampilan template bagus, akan tetapi credit tetap milik si pembuat, tidak bisa dihapus. Selain itu fungsi fungsi dari template dibatasi. Tergantung dari anda nya sendiri, jika mau semua fungsi bisa dikelola maka anda harus membeli template. Ga harus, tapi mungkin bisa dipertimbangkan untuk jangka panjang.

Menurut saya, yang bagus dari kedua platform tersebut (blogger & wordpress self host) adalah wordpress self host. Kenapa ? karena jurnaliscun memakai platform ini. Tampilan oke, dan tidak kalah dengan web web besar. Menu menu gampang untuk di kelola dan pastinya tetap cakep. Update tiap saat, dan dapat dipastikan malware, kode script yang error, dapat di tangani dengan cepat.

Bagaimana menurut anda ? semua pilihan ada pada anda sendiri. Mana yang lebih baik, blogger atau wordpress self host. Untuk referensi tambahan mungkin dapat sobat simak dalam artikel berikut perbandingan blogger dan wordpress.

Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang “Blogger vs WordPress Self Host, mana yang lebih baik”. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari para pengunjung belapendidikan.com.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com