Web portal pendidikan – Selamat sore untuk kita semua, kali ini admin akan bahas tentang pentingnya bidikmisi. Tema kali ini yaitu “Bidikmisi bangkitkan mutiara bangsa.” Kenapa bisa dibilang seperti itu ? Untuk jawaban lengkapnya dapat kita simak dalam ulasan artikel kali ini.

Bidikmisi Bangkitkan Mutiara Bangsa

Bidikmisi yaitu suatu bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa/i yang berprestasi tetapi memiliki keterbatasan dalam bidang ekonomi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri/swasta.

Bidikmisi sangat populer di kalangan pelajar SMA serta sangat banyaknya peminat dan pelamar bidikmisi tiap tahunnya, akan tetapi yang berhak untuk mendapatkan beasiswa ini adalah orang orang yang memang merupakan mahasiswa/i yang kurang mampu secara ekonomi.

Pada hari senin , 04 desember 2017 yang lalu, universitas jambi memberikan buku tabungan kepada kurang lebih 816 mahasiswa baru penerima bidikmisi unja pada tahun 2017, pada saat itu mahasiswa penerima bidikmisi diberi nasihat agar tetap berprestasi dan bisa mengunakan dana dari bidikmisi ini untuk keperluan kegiatan perkuliahan bukan untuk kesenangan belaka (berfoya-foya).

“Ayo bangkit, bangkitlah semua wahai kau mutiara yang terpendam, kemiskinan bukan jadi penghalang untuk dapat berprestasi dalam meraih cita-cita (penggalan lirik mars bidikmisi).”

Sejak bidikmisi diluncurkan oleh kemenristek (kementerian riset dan teknologi) dan pendidikan tinggi pada tahun 2010 yang lalu, beasiswa ini sudah banyak sekali memberi manfaat kepada para pemuda-pemudi indonesia yang berasal dari golongan ekonomi kebawah untuk dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Baca : Cara Menjadi Guru Yang Inspiratif

Sebuah pemikiran seorang pelajar miskin yang merasa bahwa bangku perkuliahan merupakan hal yang mustahil baginya karena sebuah tembok uang raksasa yang bisa membatasi dirinya untuk mencapai cita-cita.

Tapi sekarang pemikiran itu dihempas jauh oleh negara dalam artian pemerintah melalui bidikmisi, sehingga pemuda/i yang kurang secara konomi bisa terus melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

Serta berusaha mencapai impian dan menyalurkan aspirasi untuk pembangunan indonesia. Hal ini juga telah membuktikan bahwa program bidikmisi telah menghidupkan kembali harapan dari rakyat atau masyarakat yang kurang mampu dan mempunyai potensi akademik yang baik untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Apakah Program Bidikmisi Ini Berhasil Dalam Upayanya Untuk Memperjuangkan Pelajar Kurang Mampu Dalam Menempuh Pendidikan ?

Sudah sangat nyata bahwa program bidikmisi telah berhasil menghasilkan sumber daya insani yang mampu berperan dalam memutuskan mata rantai kemisikinan dan pemberdayaan masyarakat.

Mahasiswa/i bidikmisi mempunyai semangat tinggi serta perjuangan yang tanpa lelah untuk menggapai cita-citanya. Banyak sekali mahasiswa/i bidikmisi perguruan tinggi di indonesia yang telah menoreh banyak prestasi lokal, nasional, maupun global.

Dari itulah bidikmisi sangat membantu indonesia untuk mencapai kemajuan, kalau saja pemerintah tidak memberikan bantuan bidikmisi maka para mutiara bangsa yang terpendam tidak akan dapat memunculkan dirinya dan mengubah wajah indonesia nantinya.

Beasiswa bidikmisi memang sangat di khususkan untuk masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Namun pada prakteknya masih ada penerima program bidikmisi yang berasal dari ekonomi yang kuat, bahkan yang memiliki mobil, rumah mewah dan usaha keluarga yang lancar, tapi dia malah mendapatkan bidikmisi.

Ini merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi tim survei lapangan bidikmisi, karna masyarakat yang seperti ini biasanya mampu menyembunyikan harta bendanya kerumah tetangga atau keluargannya terlebih dahulu sebelum tim survei datang dan bahkan ada yang memakai rumah orang lain untuk disurvei tim bidikmisi.

Seharusnya tim survey bidikmisi harus lebih teliti lagi dan menanyakan kepada masyarakat setempat mengenai kondisi dari ekonomi sang pelamar bidikmisi. Agar bidikmisi ini nantinya tepat pada sasarannya, jangan sampai beasiswa bidikmisi yang sangat bermanfaat ini salah sasaran.

Sebagian Mahasiswa/i Malu Sebagai Penerima Bidikmisi, Kenapa ?

Ada pernah saya jumpai penerima bidikmisi yang malu menyatakan bahwa dirinya sebagai mahasiswa bidikmisi. Entah apa yang dia pikir sehingga malu menyatakan bahwa dia mahasiswa bidikmisi.

Sebenarnya kita yang berasal dari ekonomi yang kurang ini haruslah berbangga sebagai penerima bidikmisi. Karna kita mampu untuk membantu orang tua dengan biaya kuliah yang gratis dan uang tunjangan kehidupan yang memadai.

Nyatanya, di bangku perkuliahan penerima bidikmisi dan mahasiswa biasa tidak ada bedanya, semua fasilitas kampus sama-sama bisa di nikmati dan tidak ada perlakuan miring terhadap mahasiswa/i bidikmisi.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi kita untuk malu sebagai mahasiswa bidikmisi. Maka saat kamu membaca artikel ini buanglah rasa malu anda sebagai penerima bidikmisi. Namun jika kamu masih merasa malu berarti kamu sebenarnya tidak layak pantas menerima bidikmisi dan berikanlah beasiswa bidikmisi kamu kepada teman teman yang lebih membutuhkan.

Mahasiswa/i bidikmisi merupakan mahasiswa harapan bangsa, sang mahasiswa pemutus rantai kemisikinan di indonesia, maka pemerintah harus lebih lagi memperhatikan lagi mahasiswa bidikmisi.

Sebagai penerima bidikmisi penulis berharap banyak kepada pemerintah agar dapat memberikan suatu pelatihan berbagai kemampuan serta diadakan kompetensi bidikmisi seluruh indonesia di bawah naungan pemerintah.

Selain itu juga seharusnya pemerintah mampu untuk memberikan penghargaan buat perguruan tinggi yang memiliki banyak sekali kegiatan yang bermanfaat untuk mahasiswa bidikmisi.

Satu keluhan bagi mahasiswa bidikmisi kepada pemerintah yaitu pencairan dana nya, pemerintah seharusnya bisa mencairkan dana tersebut dengan tepat waktu karna masih ada pencairan yang terlambat bahkan sampai satu bulan. Pencairan ini sangat penting karna mengingat bahwa mahasiswa/i bidikmisi adalah mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan sangat membutuhkan dana tersebut untuk proses perkuliahan.

Penulis disini mengajak kepada seluruh mahasiswa/i yang ada di Indonesia sebagai penerima bidikmisi untuk bisa lebih kreatif dan semangat lagi dalam mengejar cita-cita dan untuk bisa lebih hemat lagi dalam mengelola dana yang kita terima dari bidkimisi.

Kesimpulan Yang Dapat Ditarik Dari Artikel ini Adalah

Teruslah gapai mimpi mimpi kita karna keterbatasan ekonomi bukan lagi sebagai penghalang dalam mencapai suatu impian. Karna pemerintah melalui bidikmisi ini telah membantu kita untuk ikut serta dalam membangun bagsa ini, karna kita adalah mutiara bangsa yang terpendam, dan telah dibangkitkan dan akan bersinar untuk negeri ini.

Itulah ulasan dari tema kita kali ini Bidikmisi bangkitkan mutiara bangsa. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari para pengunjung belapendidikan.com . Nantikan kembali artikel artikel bermanfaat lainnya dari kami.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com