Berapa Lama Umur Aki Mobil Pada Umumnya ?

oleh -78 Dilihat
Berapa lama umur aki mobil pada umumnya
Berapa lama umur aki mobil pada umumnya

Web portal pendidikan – selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan mengulas tentang otomotif, judul yang diangkat malam hari ini yaitu “berapa lama umur aki mobil pada umumnya ? Apakah kita bisa memperpanjang umur aki ? Berikut ulasannya dibawah ini.

Berapa Lama Umur Aki Mobil Pada Umumnya ?


Aki merupakan salah satu komponen penting dalam mobil. Aki dapat dijadikan sebagai sumber daya atau tenaga bagi mobil saat mulai dihidupkan.

Untuk memasangnya bisa di bengkel  resmi maupun bengkel umum.  Aki mobil memiliki masa pakai tersendiri. Lalu berapa lama umur aki mobil? Simak penjelasannya berikut ini.

Pada dasarnya, masa pemakaian aki mobil berkisar antara 2-5 tahun. Kisaran angka tersebut merupakan patokan dasar. Artinya berapa lama umur aki mobil itu tergantung pada hal lainnya. Diantaranya yaitu rutinitas pemakaian mobil dan juga faktor cuaca. 

Namun, jika digunakan untuk pemakaian normal, maka umumnya aki mobil dapat bertahan 1-3 tahun. Berbeda lagi jika mobil yang kamu miliki memiliki banyak aksesoris maka akan membuat umur aki mobil menjadi lebih pendek. 

Faktor cuaca juga menentukan berapa lama umur aki mobil. Mobil yang berada di suhu yang panas umumnya memiliki umur aki yang lebih pendek.

Hal ini dikarenakan kondisi cuaca yang panas dapat menyebabkan aki juga menjadi cepat panas. Panas pada aki mobil kemudian membuat air aki cepat menguap dan juga merusak internal aki.


Cara Memperpanjang Umur Aki Mobil


Meskipun umur aki mobil dipengaruhi oleh beberapa hal seperti yang disebutkan diatas. Tapi, faktanya umur aki mobil juga bisa diperpanjang, caranya adalah seperti berikut:

1. Kurangi Penggunaan AC dan Radio

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang umur aki mobil adalah dengan menghemat penggunaan alat elektronik di mobil.

Kamu bisa melakukannya dengan mengurangi penggunaan AC maupun radio. Hindarilah tetap menyalakan AC maupun radio saat mesin sedang mati. Hal ini akan membuat aki mobil Anda menjadi lebih cepat rusak.

2. Jaga Kebersihan Aki

Menjaga kebersihan aki juga merupakan salah satu cara untuk memperpanjang umur aki mobil. Ketika sedang mencuci mobil, usahakan juga untuk membersihkan aki.

Bersihkan aki dari kotoran dan kerak yang menempel dengan air bersih. Pastikan sebelum membersihkan aki, Anda telah melepas kabel baterainya. Hal ini untuk menghindari kabel menjadi kendur ketika mesin dinyalakan.

3. Berkendara Jauh

Mobil yang jarang digunakan dan hanya diparkir di garasi akan membuat aki menjadi lebih cepat rusak. Oleh karena itu,

Anda perlu lebih sering menggunakan mobil untuk berkendara jauh dengan kecepatan agak tinggi. Hal ini bertujuan untuk membuat umur aki menjadi lebih panjang.

4. Servis Berkala

Kondisi mesin mobil juga berpengaruh terhadap berapa lama umur aki mobil. Jika mesin dalam kondisi buruk maka dapat menguras tenaga listrik dari aki.

Hal ini akan membuat aki menjadi tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan servis mobil secara berkala.

Dengan melakukan servis, maka kondisi mesin dan aki akan dicek secara keseluruhan. Sehingga akan membuat mesin mobil dan aki lebih terawat dan dapat berumur panjang.


Tanda Aki Mobil Harus Diganti


Setelah mengetahui berapa lama umur aki mobil, maka Anda dapat memperkirakan kapan aki mobil Anda harus diganti. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal yang dapat menjadi tanda bahwa aki mobil perlu diganti, seperti:

1. Lihat Kondisi Aki

Sebelum melihat kondisi aki, Anda perlu mengetahui jenis akinya. Karena beda jenis maka beda pula indikator yang dimilikinya. Pada aki basah, kamu bisa melihat batas atas dan bawah cairan elektrolit. 

Jika cairan aki berada mendekati batas bawah maka perlu dilakukan penambahan cairan.

Berbeda lagi dengan aki kering, jika pada aki berwarna biru berarti aki masih dalam kondisi yang baik, warna putih berarti aku perlu di charge, dan warna merah berarti aki perlu diganti.

2. Menggunakan Tester Aki

Untuk mengetahui kondisi aki mobil bisa menggunakan alat tester aki. Alat ini digunakan untuk mengetahui voltase normal aki.

Voltase normal aki ketika mesin mati adalah 12,45 volt dan ketika mesin menyala 13-14 volt.

3. Air Aki Keruh

Tanda aki yang bermasalah dan perlu diganti dapat dilihat pada warna air aki. Air aki yang keruh menjadi pertanda aki perlu diganti. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang telah menumpuk lama. 

4. Kondisi Mobil

Kondisi mobil Anda saat ini juga bisa menjadi pertanda apakah aki harus diganti atau tidak. Jika mobil Anda masih dapat digunakan secara normal dan tidak ada kelainan apapun, maka besar kemungkinan aki mobil masih dalam kondisi yang baik. 

Namun, jika mobil sudah mengalami beberapa kendala maka bisa jadi aki mobil Anda perlu diganti. 

Beberapa kendala yang dapat mengindikasikan kerusakan aki adalah lampu yang ada pada mobil mulai meredup, atau bisa juga mesin menjadi lambat ketika dihidupkan.

Selain itu, jika mobil di starter tersendat bisa juga merupakan indikasi bahwa mobil Anda harus ganti aki. Mesin mobil tersendat ketika di starter karena tidak memiliki energi yang cukup dari aki mobil.


Nah itulah ulasan artikel mengenai “Berapa lama umur aki mobil pada umumnya. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari para pengunjung keluhkesah.com.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : berapa lama umur aki mobil, tanda aki mobil harus diganti, cara memperpanjang umur aki

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com