[email protected] – Hari ini kami akan memposting sebuah artikel tentang IPS geografi dengan judul Bentuk bentuk Muka bumi dasar laut beserta penjelasannya di artikel ini kami akan memberikan macam macam bentuk muka bumi di dasar laut beserta penjelasannya.
 
 
 
Bentuk Muka bumi dasar Laut
 
Bentuk muka bumi dasar laut tidak bisa kita lihat secara langsung, sebab tertutup air laut. Tetapi sebenarnya bentuk muka bumi di dasar laut tidak jauh berbeda dengan bentuk muka bumi di daratan, hanya istilahnya saja yang berbeda. Berikut adalah beberapa contoh bentuk permukaan bumi dasar laut antara lain yaitu :
 
  1. Dangkalan/Shelf/Paparan Benua
Dangkalan atau shelf adalah laut dangkal yang luas dengan kedalaman kurang dari 200 meter dan merupakan kepanjangan dari benua atau daratan pulau. Contoh paparan atau dangkalan yaitu : dangkalan sunda dan Dangkalan Sahul.
 
  1. Ambang laut
Ambang laut adalah dasar laut dangkal yang memisahkan dua laut dalam. Contoh ambang laut yaitu: Ambang laut sulu dan Ambang Gibraltar
 
  1. Punggung laut
Punggung laut adalah bukit di dasar laut yang tidak sampai menyembul ke permukaan laut. Punggung laut ini jika muncul di permukaan laut akan menjadi pulau.
  1. Gunung laut
Gunung laut adalah gunung yang muncul di permukaan laut dan kakinya berada di dasar laut. Contoh gunung laut yaitu: Gunung krakatau (di Selat sunda) dan Gunung Manua Loa (di Hawai).
 
  1. Pualu Karang
Pulau karang adalah pulau yang terdiri atas batu karang baik sebagian atau seluruhnya. Batu karang terbentuk dari binatang karang yang telah mati dan bertumpuk tumpuk. Binatang karang hanya hidup pada air laut yang mamiliki syarat syarat sebagai berikut : 
·         Airnya jernih dan selalu berganti
·         Air laut yang kadar garamnya bormal
·         Air laut yang suhunya tidak kurang dari 18 derajat celcius
·         Air laut yang kedalamanya kurang dari 50 meter
·         Air laut yang cukup nutrisi (makanan) dan sinar matahari.
  1. Lubuk laut (beken)
Lubuk laut atau beken adalah dasar laut yang berbentuk cekungan besar dan lebar serta dalam, bentuknya seperti waskom (baskom). Contoh lubuk laut yang ada di dunia adalah : lubuk laut Sulawesi, dan Lubuk Laut Banda.
 
  1. Palung laut (trog)
Palung laut atau trog adalah dasar laut yang dalam, sempit, curam dan memanjang, karena retakan di dasar laut. Palung laut ini merupakan bagian dasar laut yang paling dalam. Contoh palung laut yaitu : Palung mindanau dan Palung Mariana.

Semoga Bermanfaat, TerimaKasih
Budayakan Komentar setelah Membaca Artikel 🙂

@Dudud

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com