Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, kiriman artikel hari ini tidak kalah menarik dengan artikel sebelumnya, artikel yang dikirimkan beberapa hari yang lalu dengan judul Belajar tetap efektif dimasa pandemi Covid 19. Melihat dari judul yang dikirimkan, membuat saya tertarik untuk menelusuri apa saja sih cara belajar yang tetap efektif saat masa pandemi Covid 19 yang dirasakan saat ini. Berikut ulasannya.

Belajar Tetap Efektif Dimasa Pandemi Covid 19

Amalia Astrawinata - Belajar tetap efektif dimasa pandemi covid 19
Amalia Astrawinata – Belajar tetap efektif dimasa pandemi covid 19

2 Mei 2020 Telah dilaksanakan Peringatan hari Pendidikan Nasional. Mendikbud Nadiem Makarim mengangkat tema ‘Belajar Dari Covid-19’.

“Belajar memang tidak selalu mudah, tapi kini saatnya kita berinovasi, ini saatnya kita bereksperimen. Inilah saatnya kita mendengarkan hati nurani kita dan belajar dari COVID-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan,” ucap Nadiem dalam sambutan Peringatan Hari Pendidikan 2020 yang diunggah akun Youtube Kemendikbud RI.

Kita sedang melewati masa-masa sulit dimana hampir seluruh Negara turut merasakannya. Pandemi covid-19 juga mengajarkan pada banyak manusia diantaranya untuk senantiasa hidup bersih.

 Semua merasakan efeknya, dari turunnya per-ekonomian Negara hingga pada pendidikan. Seluruh waktu pelajar yang harusnya disekolah kini dialihkan ke tempat tinggal masing-masing. Guna mempersempit penyebaran pandemi covid-19 ini.

Dengan pengalihan masa pembelajaran dirumah yang terburu-buru ini membuat kurangnya keefektifan belajar dirumah. Banyak para pelajar mengeluhkannya, pihak yang berwenang pun tidak diam saja. Menteri Pendidikan Nadiem Makarim beserta orang-orangnya juga mengupayakan keefektifan belajar dirumah ini.

Dengan mengupayakan keefektifan belajar dirumah, tentu bukan hanya Pelajar dan Pengajar yang kini ikut andil, orang tua juga harus ikut berkolaborasi. Dengan pengkolaborasian tersebut, pembelajaran dirumah seiring waktu akan mengalami kemajuan dalam keefektifannya. Bagaimana upaya ringan yang bisa dilakukan pelajar dan orang tuanya dirumah, agar pembelajaran anak tetap efektif dan menyenangkan?

Baca juga :

Berikut beberapa upaya kolaborasi Anak dan Orang tua agar belajar dirumah tetap efektif


1. Orang tua harus memahami gaya belajar sang anak

 Sebagai orang tua yang kini sedang bertambah pekerjaan rumahnya untuk membantu anak belajar sering mendapat kesulitan dalam mengajar. Mengapa hal itu terjadi? Bisa jadi salah satu faktornya ialah orang tua tidak mengenali gaya belajar anak, sehingga orang tua salah menerapkan metode belajar pada anaknya. 

2. Memilih metode pembelajaran yang tepat untuk anak

 Setelah mengenali dan memahami gaya belajar anak orang tua juga harus mengulas kembali metode pembelajaran yang diterapkan pada anak. Misalnya menerapkan metode Mindmapping pada anak yang memliki gaya belajar Visual. Dengan demikian keefektifan pembelajaran dirumah akan semakin bertambah.

3. Mengkolaborasikan jam yang tepat untuk belajar

 Menentukan jam belajar juga berpengaruh, karena ada masanya anak sangat produktif dalam belajarnya namun orang tua masih sibuk dengan pekerjaan rumahnya. Hal ini juga sangat berpengaruh, sebagai orang tua mungkin akan merelakan pekerjaan rumahnya tertunda demi anak dapat belajar dengan efektif. Mungkin orang tua bisa mencari referensi yang kuat untuk mengetahui kapan saja waktu yang tepat untuk belajar anak.

4. Olahraga dan istirahat yang cukup

Olahraga ringan akan membantu merelaksaksikan rubuh dan otak dari penatnya belajar bagi anak dan letihnya mengajar sang anak bagi orang tua. Selain mengupayakan pembelajaran yang efektif, orang tua dan anak juga diminta untuk menyegarkan tubuh dan otaknya. Olahraga ringan akan menyehatkan badan . Kemudian tubuh juga harus mendapat peristirahatan yang cukup.

 Ada banyak dampak buruk yang nampak jika manusia kekurangan istirahat yang ringan mungkin tubuh akan tidak bersemangat menjalani hidup. Namun yang lebih mengerikan adalah penyakit mengerikan seperti gagal jantung dapat menyerang orang yang kekurangan istirahat nya. Jadi manusia harus memporsir waktu istirahat , belajar, dan kerjanya.

 Nah tips dan trik ini mungkin bisa diterapkan dirumah. Upaya pembelajaran tetap efektif saat dirumahaja. Bagi orang tua dan anak harus tetap akur dalam menjalani pembelajaran dirumah agar metode-metode diatas bisa diterapkan dengan baik. Anak dan orang tua harus mengkolaborasikan metode ini dengan baik.

Terakhir, “guru, siswa, dan orang tua kini menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja. Tetapi pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi dari tiga hal ini, guru, siswa, dan orang tua. Tanpa kolaborasi itu pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi”, ucap Nadiem dalam pidato Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diunggah akun youtube Kemendikbud RI.

Artikel ditulis oleh Amalia Astrawinata
Seorang Mahasiswi di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani (STIT) Yogyakarta
Dikirim melalui laman kirim artikel
Judul artikel : Belajar Tetap Efektif Dimasa Pandemi Covid 19

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami redaksi@belapendidikan.com