Belajar Tes CPNS Dari Rumah Secara Online Bersama TRYOUT.ID

oleh -64 views
Belajar tes cpns online dari rumah secara online
Belajar tes cpns online dari rumah secara online

Web portal pendidikan – Sebelum kita mengikuti tes cpns yang sudah diselenggarakan mulai dari bulan ini, ada baiknya kita belajar agar ketika tes berjalan kita dapat menjawabnya dengan mudah. Nah kali ini saya ingin memberikan tips bagaimana belajar tes cpns dari rumah secara online. Berikut ulasannya.

Belajar Tes CPNS Dari Rumah Secara Online ?


Menjadi abdi negara merupakan kedambaan bagi banyak orang, karna banyaknya peminat tersebut makanya dilakukan tes yang benar benar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh negara. Nah bagi kamu yang ingin mengikuti tes cpns ada baiknya kamu harus belajar dulu terhadap soal soal yang akan di ujiankan.

Seleksi CPNS sendiri memiliki dua jenis tes, yaitu Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Tentu kedua tes ini memiliki perbedaan terutama dalam pembahasan soalnya. Berikut ini akan kami ulas sedikit bahasannya:

belajar tes kemampuan dasar
belajar tes kemampuan dasar

Tes Kemampuan Dasar


Tes Kemampuan Dasar atau biasa disebut TKD dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi, dan Tes Wawasan Kebangsaan.

Untuk bisa lolos ujian tersebut, kamu harus memiliki nilai dengan ambang batas yang telah ditentukan oleh pihak BKN. Untuk Tes Intelegensi Umum, passing grade atau nilai ambang batasnya adalah 80. Sementara Tes Karakteristik Pribadi adalah 143. Dan Tes Wawasan Kebangsaan harus mencapai nilai 75, nilai ini tidak pernah berubah dari tahun ke tahun.

Untuk mencapai nilai ambang batas tersebut tentu cukup sulit bagi sebagian orang. TRYOUT.ID memiliki beberapa panduan belajar dalam menghadapi ketiga jenis TKD tersebut.

Kamu tidak perlu lagi pusing untuk keluar rumah karna di TRYOUT.ID kamu bisa belajar CPNS online dari rumah loh. Cukup efisien dan efektif kan ?

Berikut ini kami akan memberikan tips dalam menghadapi tes cpns di tiap bagian bagian nya. Yaitu dapat disampaikan sebagai berikut.

Tes Intelegensi Umum (TIU)


Kamu bisa fokus menjawab pertanyaan yang lebih mudah terlebih dahulu daripada menjawab pertanyaan sulit yang dapat menyita banyak waktu mu. Sisakan pertanyaan-pertanyaan sulit itu untuk dikerjakan nanti setelah menjawab semua pertanyaan yang menurut kamu mudah.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)


Untuk Tes Karakteristik Pribadi atau TKP, kamu bisa memilih jawaban yang paling bagus di antara pilihan jawaban yang lain. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari tes TKP di buku latihan soal ujian CPNS karena biasanya soal yang diberikan kurang lebih cukup mirip.

baca juga : Tips untuk pejuang CPNS

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)


Biasanya, Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK berisi soal-soal terkait Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, sejarah Indonesia, sistem tata negara, dan sebagainya. Tes ini terbilang sarat akan budi pekerti dan sangat mirip dengan Pelajaran Kewarganegaraan (PKn).

Kunci dari tes ini adalah kamu harus sering membaca tentang wawasan kebangsaan, baik dari buku atau searching di internet.

Baca juga : Kumpulan materi ujian TWK

Tes Kemampuan Bidang

Belajar tes kemampuan bidang
Belajar tes kemampuan bidang

Jika kamu lulus pada Tes Kemampuan Dasar, selanjutnya kamu akan masuk ke tahap Tes Kemampuan Bidang. Soal-soal pada tahap ini sangat berkaitan dengan posisi yang dibutuhkan instansi pilihanmu. Oleh sebab itu, BIMBEL CPNS ingatkan kembali agar lebih bijak dalam memilih instansi yang sesuai dengan latar belakang studi kamu.

Misalnya kamu melamar di posisi Analis Kebijakan Pertama, maka materi atau soal ujian tidak akan jauh dari materi seputar kebijakan publik. Jika kamu sudah mempelajarinya saat kuliah, tentu kamu akan lebih mudah menjawab pertanyaan.

Menjelang Pelaksanaan Tes

Tentunya kamu harus mempersiapkan diri dengan baik, mulai sehari sebelum pelaksanaan tes. Untuk pakaian, kamu bisa gunakan kemeja putih polos, bawahan hitam polos, serta sepatu pantofel berwarna hitam.

Tidak ada aturan dalam pemakaian jilbab sehingga mau memakai ataupun tidak, tak akan menjadi masalah. Namun jika kamu ingin memakai jilbab, sebaiknya kamu memakai warna hitam polos.

Selain itu, jangan lupa membawa dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan seperti KTP, Ijazah, Transkip Nilai, Kartu Keluarga, dan dokumen lainnya. Sebaiknya kamu siapkan juga salinan atau fotokopi dokumen-dokumen tersebut.

Saat hari pelaksanaan, jangan lupa sarapan terlebih dahulu agar kamu dapat lebih berkonsentrasi. Mengerjakan soal memerlukan konsentrasi tinggi jika ingin lolos menjadi PNS.

Selain itu, tentu kamu diberikan informasi terkait waktu dan tempat pelaksanaan ujian. Jangan sampai kamu telat masuk ruangan ya! Kekurangan waktu untuk mengerjakan soal tentu cukup merugikan.

Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal, semoga kamu bisa lolos tes CPNS serta diterima sesuai harapan. Aamin ya rabbal alamin.

Nah itulah penjelasan dan tips dari tryout.id untuk belajar tes cpns dari rumah secara online. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

One thought on “Belajar Tes CPNS Dari Rumah Secara Online Bersama TRYOUT.ID

Komentar ditutup.