,

Belajar Sambil Bermain Berbasis Artificial Intellegent (AI) Di Masa Covid 19 Untuk Sekolah Dasar

oleh -59 views
Belajar Sambil Bermain Berbasis Artificial Intellegent
Belajar Sambil Bermain Berbasis Artificial Intellegent

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini kami menerima artikel yang dikirimkan melalui email dari kak Wasti Berliana dengan judul “Belajar sambil bermain berbasis Artificial Intellegent (AI) di masa Covid 19 untuk Sekolah Dasar. Berikut ulasannya dapat kami sampaikan dibawah ini.

Belajar Sambil Bermain Berbasis Artificial Intellegent Di Masa Covid 19 Untuk Sekolah Dasar


Pengantar

Pendahuluan Belajar sambil bermain berbasis artificial intellegent
Pendahuluan Belajar sambil bermain berbasis artificial intellegent

Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun Bangsa dan Negara. Akan tetapi sistem Pendidikan Indonesia yang masih memfokuskan siswa dengan nilai akademis daripada menjadikan siswa menjadi orang yang mau berfikir kritis tentang pemahaman ilmu oleh siswa menjadikan mutu Pendidikan masih rendah dan pembangunan Negara pun ikut lambat.

Berdasarkan Education Index yang dikeluarkan oleh Human Development Reports pada 2017, Indonesia ada di posisi ketujuh di ASEAN dengan skor 0,622.

Skor tertinggi diraih Singapura, yaitu sebesar 0,832. Peringkat kedua ditempati oleh Malaysia (0,719) dan disusul oleh Brunei Darussalam (0,704). Pada posisi keempat ada Thailand dan Filipina, keduanya sama-sama memiliki skor 0,661.

Pada masa COVID-19 ini, sektor Pendidikan mengalami dampak besar secara khusus untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Adanya himbauan dari pemerintah untuk beraktifitas dari rumah otomatis pembelajaran pun dilakukan dari jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh ini tentu memiliki kekurangan dan tidak menjamin terlaksananya pembelajaran yang efektif untuk anak SD.

Untuk usia anak SD pada umumnya masih terbiasa menghabiskan waktu bersama-sama dengan teman-teman mereka di luar rumah karena perlu untuk mereka bersosialisasi terhadap sesama teman yang masih seumuran.

Akan tetapi melihat kondisi saat ini, pembelajaran untuk anak SD pun harus mengikuti perkembangaan teknologi dengan memanfaatkan gadget sebagai media belajar.

Akan tetapi tidak mudah untuk anak SD menyesuaikan diri terhadap cara belajar yang baru ini. Selain itu, ketertarikan dan hasrat mereka untuk bermain masih besar. Mereka juga belum sepenuhnya bisa memahami materi dengan mudah dan masih memerlukan arahan secara langsung dari Guru secara tatap muka.

Akan tetapi sistem pembelajaran dengan menggunakan gadget untuk anak SD, menjadi suatu masalah baru yang perlu di khawatirkan oleh orang tua saat ini karena siswa akan mudah dipengaruhi oleh tawaran media yang menyediakan layanan hiburan seperti game online, sosial media , film dll.

Semakin lama, mereka semakin terpengaruh sehingga mereka lupa akan tugas mereka untuk belajar. Melihat situasi tersebut, dalam esai ini saya akan menyampaikan strategi Belajar Sambil Bermain berbasis Artificial Intellegent (AI) di masa COVID-19 untuk anak Sekolah Dasar.

Baca juga : Pendidikan anak usia dini cerminan generasi mendatang

Pembahasan

pembahasan mengenai belajar sambil bermain berbasis artificial intellegent
pembahasan mengenai belajar sambil bermain berbasis artificial intellegent

Artificial Intelligence atau yang lebih dikenal dengan AI, yang dalam bahasa Indonesia adalah Kecerdasan Buatan merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi dimana teknologi itu, dalam hal ini sebuah mesin atau aplikasi, yang dapat menggantikan pekerjaan manusia.

Menurut beberapa tokoh Definisi AI adalah sebagai berikut :

“Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang –dalam pandangan manusia adalah– cerdas” – H. A. Simon (1987)

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia” – Rich and Knight (1991)

Dunia Pendidikan sendiri memiliki peranan penting dalam memajukan suatu bangsa. Berkaitan dengan hal tersebut, ekpansi adanya teknologi AI dapat dimaksimalkan untuk kepentingan monitoring karakteristik dan kompetensi siswa SD.

Munculnya teknologi AI menjadi angin segar bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini, beberapa penerapan yang dapat dilakukan menggunakan metode AI untuk meningkatkan kreatifitas, dan pembelajaran online yang masih tetap efektif dan menyenangkan untuk siswa SD.

  • Model Tutorial

Tutorial dalam program pembelajaran berbasis computer ditujukan sebagai pengganti sumber belajar yang proses pembelajarannya diberikan lewat grafik, animasi dan audio yang ada pada monitor yang menyediakan pengorganisasian materi, soal-soal latihan dan pemecahan masalah.

Jika respon siswa benar, komputer akan terus bergerak pada pembelajaran berikutnya, namun sebaliknya jika respon siswa salah komputer akan mengulangi pembelajaran sebelumnya atau bergerak pada salah satu bagian tertentu tergantung kesalahan yang dibuat.

Dengan metode ini siswa akan di lebih tarmotivasi untuk belajar karena tidak membosankan karena disertai dengan audio maupun animasi.

  • Model Instructional Games

Tujuan instructional games adalah untuk menyediakan pengalaman belajar yang memberikan fasilitas belajar untuk menambah kemampuan siswa melalui bentuk permainan yang mendidik. Dengan model ini, siswa tidak hanya belajar saja, akan tetapi sekaligus bermain.

Metode ini pun menjadi salah satu metode kreatif untuk mendukung siswa SD untuk terus mau belajar tanpa harus merasa bosan. Biasanya siswa akan mudah bosan belajar karena kebanyakan diberikan materi tanpa ada refreshing yang menarik .

  • Simulasi

Model simulasi pada dassarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan untuk pengalaman belajaryang lebih konkret melalui ciptaan tiruan-tiruan untuk pengalaman yang mendekati suasana sebenarnya dan berlangsung tanpa resiko.

  • Drills and Practice

Model drills and practice adalah suatu model dalam pembelajaran dengan melatih siswa terhadap bahan pelajaran yang sudah diberikan.

Melalui model drills akan ditanamkan kebiasaan tertentu dalam bentuk latihan. Dengan latihan yg terus menerus maka akan tertanam dan kemudian akan menjadi kebiasaan.

Mainan ini menggabungkan dunia digital dan dunia nyata sehingga anak tidak terus menerus menatap gadget yang dapat mempengaruhi kesehatan mata mereka.

Perangkat ini menghadirkan materi untuk STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math) yang dapat membantu anak-anak usia 3-12 tahun dalam menggembangkan stimulasi otak yang aktif, sekaligus mengasah otak kanan mereka.

Baca juga : Jika skenario new normal di sekolah, siapkah ?

Kesimpulan

Pembelajaran jarak jauh pada masa COVID-19 ini bukan hanya menjadi masalah untuk kita terutama bagi siswa yang duduk di bangku SD, akan tetapi hal ini bisa menjadi kesempatan baru untuk mulai mandiri. Pendidikan adalah salah satu kunci utama kesuksesan.

Dalam kondisi bagaimanapun Pendidikan harus terus berjalan dan dikembangkan. itu semua bis akita lakukan jika ada kemauan untuk belajar dan mau untuk menyesuaikan diri terhadap setiap perubahan.

Metode belajar pun harus terus diperbaharui dan tetap menjadikan suasana belajar yang tetap menyenangkan karena situasi dan keadaan yang senang akan menjadi poin utama untuk bersemangat belajar.

Artikel ditulis oleh : Wasti Berliana Pardede
Email : 160wastipardede
Judul artikel : Belajar sambil bermain berbasis Artificial Intellegent (AI) di masa covid 19 untuk sekolah dasar


Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan kamu juga bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *