Belajar Mengenal Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Lebih Jauh

oleh -73 views
4. Apa yang Dimaksud Seni Rupa dan Jenis Jenisnya
Apa yang Dimaksud Seni Rupa dan Jenis Jenisnya

Seni rupa termasuk salah satu jenis budaya milik Tanah Air yang memiliki nilai karya tinggi. Itulah sebabnya kesenian ini patut dilestarikan memakai media nyata. Karena media tersebut bisa ditangkap dan dirasakan secara nyata.

Kesan tersebut diciptakan dengan cara mengolah sejumlah konsep seperti bentuk, garis bidang, warna, volume, tekstur, dan juga pencahayaan yang memiliki nilai estetika tersendiri. Untuk itu supaya bisa mengenal makna seni rupa lebih jauh, sebaiknya simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Seni Rupa secara Umum

Definisi dari seni rupa adalah salah satu cabang seni bertujuan untuk menciptakan hasil karya yang indah dan berkualitas. Sehingga hasil karya tersebut bisa dirasakan menggunakan anggota indra penglihatan dan pendengaran.

Jadi bisa dibilang bahwa kata seni adalah induk kesenian yang terbagi atas beberapa bagian. Salah satunya bernama seni rupa, seperti yang akan dijelaskan kali ini seputar pengertian, jenis, dan contohnya lebih jauh.

Pengertian Seni Rupa Menurut Ahlinya

Tidak sama seperti  karya seni pada umumnya, karena seni rupa lebih mengacu pada keindahan visual daripada jenis keindahan yang lain. Kata seni rupa berasal dari kata fine art, yang mana dalam bahasa Inggris berarti seni rupa murni. Selanjutnya, seiring berjalannya waktu, kata fine art tidak lagi diartikan sebagai seni rupa murni.

Namun hal tersebut dijadikan sebagai sebuah desain yang dihadirkan secara visual. Jadi ini termasuk hasil karya imajinasi yang dapat menciptakan keindahan. Di bawah ini adalah beberapa pengertian dari seni rupa menurut ahlinya, antara lain:

  1. Menurut Drs. Rizki Akhmad, seni rupa disebut juga dengan, “sani”, yang mana artinya adalah ketulusan jiwa atau jiwa luhur.
  2. Menurut William A. Haviland, seni rupa adalah imajinasi yang dihasilkan oleh pemikiran kreatif seseorang dalam sebuah kelompok.

Melihat penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bila seni rupa adalah hasil karya seni yang membutuhkan imajinasi dan kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan karya yang menakjubkan. Selain itu, arti dari seni rupa adalah hasil karya cipta manusia berbentuk 2 dimensi dan 3 dimensi.

Dalam hal ini, terdapat berbagai macam jenis seni rupa bila ditinjau dari segi fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu supaya lebih mengenal seperti apa jenisnya, maka berikut akan kami jelaskan jenis seni rupa berdasarkan fungsi dan pembagiannya di bawah ini.

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Pembagian dan Fungsinya

Perlu diingat bahwa yang namanya seni rupa itu dibagi menjadi 3 macam, yaitu berdasarkan ukuran, waktu, dan fungsinya. Sementara bila dilihat dari segi ukurannya, seni rupa terbagi menjadi 2 macam. Yaitu seni rupa 2D yang meliputi panjang dan lebar, serta seni rupa 3D yang meliputi panjang, lebar, serta tinggi.

Berdasarkan fungsinya, seni rupa terdiri atas seni rupa murni dan terapan. Kemudian bila ditinjau dari segi waktunya, maka seni rupa terbagi menjadi 3 macam. Yaitu seni rupa kontemporer, tradisional, dan juga modern. Untuk lebih detailnya akan kami kupas berikut ini:

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Kategorinya

Berdasarkan kategorinya, seni rupa itu terbagi menjadi 3 macam. Yaitu seni rupa berdasarkan fungsinya, wujudnya, dan juga masanya. Untuk lebih lengkapnya, maka berikut ini akan kami jelaskan macam-macam seni rupa berdasarkan kategorinya, antara lain:

Seni rupa bila dilihat dari segi fungsinya itu terbagi menjadi 2 macam. Yaitu seni rupa murni dan juga terapan. Dimana untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut ini:

  • Seni rupa murni: hasil karya seni yang dibuat secara khusus untuk bisa dinikmati keindahannya saja, jadi tidak bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Misalnya saja seperti patung, film, foto, dan lukisan.
  • Seni rupa terapan: hasil karya seni yang mana selain memiliki estetika, namun hasil karyanya juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Misalnya saja seperti busana, perabotan, keramik, dll.

Seni rupa bila ditinjau dari segi wujudnya dibagi menjadi 2 macam. Yaitu seni rupa 2 dimensi dan juga 3 dimensi.

  • Seni rupa 2D, yaitu hasil karya seni yang bisa dinikmati dari 2 arah. Biasanya ukurannya meliputi panjang dan lebar. Misalnya saja seperti foto, lukisan, ilustrasi, batik, dan lain-lain.
  • Seni rupa 3D, yaitu sebuah karya seni yang bisa dinikmati dari semua arah. Biasanya jenis seni rupa 3 dimensi ini ukurannya meliputi panjang, lebar, dan juga tinggi. Selain itu, karya seni ini juga mempunyai isi (volume). Misalnya saja seperti seni gerabah (keramik), patung, wayang golek, dan sejenisnya.

Seni rupa berdasarkan masanya dibagi menjadi 3 macam, yaitu modern, tradisional, dan kontemporer. Lebih tepatnya akan kami kupas selengkapnya di bawah ini:

  • Seni rupa tradisional, yaitu hasil karya seni rupa yang terbentuk sejak zaman dahulu kala. Sehingga didalamnya meliputi beberapa peraturan baku pada setiap hasil karya seninya. Itulah sebabnya hasil karyanya cenderung sama pada setiap generasi selanjutnya, karena peraturannya tidak pernah berubah secara turun-temurun.
  • Seni rupa kontemporer, yaitu hasil karya seni rupa yang berasal dari fenomena atau sebuah kejadian di waktu tertentu. Biasanya hasil karya seni ini mengikuti trend (perkembangan zaman kekinian).
  • Seni rupa modern, yaitu sebuah hasil karya seni rupa tradisional yang peraturannya diubah menurut tingkat kreativitas senimannya sendiri. Jadi tidak ada batasan kreatifitas para seniman ketika ingin mewujudkan inovasi idenya.

Contoh Seni Rupa

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa pada dasarnya seni rupa itu terbagi menjadi 2 macam, yaitu terapan dan murni. Seni rupa yang murni itu lebih menekankan estetika sebuah benda. Sedangkan yang berbentuk terapan itu lebih menekankan nilai guna dari hasil karya seni rupa tersebut.

Di bawah ini adalah beberapa contoh seni rupa yang bisa ditemukan di sekitar kita berdasarkan wujud pengaplikasiannya, antara lain:

Contoh seni rupa murni. Di bawah ini adalah beberapa contoh seni rupa murni yang bisa ditemukan di sekitar kita, antara lain:

  • Fotografi: foto atau gambar yang telah dicetak untuk hiasan dinding.
  • Kerajinan dari keramik: tembikar, piring, dll.
  • Lukisan: gambaran tangan yang biasa dimanfaatkan untuk hiasan dingin.
  • Patung: patung karakter yang bisa digunakan untuk hiasan rumah, hiasan persimpangan jalan, dan sejenisnya.
  • Relief: sebuah lukisan timbul yang terletak pada candi.
  • Mosaik, topeng, dll.
  • Kaligrafi: tulisan yang indah dan biasanya digunakan untuk hiasan dinding.

Contoh seni rupa terapan. Di bawah ini adalah contoh seni rupa terapan, antara lain:

  • Seni dekorasi: dekorasi panggung untuk event tertentu.
  • Seni arsitektur: gedung, bangunan, dll.
  • Seni grafis terapan: gambar grafis untuk komunikasi secara visual.
  • Seni kriya terapan: hasil karya yang kerap dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Seni ilustrasi: gambar yang ada pada buku fiksi dan non-fiksi.

Jadi itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan seni rupa, jenis-jenisnya, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui ulasan di atas, tentunya hal tersebut dapat membantu dapat membantu Anda mengenal seni rupa lebih jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *