Bank BRI Mengikuti Program Pemerintah “Branchless Banking” Dengan Nama BRIlink

oleh -25 views
Bank BRI mengikuti program pemerintah branchless banking dengan nama brilink
Bank BRI mengikuti program pemerintah branchless banking dengan nama brilink

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini kami menerima artikel yang dikirimkan melalui email dari kak paulina dengan judul “Bank BRI mengikuti program pemerintah Branchless Banking dengan nama BRIlink. Berikut ulasannya dapat kami sampaikan dibawah ini.

Bank BRI Mengikuti Program Pemerintah ” Branchless Banking ” Dengan Nama Brilink


Perbankan merupakan lembaga intermediasi atau lembaga yang menjembatani antara nasabah yang surplus dana dengan nasabah yang defisit dana. Dalam perannya tersebut, perbankan harus membantu mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi suatu negara sangat memerlukan dukungan industri perbankan yang sehat, efisien dan modern.

Mohammad Hatta mengemukakan bahwa bank adalah sendi kemajuan masyarakat dan sekiranya tidak ada bank maka tidak akan ada kemajuan seperti saat ini. Negara yang tidak mempunyai banyak bank yang baik dan benar adalah negara yang terbelakang.

Perusahaan saat ini diharuskan memanfaatkan jasa-jasa perbankan dalam kegiatan usahanya jika ingin maju.Telah memasuki era digitalisasi, layanan jasa perbankan berkembang dengan pesat mengikuti kebutuhan customer yang semakin beragam dan menginginkan bentuk layanan perbankan yang mudah, cepat, dan aman.

Jasa perbankan yang dimaksud tersebut adalah suatu kegiatan yang bersifat tak teraba, dimana pemenuhan akan kebutuhannya tidak lagi terikat pada penjualan produk atau jasa lain, jika sebelumnya nasabah mencari bank (Bank Oriented), bank mencari nasabah (Customer Oriented).

Oleh karena itu, bank dituntut dapat menghasilkan produk- produk perbankan yang canggih dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga jangkauan layanan perbankan dapat semakin luas dan tidak lagi dihadirkan dalam bentuk fisik kantor seperti pelayanan Teller, Customer Service dan pelayanan lainnya.

Adapun tujuan dari adanya peningkatan layanan jasa perbankan adalah bank dapat menghasilkan fitur dan produk yang menarik minat nasabah, dan dilengkapi dengan teknologi penunjang fitur dan produk yang berkualitas. Keunggulan inilah yang dihadirkan oleh Lembaga Keuangan Perbankan di Indonesia

Perkembangan teknologi dan informasi membuat perbankan melakukan inovasi terhadap layanannya.

Transaksi-transaksi perbankan yang pada mulanya hanya dapat dilakukan di kantor bank. dewasa ini transaksi perbankan dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor bank, yaitu dengan adanya layanan perbankan berbasis teknologi seperti telepon, sms banking, mobile banking, internet banking, uang elektronik, ATM, dan yang terbaru yaitu dengan perantara agen yaitu Layanan Keuangan Digital (LKD) yang diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI).

Layanan perbankan ini disebut dengan Layanan Bank Tanpa Kantor Cabang (Branchless Banking). Branchless Banking merupakan kegiatan pemberian jasa layanan sistem pembayaran dan keuangan terbatas yang dilakukan tidak melalui kantor fisik bank.

Terkait dengan Program tersebut , PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus meningkatkan layanan branchless banking (rekening tanpa cabang) yang di BRI dikenal dengan nama agen BRILink hingga pelosok daerah. Agen BRILink merupakan layanan agen Laku Pandai milik Bank BRI.

Dengan menggandeng pihak ketiga dalam hal ini nasabah BRI sebagai agen, agen BRILink memberikan berbagai layanan perbankan bagi masyarakat, baik nasabah BRI mapun non-nasabah BRI melalui pemanfaatan teknologi digital,

Maka dari itu nasabah yang menjadi Agen BRILink sudah banyak didesa-desa jadi bagi masyarakat awam bisa langsung ke Agen BRLink tersebut dan mempermudahkan mereka dalam dalam melakukan transaksi.

Baca juga : Cara Daftar Applikasi Banking Dari BRI Hingga Aktivasinya

Kemudahan yang di berikan oleh Agen BRILink

Tujuan utama dari agen BRILink adalah untuk memberikan pelayanan perbankan khususnya kepada masyarakat yang belum terlayani oleh bank secara administratif (unbanked atau unbankable). Melalui agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum lainnya bisa mendapatkan pelayanan yang sama seperti halnya di kantor BRI.

Masyarakat dapat melakukan setoran tabungan, penarikan secara tunai serta melakukan transaksi pembayaran melalui agen.

Dilihat dari sisi konsumen, beberapa masyarakat memandang sebagai produk yang memiliki kemudahan dan sangat menolong dalam memenuhi kebutuhan perbankan mereka.

Namun faktanya, tidak banyak masyarakat yang belum memahami terhadap kemampuan BRILink dalam menggantikan fungsi bank konvensional, terlebih bagi mereka yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi bank tersebut.

  • Lokasi dekat dengan nasabah Sesuai dengan ketentuan dari Bank BRI, layanan laku pandai memang ditujukan untuk mendekati domisili nasabah, meski di area terpencil sekalipun.
  • Mudah Untuk menggunakan layanan laku pandai BRI Link, nasabah hanya perlu memiliki kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) saja, tanpa harus mencari ATM (Anjungan Tunai Mandiri) ke lokasi yang belum tentu terjangkau oleh masyarakat.
  • Tidak perlu antri Pergi ke warung merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap penduduk, sehingga meski bertujuan untuk menggunakan fitur ATM (Anjungan Tunai Mandiri), mengantri tidak terasa seperti mengantri karena bisa dilakukan sambil berbelanja dan bahkan bercengkrama dengan tetangga yang juga sedang berada di warung.

Akhir Kata


Agen BRILink merupakan layanan agen Laku Pandai milik Bank BRI. Dengan menggandeng pihak ketiga dalam hal ini nasabah BRI sebagai agen, agen BRILink memberikan berbagai layanan perbankan bagi masyarakat, baik nasabah BRI mapun non-nasabah BRI melalui pemanfaatan teknologi digital,

maka dari itu nasabah yang menjadi Agen BRILink sudah banyak didesa-desa jadi bagi masyarakat awam bisa langsung ke Agen BRLink tersebuh dan mempermudahkan mereka dalam dalam melakukan transaksi.

Agen BRILink diharapkan untuk melyani nasabah dengan baik, selain itu agen harus hati-hati dan bijaksana dalam mengambil keputusan ketika terjadi gagal transaksi maupun resiko lainnya yang muncul dalam pelayanaan BRILink agar tidak mengurangi kenyamanan nasabah dan mengurangi kepercayaan nasabah.

Pihak bank harus terus melakukan penambahan agen-agen di plosok desa sehingga masyarakat lebih dipermudahkan untuk bertransakasi secara cepat nyaman dan aman. Pihak bank harus terus melakukan penambahan pihak ketiga sebagai pemanjang tangan dari bank yaitu pihak agen BRILink.

Paulina M Situmorang
Paulina M Situmorang

Artikel ditulis oleh : Paulina M Situmorang
Email : mawarpaulina37
Judul artikel : Bank BRI Mengikuti Program Pemerintah ” Branchless Banking ” Dengan Nama Brilink

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan kamu juga bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

#bank bri mengikuti program pemerintah “branchless banking” Brilink –

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *