Bagaimana Caranya Menghadapi Tes Wawancara Dalam Bahasa Inggris

oleh -18 Dilihat
bagaimana caranya menghadapi tes wawancara dalam bahasa inggris
bagaimana caranya menghadapi tes wawancara dalam bahasa inggris

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai bagaimana caranya menghadapi tes wawancara dalam bahasa inggris. Untuk sobat yang sedang tahap interiew namun diminta oleh HRD untuk menggunakan bahasa inggris, disini akan saya ulas jawabannya.

Bagaimana Caranya Menghadapi Tes Wawancara Dalam Bahasa Inggris ??


Jika kamu saat sedang dalam tahap wawancara kerja dalam bahasa Inggris , kamu mungkin tahu bahwa kamu harus melakukan kontak mata dengan pihak HRD, menjawab pertanyaan wawancara kerja, serta membuat kesan yang baik.

Namun, bagaimana jika kamu dihadapkan tes wawancara kerja dalam bahasa Inggris ketika kamu bukan orang yang handal dalam menggunakan bahasa inggris?

Jawabannya hanya satu, yaitu kamu harus menyiapkan secara aktif hal hal apa saja untuk wawancara, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Untuk itu mendapatkan hal itu, kamu harus memiliki level lisan yang baik dalam bahasa Inggris.


Mengapa Kamu Perlu Melakukan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris?

mengapa kamu perlu melakukan wawancara kerja dalam bahasa inggris
mengapa kamu perlu melakukan wawancara kerja dalam bahasa inggris

Bahasa Inggris sudah banyak digunakan di berbagai belahan dunia dan bahasa yang sudah banyak dipakai untuk berkomunikasi antara banyak orang dari latar belakang yang berbeda.

Berasal dari Inggris, bahasa Inggris saat ini digunakan sebagai bahasa kedua di banyak negara lain.

Penting sekali untuk tahu bahwa bahasa inggris saat ini sudah merupakan bahasa yang harus di wajibkan untuk semua karyawan perusahaan, apalagi di kota kota besar, sudah sangat diwajibkan untuk menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa umum selain bahasa Indonesia yang sering kita pakai.

Namun, hal pertama yang harus dipikirkan yaitu bagaimanapun juga bahasa Inggris merupakan satu hal keterampilan yang akan membantu karirmu dan memberimu akses ke lebih banyak peluang kerja.


Cara Membuat Kesan yang Baik kepada Pewawancara dalam Sebuah Wawancara


Kamu sudah melamar pekerjaan dan kamu terpilih untuk tes wawancara kerja, namun kamu harus dihadapkan untuk tes wawancara dengan menggunakan bahasa inggris. Tentunya wawancara kerja terasa menegangkan dan mendebarkan.

Kamu mungkin merasa di bawah tekanan ekstra karena kurangnya keterampilan bahasa inggris. Dan kamu pun mungkin khawatir jika ada orang yang bisa berbicara dan menampilkan diri mereka lebih baik dan mungkin merasa kamu tidak diuntungkan.

Jangan pesimis, yakinlah bahwa jika kamu dipanggil untuk tes wawancara, itu tandanya kamu adalah salah satu kandidat terbaik dan ini titik awal untuk mencapai keberhasilan.

Dari titik inilah, kamu harus fokus terhadap apa yang kamu miliki dan apa yang bisa kamu lakukan dan meninggalkan apa yang tidak bisa kamu lakukan.

Kamu telah dipilih karena suatu alasan, sehingga kamu tidak perlu merasa minder dengan keterampilan berbahasa mu yang kurang.

Saat ini kamu memiliki kesempatan yang setara dengan semua kandidat lainnya. Jadi singkirkanlah keragu raguan apapun itu, yang penting dicatat bahwa proses wawancara dalam bahasa Inggris tidak ada bedanya dengan wawancara kerja biasanya.

Karena tujuan perekrut manapun adalah untuk menemukan orang yang paling cocok untuk pekerjaan, orang yang bisa menumbuhkan perusahaan mereka serta membantu perusahaan menjadi sukses dan maju.

Kamu harus memiliki mindset ini dan fokus pada hal bagaimana kamu bisa memberi recruiter apa yang mereka butuhkan.

Hal hal yang harus diperhatikan ketika menghadapi tes interview adalah :

  • Perhatikan cara bicara
  • Berlatih dengan berbagai daftar pertanyaan
  • Gunakan waktu sebaik baiknya untuk memberikan kesan yang baik
  • Dengarkan dengan cermat apa yang ditanyakan
  • Postur badan harus tegap
  • Perhatikan gestur
  • dan kosakata

Cara Menampilkan diri Anda pada Wawancara dalam Bahasa Inggris


Kamu harus percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggrismu, meskipun level bahasa Inggris yang baik pasti sangat diperlukan.

Namun Ini bukanlah ujian bahasa Inggris lisan, ini murni adalah percakapan dengan seseorang yang ingin melihat kemampuanmu apakah kamu cocok dengan perusahaan mereka.

Karena itu, kamu harus berbicara dengan pelan serta memperhatikan pengucapan kata kata dalam bahasa Inggris.

Hanya karena kamu tahu apa yang kamu katakan bukan berarti perekrut akan paham. Kamu harus memastikan untuk mengulang informasi penting dan berhenti sejenak untuk melihat efeknya.

Karena Anda sudah masuk dalam tahap wawancara, perekrut pun tidak akan tinggal diam dengan level bahasa Inggrismu karena mereka akan mempertimbangkan kamu sebagai kandidat.

Bagaimanapun kamu harus menyadari bagaimana cara berkomunikasi dengan jelas dan ringkas.

Berbicara dengan cara yang susah dipahami dan selalu meminta lawan bicara untuk mengulang akan membuat wawancara menjadi sulit.


Kiat-Kiat Penting untuk Presentasi Kamu


1. Sapa atasan atau manajer HRD.

Gunakanlah baju yang formal, pakai kemeja ataupun jas. Kesan pertama adalah hal yang sangat penting!

2. Tepat waktu.

Kamu harus tiba sepuluh menit lebih awal dari jam yang ditentukan, terutama jika itu adalah perusahaan yang besar.

3. Tidak diragukan,

Kamu harus pergi ke resepsionis untuk mendaftar, kemungkinan mendapat tanda pengenal, dan pergi ke ruang wawancara.

Selama wawancara, Kamu akan diminta untuk memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa inggris, kemudian kamu diharapkan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan untuk mengenal kamu lebih baik dan mengevaluasi keahlian yang kamu punya.

Pertimbangkan untuk menyiapkan pertanyaan tentang perusahaan tersebut atau posisi yang akan kamu isi jika diterima. Ini merupakan cara yang kuat untuk mengkomunikasikan ketertarikan ketika mengakhiri wawancara.


Pertanyaan Wawancara yang Umum untuk Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris dan Kiat-Kiat untuk Menjawabnya


Meskipun semua wawancara pasti berbeda, namun ada pertanyaan standar yang umumnya selalu ditanyakan di wawancara kerja.

Tentu saja, pertanyaan wawancara ini akan berbeda tergantung jenis profesi dan level kamu, berikut beberapa pertanyaan sebagai permulaan wawancara.

  1. Ceritakan tentang Dirimu
  2. Mengapa kamu Tertarik dengan Posisi Ini?
  3. Mengapa kamu Meninggalkan Pekerjaanmu yang Sekarang?
  4. Mengapa kamu Cocok dengan Perusahaan Ini?
  5. Apa Kelebihan dan Kekurangan yang ada pada dirimu (Salah Satu Pertanyaan Wawancara Paling Sulit)

Ini bukan waktunya membuka keran air dan menceritakan semua rahasia gelapmu.

“Contoh bagusnya adalah: Saya bukan orang yang penyabar, dan saya suka menyibukkan diri dan aktif, dan saya suka bekerja dengan cepat.


7 Kiat Sukses untuk Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris


Jujurlah dengan level kemampuan berbahasa Inggrismu di resume, jika tidak, itu akan cepat terlihat dalam wawancara dan memberikan kamu tekanan yang lebih.

  • Siapkan wawancara sendiri dirumah dengan melatih jawabanmu dengan pertanyaan-pertanyaan umum,
  • Ulaslah kosakata tentang bidang yang akan diikuti dan juga posisi kamu yang sebelumnya
  • Latih diri kamu dengan menonton pertunjukan berbahasa Inggris dan dengarkan radio untuk membiasakan telinga kamu dalam mendengarkan bahasa Inggris,
  • Jangan khawatir dengan aksenmu: lebih baik bisa dipahami dan jelas dengan penekanan yang ringkas dan tajam, daripada mempunyai aksen yang bagus namun tidak tahu cara menyelaraskan dua kata dalam bahasa Inggris.
  • Jangan ragu untuk meminta pertanyaan agar bisa diulang. penutur asli bahasa Inggris pun terkadang harus melakukannya.
  • Tunjukkanlah ketertarikan: ajukan pertanyaan tentang perusahaan tersebut, ukuran timnya, perusahaannya, ataupun jam kerja umumnya.
  • Rencanakan sebelumnya.

Bagi kamu yang kesulitan dalam pengucapan bahasa inggris, kami tim keluhkesah.com memberikan saran untuk mengikuti kursus wawancara kerja bahasa inggris di Lister. Di lister kamu bisa mendapatkan kursus menarik dengan diskon yang beragam, buruan sebelum ketinggalan promonya untuk mengikuti Kursus Business English .

Belajar bahasa asing jadi lebih mudah karena lister co.id
Belajar bahasa asing jadi lebih mudah karena lister co.id

Di lister.co.id kamu akan diajarkan oleh pengajar yang profesional, karena lister tidak sembarangan dalam memilih tutor pengajar. Diberikan ilmu yang beragam serta pengalaman yang menarik. Yuk, jangan lupa langsung gass diskonnya.

Nah itulah ulasan artikel mengenai “Bagaimana caranya menghadapi tes wawancara dalam bahasa inggris. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari para pengunjung keluhkesah.com.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Kata kunci : bagaimana caranya menghadapi tes wawancara dalam bahasa inggris, tes interview, penggunaan bahasa inggris dalam tes wawancara

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.