Bagaimana Cara Menjadi Blogger Sukses

oleh -41 views
Bagaimana cara menjadi blogger sukses
Bagaimana cara menjadi blogger sukses

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menjadi blogger sukses atau cara menjadi blogger tahun 2021. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini

Bagaimana Cara Menjadi Blogger Sukses


Apakah kamu sedang mencari panduan yang mudah untuk membuat blog dan menjadi seorang blogger di tahun 2021? Jika iya, Kamu harus mengikuti langkah-langkah yang dapat kamu pelajari di bawah ini, kamu bisa memulai membuat blog hanya dalam waktu 30 menit, Wow bukan ?.

Kamu tidak harus jago dalam bidang komputer untuk memiliki sebuah blog, namun yang harus kamu lakukan adalah membuat tulisan yang dibuat dapat dibaca semua orang dari seluruh dunia.

Panduan di bawah ini saya buat secara khusus untuk pemula dalam membuat blog, semua aspek akan saya rangkum baik itu termasuk analisis prospek dan keuntungan blogging yang mungkin bisa kamu peroleh di tahun 2021. Dan pertanyaannya sekarang adalah, apakah blog masih menguntungkan di tahun 2021?

Kalau kamu ingin mendapatkan uang secara cepat dalam tempo yang singkat, membuat sebuah blog bukanlah pilihan yang bijak. Dalam mengelola blog perlu adanya kerja keras, uang, dan waktu untuk memulai segalanya. Artinya, ada modal yang harus kamu siapkan dan keluarkan sebelum blog tersebut bisa memberikan hasil.

Tapi, kalaupun kamu ingin memulai suatu investasi sampingan dengan modal yang sedikit namun dampaknya akan terus ada sepanjang masa, solusinya adalah dengan membuat blog. Pilihan ini sangat cocok dan tepat untuk kamu yang ingin berinvestasi dengan modal yang sedikit dibandingkan kamu investasi bodong dengan orang ataupun perusahaan.

Umumnya, blog yang dirawat dengan baik dan diberi perhatian khusus akan mulai terasa dan bisa menghasilkan dalam waktu kurang lebih 3 tahun. Tentu saja kamu bisa mendapatkan return of investment lebih cepat jika kamu dapat menerapkan cara-cara tertentu. Namun untuk artikel kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog untuk pemula, dan hal hal yang harus diperhatikan saat membuat blog. Pilihan platform nya adalah WordPress Atau Blogspot ?

Secara pribadi, saya akan menyarankan kamu untuk menggunakan platform WordPress self-hosting. Artinya, kamu harus menyewa hosting dan domain pilihan kamu sendiri. Blogspot sendiri dirasa kurang fleksibel untuk tahap monetisasi dan kurang membebaskan penggunanya jika ingin scale-up (meningkatkan).

Pertanyaan yang muncul adalah kak, kalo saya milih wordpress self hosting berarti saya harus mengeluarkan modal dong ? Modalnya berarti ga sedikit, belum nyewa hosting dan domainnya

Jawaban yang tepat yaitu akan lebih baik jika sejak awal kamu mengeluarkan modal sedikit diawal dan memulai berinvestasi dengan “menyewa layanan WordPress self-hosting” namun layanan tersebut akan menjamin kebebasan dan kemudahan ketika blog kamu sudah sukses.

Baca juga : blogger vs wordpress self host, mana yang lebih baik

Tapi, ada tapinya nih. Kalau Kamu hanya ingin mencoba kemampuan menulis dan tak ada niatan untuk membesarkan blog yang kamu buat maka blogspot bisa menjadi solusi yang tepat.

Cara Membuat Blog dengan 6 Langkah Sederhana

Buat blog tentu ada cara caranya, berikut ini akan saya sampaikan 6 langkah sederhana membuat blog, yaitu pilih niche dan nama blog, pilih hosting dan domain, desain tampilan blog, publish tulisan kedalam blog, promosi, dan terakhir monetisasi. Berikut penjelasan lengkapnya dibawah ini.


1. Pilih niche dan nama blog

Pilih nama blog dan niche
Pilih nama blog dan niche

Niche merupakan segmentasi pasar yang ingin kamu targetkan. Singkatnya, kamu memilih orang-orang (audience) dari kalangan ataupun industri tertentu yang akan membaca blogmu. Contoh Niche menurut saya antara lain kesehatan, gaya hidup, edukasi, resep masakan, wisata, gadget, parenting, dan teknologi.

Setelah kamu menemukan niche yang ingin dijalankan selanjutnya pilihlah nama blog. Pilih dengan bijak nama yang tidak memiliki copyright atau hak cipta, namun bukan berarti kamu boleh asal asalan juga ya memilih nama blog.

Kak, bagaimana caranya melihat nama blog yang ingin kita buat memiliki hak cipta ?

Gampang kok, caranya dengan “ketikkan nama blog kamu di Google dan periksa hasil yang keluar.” Apabila nama tersebut terkait suatu merek, sebaiknya kamu hindari. Kenapa ? Soalnya pernah punya kasus teman saya sempat membuat blog dengan nama “bujang coco” dan nama tersebut harus dihapus karena salah satu katanya yaitu “coco” ternyata terdaftar hak cipta oleh coco channel. Wow, bahaya bukan ? Sebaiknya kita main aman saja deh.


2. Pilih hosting dan domain

Pilih hosting dan nama domain
Pilih hosting dan nama domain

Biar lebih mengerti saya jelaskan secara singkat saja ya, kita ibaratkan hosting adalah tanah dan bangunan di mana kamu akan menjalankan dan mengelola tulisan tulisan agar mudah dibaca dengan baik oleh pengunjung dan mendesain tampilannya agar pengunjung betah serta robot crawl juga dapat navigasi yang sesuai. Sedangkan domain adalah alamat dari tanah dan bangunan tersebut.

Dengan kata lain, hosting adalah bangunan dan domain adalah alamatnya. WordPress self host sama blogspot sama ya, punya hosting dan domain juga, tapi lebih baik sih kita punya bangunan sendiri (self – host) dibanding kita numpang punya google (blogspot).

Carilah jasa hosting yang menyediakan layanan WordPress self host seperti misalnya hostinger, Niaga Hosting, Rumah Web, Go daddy dan berbagai layanan hosting lainnya. Untuk langkah awalnya, pilihlah hosting dengan harga terjangkau sesuai dengan budget yang kamu punya.

Saran dari saya, silakan kamu pilih hosting dengan harga sekitar 100 ribu sampai 300 ribu pertahun, atau main bulanan juga boleh dengan kisaran harga 10 ribu sampai dengan 50 ribu.

Kenapa saya menyarankan dengan harga diatas ? alasannya karna kapasitas hosting tersebut cukup besar sehingga kamu akan merasa leluasa untuk menambahkan tulisan dan gambar didalam blog, dengan alasan itu kamu akan terpacu dan mulai membiasakan diri menulis.

Selanjutnya hal yang perlu kamu perhatikan adalah memilih domain (alamat blog), pilihlah Top Level Domain (TLD) seperti [dot] com, [dot] net, [dot] id, dan berbagai lainnya. Tapi saya menyarankan untuk pemula jangan memilih domain dot id ya, karna harga perpanjangnya cukup mahal.

Perhatikan biaya perpanjangan dan jangan tergiur dengan harga murah di awal. Seringnya saat ini saya lihat di group group blogger, penyedia hosting dan domain menyediakan harga dengan diskon yang gila gilaan hingga 70% untuk tahun pertama, tapi tahun tahun berikutnya kamu harus membayar 100% (harga asli) bisa dilihat dari layanan yang dipakai.


3. Desain tampilan blog kamu

Desain tampilan blog
Desain tampilan blog

WordPress saat ini menyediakan banyak pilihan desain tema yang gratis, tidak hanya gratis tapi juga berlicense kan premium loh. Pilihlah tema (theme) yang mencerminkan pribadi dirimu ataupun yang mencerminkan niche yang kamu tuju misalnya niche islami pilihlah warna hijau untuk backgrond ataupun warna tampilan pada sisi barnya. Saran saya sih pilih tema yang ga bikin repot ya, yang penting tata letak dan navigasinya terarah dan benar serta enak dipandang juga.

Untuk memperbagus tampilan sebaiknya tambahkan gambar atau menu navigasi lainnya biar pengunjung merasa nyaman ketika sedang mengakses blogmu. Untuk memperbagus nama blogmu ditampilan sebaiknya buatlah desain unik dengan menjadikannya logo ataupun membuat tulisan dengan rangkaian yang indah. Hal itu bisa kamu lakukan di photoshop ataupun applikasi lainnya.


4. Tulis dan terbitkan blog post (artikel)

Tulis dan terbitkan artikel
Tulis dan terbitkan artikel

Pada tahapan ini, kamu perlu dituntut untuk membuat sebuah artikel atau tulisan yang berkaitan dengan apa-apa saja yang menarik minat, selama masih dalam niche yang kamu pilih. Kebanyakan blogger yang saya lihat menyarankan untuk menulis artikel dengan panjang minimum 500 kata. Menurut saya itu belum efektif, karna artikel yang optimal biasanya terdiri dari 1.000 kata.

Meskipun secara umumnya, artikel yang panjang mudah untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak, aturan ini tidak berlaku untuk semua topik bahasan. Ada juga artikel artikel yang memang harus pendek seperti artikel berita, artikel sastra (seperti puisi dan pantun), ada pula artikel yang hanya bisa terdiri dari 300 kata. Yang paling penting adalah usahakan konsisten dalam menulis sehingga kamu memiliki setidaknya 1 artikel dengan panjang minimal 500 kata per harinya. Lakukan terus menerus dan asah kemampuan menulismu, lama kelamaan panjang tulisan juga akan bertambah.

Oh iya satu lagi, Jangan lupa untuk melengkapi persyaratan hukum seperti kebijakan privasi, disclaimer, terms of use, halaman kontak, dan halaman tentangmu sebagai penulis atau penanggungjawab blog, kesannya biar blogmu bukan blog yang sembarangan dipandang orang. Dan kalaupun mau, kamu juga bisa menambahkan Impressum agar blog kamu semakin terlihat profesional.

Ketika sudah sampai pada tahap ini, berarti kamu sudah menjalankan blog sebagaimana mestinya dan cara menjadi blogger sukses telah diterapkan dengan sangat baik.


5. Promosikan blog kamu

promosikan blog kamu
promosikan blog kamu

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah promosi. Caranya cukup mudah, bergabunglah ke komunitas blog, group blogger, dan bergabung ke setiap sosial media yang ada seperti facebook, instagram, twitter, pinterest, google plus. Promosikanlah blog kamu disana dengan membagikan tautan homepage ataupun tautan artikel yang kamu buat.

Baca juga : Kamu bisa promosi blog kamu ataupun artikelmu di situs keluhkesah.com

Kamu juga bisa membagikan tautan artikel ke forum forum ternama seperti Kompasiana, Kaskus, Detik Forum, dan berbagai komunitas blogger / media lainnya. Promosi ini bertujuan untuk mendapatkan pengunjung dan traffic ke blog kamu. Semakin banyak trafik yang kamu miliki, maka semakin besar juga kemungkinan blog kamu tumbuh besar dan dikenal banyak orang.


6. Monetisasi (mendapatkan penghasilan)

monetisasi blog kamu
monetisasi blog kamu

Ini tahap terakhir loh, dan saya menyarankan untuk tidak terburu buru dalam hal ini. Tahap keenam dalam membuat blog bagi pemula adalah dengan monetisasi. Ini adalah langkah terakhir atau GOAL dalam memulai blog. Meskipun kamu terus memperbarui dan menambah jumlah tulisan, monetisasi merupakan tujuan akhir bagi sebagian pengelola blog.

Bagi kamu yang masih pemula, monetisasi sebaiknya dilakukan bertahap sambil terus belajar. Bergabunglah dengan group pengiklan dimanapun tempatnya dan mulai tampilkan iklan di blog kamu. Tawarkan panel kosong di blog pada pemilik usaha dan bisnis dalam niche yang sama.

Baca juga : Pengertian, batasan dan istilah periklanan

Pertanyaan yang sering ditanyakan orang, caranya monetisasi gimana kak ? Terus tempat untuk monetisasi dimana ? Jawabannya cukup mudah, caranya dengan mempromosikan artikelmu di sosial media ataupun forum dan tidak lupa kamu tambahkan kata kata yang mengundang pengiklan untuk pasang iklan di blogmu.

Kalo untuk tempat monetisasi bisa kamu dapatkan di website website pihak ketiga (perantara pengiklan dan pemasang). contohnya project co id, sosiago, google adsense, mgid, adfly dan lain lain.

Baca juga : Mendaftarkan iklan adsense dengan mudah

Cara Sukses Bikin Blog tahun 2021

Kamu mungkin sudah mendengar ya bahwa ada satu kunci sukses dalam mengelola blog. Kuncinya bukanlah SEO, bukan juga marketing, bukan pula main dukun. Kunci sukses blogging yang telah saya alami adalah pemahaman terhadap topik yang ingin kamu tulis, serta niat kamu untuk menulis topik tersebut.

Ada teman saya seorang blogger juga yang tidak mengetahui apapun soal SEO. Beliau cuma hanya memiliki 1.000 orang follower Twitter dan 5.000 followes instagram, tapi tiap bulan berhasil meraup puluhan hingga ratusan juta. Mau tau rahasianya?

Beliau menulis soal topik yang dipahaminya, artikel to the point (tidak bertele tele, banyak basa basi nya), dan membagikan tulisan tersebut pada orang orang yang memang membutuhkan artikel tersebut, misalnya kita buat tulisan resep masakan nah orang orang yang membutuhkan itu bisa saja ibu rumah tangga, istri yang baru belajar masak, maupun anak gadis yang mau memulai masak.

Kemudian ada pertanyaan nih, kak, bagaimana dia bisa meraup puluhan juta, sedangkan dia hanya fokus sama kontent ? Jawabannya yaitu pengiklan, pengunjung yang datang ke blog bukan hanya pengunjung biasa melainkan juga pengusaha yang ingin mempromosikan usaha nya, nah ketika mereka melihat tulisanmu dan mereka terkesan ya pasti mereka mau beriklan dengan blogmu.

So, kalau kamu ingin sukses membuat blog, cobalah untuk menargetkan konten dan pengunjung. Ini ilmu dasar, tapi berawal dari sinilah kesuksesanmu. Jika kamu giat dan tekun, penghasilan akan datang dengan sendirinya.

Pilihlah topik yang memang kamu pahami, karna bisa saja kesuksesan akan datang dari sana. Dan kamu akan menjadi blogger kekinian yang sukses.

Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menjadi blogger sukses. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis seperti saya diatas, kirim tulisanmu di keluhkesah.com, artikel dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah loh. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Kata kunci : Bagaimana cara menjadi blogger sukses

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

6 thoughts on “Bagaimana Cara Menjadi Blogger Sukses

  1. mantep nih bahasannya buat blogger pemula. bergabung dengan komunitas memang salah satu yg terpenting karena dari sanalah kita dapat banyak informasi dan bisa sharing satu sama lain.

    semoga kita bakal jadi blogger sukses yaa, aamiin..

    1. Wah terima kasih infonya nih, bermanfaat sekali mas. Kayaknya yang promosikan di blog ini yg sering aku pake mas, dari awal ngeblog ampe skrg hehe. Dan yg udah meraup jutaan itu goals banget, semoga deh bisa jadi blogger sukses, aamiin.

  2. Wahh terima kasih ya kak. Sangat bermanfaat sekali untuk saya. Udah lama nulis di blog, tpi baru akhir² ini fokus. Bingung cari jasa hostingnya dimana ya kak yg bagus?

    1. kalo untuk hosting yang berasal dari indonesia saya bisa rekomendasiin hostinger atau niagahoster karna mereka satu induk perusahaan. Kalo untuk hosting luar mending go daddy tapi rada mahal emang

  3. Mantap jiwa nih. Alhamdulillah sejak tahun lalu udah mulai self hosting WP, meskipun pernah pindah layanan hosting dan domainnya. Kelebihan untuk bebas custom jadi pilihan dan yang penting harus konsisten nulisnya. Salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *