Bagaimana Cara Membuat Website Bagi Pemula Yang Baru Terjun Ke Dunia Blogger

oleh -275 Dilihat
Bagaimana cara membuat website bagi pemula yang baru terjun dunia blogger
Bagaimana cara membuat website bagi pemula yang baru terjun dunia blogger

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini kita akan memberikan tips serta ulasan bagaimana cara membuat website bagi pemula yang baru terjun ke dunia blogger. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Website Bagi Pemula ?


Bagaimana cara membuat website mungkin salah satu hal yang terlintas bagi seorang blogger pemula yang ingin mengembangkan bisnis di dunia online,

Bisa dikatakan bahwa saat ini website merupakan sesuatu hal yang hampir selalu ada dalam aspek kehidupan setiap orang. Jika kamu sedang membaca artikel tentang ini, bisa dipastikan bahwa kamu juga tertarik untuk buat website.

Nah, dalam ulasan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat website sendiri dengan mudah dan cepat pastinya. Kamu merasa masih sangat awam dalam hal pembuatan website? Tenang, kami akan bantu menerangkan semuanya.

Baca juga : Perlukah menggunakan website dalam bisnis online


Langkah Langkah Membuat Website Mudah Dan Cepat

langkah langkah untuk membuat website yang mudah dan cepat
langkah langkah untuk membuat website yang mudah dan cepat

Langkah-langkah yang akan dibahas kali ini juga merupakan cara membuat website mudah tanpa coding, yang tentunya sangat bisa kalian ikuti dengan mudah walaupun masih tergolong pemula.

Note : Dalam artikel ini saya menerangkan cara buat website ya bukan blog **

Anda bisa membuat website dengan cara berikut:

  • Tentukan tipe website seperti apa yang kamu inginkan.
  • Pilih layanan web hosting, ada banyak layanan web hosting di indonesia, tinggal search google
  • Cari nama domain, (tentukan nama domain, biasanya melihat tipe website seperti apa dulu, kalo mau buat toko online berarti nama domainnya harus merujuk ke nama toko)
  • Pilih platform dan mulai buat website. (platform ada banyak loh, ada wordpress, joomla dan lain lain)
  • Sesuaikan dan optimasi website. (hal ini dilakukan setelah semua poin diatas udah dibuat ya gays).

Untuk merincikan poin poin diatas, tentu akan kami jelaskan agar para pemula yang membaca artikel ini dapat terbantu untuk membuat website dengan mudah dan cepat. Langsung simak saja ulasannya.

Baca juga : Langkah langkah yang harus dilakukan saat membuat blog baru


1. Tentukan Tipe Website Yang Diinginkan

Mau menentukan ide website seperti apa yang ingin dibuat adalah hal paling wajib dilakukan pertama kali bagi kamu seorang pemula sebelum memulai membuat website.

Cobalah cari inspirasi di internet untuk membantu kamu dalam menentukan jenis website seperti apa yang akan ingin dibuat.

Karena nantinya, poin ini akan memudahkan bagi kamu untuk melakukan langkah berikutnya, seperti memilih nama domain serta pemilihan platform websitenya.

Sebagai inspirasi, kami akan memberikan rincian jenis website yang populer di Indonesia itu apa saja, berikut poinnya.

  • Website Toko Online
  • Blog
  • Website Edukasi
  • Website Berita
  • Komunitas Online
  • Portofolio

6 poin diatas itu merupakan jenis jenis website yang populer di indonesia, kamu tinggal memilih mau mengambil tipe yang seperti apa.


2. Pilih Layanan Web Hosting

Setelah merasa cocok dengan pemilihan tipe atau jenis website yang ingin dibuat seperti apa, sekarang saatnya bagi kamu untuk memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Ingat ya sesuai dengan kebutuhan*

Bagi kamu yang tidak tau apa itu web hosting, web hosting yaitu tempat penyimpanan online yang akan menyimpan semua data data situs website kamu. Bisa dibilang directory nya lah.

Saat memilih layanan web hosting, pastikan kamu menggunakan layanan yang handal dan juga tepercaya. Kenapa ? karna nantinya hal ini akan berpengaruh pada performa website yang kamu buat.

Ada berbagai pilihan web hosting yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Dalam membuat website, ada 3 jenis layanan web hosting yang bisa kamu pilih, yaitu shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting.

Shared Hosting

Layanan ini merupakan tipe server yang bisa menaungi banyak user dan ditujukan untuk website yang berskala kecil hingga medium.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, namun ada batasan yang cukup ketat untuk layanan shared hosting, batasannya itu seperti resource atau ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar.

Namun walaupun ada batasan, ternyata shared hosting punya kelebihannya juga loh. Berikut kelebihannya.

  • Dapat domain gratis setahun
  • Cara instalasi nya murah dan cepat
  • Backupnya mingguan
  • Control panel sederhana, ngga buat ribet pemula
  • Adanya cache manager (pengelolaan cache)

Cloud Hosting

Layanan web hosting ini paling cocok dipakai untuk tipe website toko online dan berita, proyek yang dikerjakan berskala besar, yang memungkinkan visitor untuk datang kembali dan mengakses informasi.

Layanan ini lebih baik dibandingkan shared hosting, karena menawarkan kemudahan shared hosting, namun dengan kecanggihan virtual server.

Cara kerjanya yaitu dengan menyimpan salinan website di beberapa server yang saling bekerjasama. Jadi, kalau ada satu server yang down ketika diakses, server lainnya dalam cluster tersebut akan menjadi penopang agar website kamu tetap online dan bisa diakses.

Ada kelebihan lainnya juga loh, Cloud hosting mempunyai kelebihan yaitu :

  • Dapat gratis sertifikat SSL seumur hidup (lifetime), contoh ssl itu seperti https, http bukanlah SSL
  • Punya alamat IP khusus untuk server
  • Resource nya terpisah
  • Integrasi Cloudflare

Bagi kamu yang tidak tau CloudFlare, Cloudflare merupakan proteksi tambahan untuk melindungi websitemu seperti proteksi DDOS, WAF, Tools monitor

VPS Hosting

VPS hosting cocok digunakan untuk kamu yang ingin membuat website dengan skala besar, karna nantinya akan dioptimasi secara penuh oleh private server.

Bagi kamu yang tidak tahu apa itu VPS, VPS merupakan singkatan dari virtual private server. VPS merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin kebebasan dan kontrol menyeluruh untuk mengelola platform dan website.

Namun ada hal yang harus diperhatikan, untuk menjalankan VPS hosting, kamu harus mempunyai skill manajemen server dan tahu bagaimana cara mengoperasikan terminal.

VPS hosting menawarkan kustomisasi pada tingkat yang tertinggi terhadap semua opsi yang disediakan. Mulai dari sistem operasinya hingga software stack, semuanya bisa kamu kelola karena berkat adanya akses root.

Selain hal itu, ada lagi kelebihan yang didapatkan jika kamu memakai VPS Hosting, yaitu :

  • Bebas mengelola environment, akses root untuk membuat server sendiri, dan mengontrol berbagai pengaturan server
  • Resource terpisah, tidak ada user masuk yang bisa menggunakan resource kamu
  • Dedicated IP, setiap user yang masuk mendapatkan alamat ip yang berbeda beda yang tidak bisa digunakan untuk user lainnya.
  • 1 Click OS Instal
  • Server Snapshoot, Backup secara otomatis dan bisa disimpan dalam server

Saran dari keluhkesah.com,

bagi kamu pemula yang baru memulai membuat website kami sarankan untuk memakai shared hosting, harganya terjangkau namun penggunaan nya pun juga mudah ga ribet. Dan jika kamu sudah mulai paham mungkin bisa naik tingkat ke cloud hosting.

Baca juga : Ketahui alasan layanan Cloud professional jadi solusi


3. Tentukan Nama Domain

Langkah selanjutnya dalam cara membuat website bagi pemula yaitu dengan menentukan nama domain yang ingin dipasang di website.

Pastikan kamu harus memilih nama domain yang unik serta mudah diingat, karena domain merupakan alamat yang akan kamu gunakan untuk situs website.

Bagi kamu yang tidak tahu nama domain, bisa kami contohkan seperti keluhkesah.com (keluhkesah adalah nama website kamu, dan .com adalah domainnya).

Adapun tips yang kami berikan untuk memudahkan kamu dalam menentukan nama domain, sebagai berikut :

  • Jangan pilih nama domain yang sulit dieja
  • Pikirlah nama nama yang berpotensi bisnis
  • Usahakan nama domain jangan memakai angka dibelakang ataupun didepannya, seperti contoh 12keluhkesah.com, ataupun keluhkesah3.com
  • Pilihlah nama domain yang benar benar terbaik, jangan salah pilih dan jangan terburu buru juga dalam memilih
  • Cek ketersediaan domain, apakah udah ada yang pakai atau belum

4. Pilih Platform Untuk Mulai Membuat Website

Ada 3 opsi cara membuat website yang nantinya bisa kamu gunakan. Yaitu sebagai berikut:

  • Menggunakan CMS, CMS digunakan untuk kamu yang ingin membuat website gratis, salah satu contoh CMS yang cocok dipakai untuk pemula yaitu wordpress. Tinggal klik instal beres
  • Website builder, Cara membuat website tanpa coding gays. beda dengan wordpress yang masih memakai coding
  • Dengan coding, berbeda dengan website builder, opsi ketiga ini hanya bisa dilakukan oleh web developer, atau orang yang sudah berkompeten dibidang coding.

5. Sesuaikan Dan Mari Optimasi Website

Jika kamu sudah mencapai langkah ini, berarti kamu sudah sukses membuat website sendiri. Langkah ini adalah langkah terakhir dari cara membuat website.

Optimasi website tidak lah sulit, kamu harus mengikuti langkah langkah ini, agar website kamu bisa dikenal banyak warga netizen. Berikut langkah langkahnya

  • Pelajari SEO (Search Engine Optimized), tujuannya agar traffic website kamu ramai. Traffic adalah jumlah kunjungan ke website kamu.
  • Promosikan website melalui strategi digital marketing, ataupun sosial media marketing
  • Jika kamu menggunakan CMS seperti yang disebutkan diatas, maka kamu harus mengupdate versi terbaru CMS mu.
  • Pantau performa website dengan menggunakan tools yang ada di google, seperti google webmaster tools, google analytic.
  • Tingkatkan performa loading website mu, karna akses loading yang cepat dan memudahkan user dalam mengakses website, sangat berpengaruh bagi website kamu untuk berada diurutan terdepan pencarian google.

Baca juga : Pengertian SEO dan manfaatnya untuk website

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat website, kami mempunyai website referensi yang cocok bagi kamu seorang pemula yang ingin benar benar belajar cara membuat website.

Di Desty Blog, kamu mudah memahami informasi mengenai cara membuat blog, cara membuat website, optimasinya bagaimana dan lain lain. Akses nya cepat dan isi tulisannya pun mudah untuk dipahami.


Nah itulah penjelasan artikel mengenai “Bagaimana cara membuat website bagi pemula yang baru terjun ke dunia blogger. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Kata kunci : cara membuat website bagi pemula, langkah langkah membuat website

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com