Apa yang Dimaksud Ilmu Sejarah

oleh -180 views
apa yang dimaksud ilmu sejarah ?
apa yang dimaksud ilmu sejarah ?

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, kali ini mimin akan berikan materi edukasi dengan judul “Apa yang dimaksud Ilmu Sejarah“. Untuk lengkapnya dapat kita ulas dalam artikel kali ini.

Apa Yang Dimaksud Sejarah ?


Sebelum kita membahas jauh pengertian ilmu sejarah, alangkah baiknya kita ketahui dahulu apasih pengertian dari sejarah ?.

Kata Sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu syajarotun yang berarti pohon. Kata ini kemudian berkembang artinya menjadi akar, keturunan, asal usul, riwayat dan silsilah.

Apabila kita melihat gambar silsilah keluarga raja raja pada masa lalu akan tampak menyerupai sebuah pohon, sedangkan silsilah keluarga raja itu dituliskan terbalik dari batang pohon, kemudian ke cabang dan ranting rantingnya.

Kata sejarah diserap kedalam bahasa Melayu pada abad ke-13. Namun, di dalam bahasa Arab sendiri ilmu yang mempelajari kisah kisah pada masa lalu disebut tarikh.

Dalam bahasa Inggris, sejarah dikenal dengan sebutan history, yang artinya masa lampau umat manusia. Kata history, berasal dari bahasa Yunani istoria yang berarti ilmu.

Dalam perkembangannya kata istoria diperuntukkan bagi pengkajian terhadap segala sesuatu mengenai manusia secara kronologis.

Dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut dengan geschichte yang artinya sesuatu yang telah terjadi.

Sejarah merupakan hasil perbuatan manusia. Manusia, ruang dan waktu saling terkait dan berinteraksi secara kronologis dan berkesinambungan satu dengan yang lainnya sehingga membentuk peristiwa bersejarah.

Setelah memahami pengertian dari sejarah, sekarang kita akan beralih ke poin khususnya, yaitu ilmu sejarah.

Apa yang dimaksud Ilmu Sejarah ?


Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

Sejarah dikatakan sebagai ilmu karena merupakan pengetahuan masa lampau yang disusun secara sistematis dengan metode kajian secara ilmiah.

Penggunaan metode sejarah bertujuan untuk mendapatkan kebenaran mengenai peristiwa masa lampau. Sebagai ilmu, sejarah memiliki seperangkat metode, baik dalam penelitian maupun penulisannya.

Namun, penulisan sejarah juga memerlukan imajinasi dalam memaparkan suatu peristiwa dari sumber sumber yang terbatas. Oleh karenanya, sejarah merupakan suatu disiplin ilmu yang memadukan kaidah ilmu pengetahuan dan nilai estetis.

Hal ini dikarenakan kisah sejarah seringkali menyajikan kebenaran fakta sejarah dengan imajinasi sehingga mampu membawa setiap pembacanya menjadi lebih dekat dengan masa lampau.

Ilmu pengetahuan, peristiwa kisah, dan seni, seakan akan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam mempelajari ilmu sejarah.

Segala sesuatu memiliki sejarahnya sendiri. Setiap individu, keluarga, masyarakat dan bangsa tumbuh dan berkembang melalui sejarahnya sendiri sendiri.

Semua hal yang sudah terjadi di masa lampau tidak dapat diubah kembali oleh kita pada masa sekarang ini. Waktu terus bergerak dan peristiwa demi peristiwa terus ada dan terus terjadi.

Waktu perlu dihargai. Dalam perjalanan waktu kadang tercipta peluang dan kesempatan yang mudah hilang. Oleh karena itu kita perlu memanfaatkan waktu dengan aktivitas yang positif, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Poin Poin Penting Ilmu Sejarah


  • Sejarah sebagai peristiwa, maksudnya yaitu sejarah yang benar benar ada atau telah terjadi.
  • Sejarah sebagai kisah adalah kisah dari peristiwa peristiwa dari masa lampau.
  • Sejarah sebagai ilmu memiliki ciri ciri, yaitu empiris, memiliki objek, memiliki teori, dan memiliki metode.
  • Sejarah dikatakan sebagai seni sebab dalam rangka penulisan sejarah, seorang sejarawan memerlukan intuisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa.
  • Dalam pandangan ilmu sejarah, sistem kehidupan sosial dengan berbagai aspeknya terus bergerak dan berproses dalam hubungan sebab akibat yang dinamis.

Untuk bahan ajar, ambilah sebuah peristiwa penting yang bisa dimasukan dalam peristiwa sejarah, baik peristiwa sejarah lokal, nasional maupun dunia (internasional).

Baca juga :

Pertanyaan dari pengunjung belapendidikan tentang sejarah dapat dilihat dalam halaman berikut : “Sejarah Question

Temukan unsur unsur yang menjadikan peristiwa tersebut tergolong unik dan memiliki pengaruh besar pada masanya dan masa masa berikutnya,

Terima kasih sudah membaca artikel tentangĀ ā€œApa yang dimaksud ilmu sejarah. Kamu bisa memberikan kritik dan saran melalui kolom komentar yang telah disediakan dibawah. San nantikan kembali artikel edukasi lainnya dari kami.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com