9 Cara Bagaimana Memulai Bisnis Online Dari Modal Yang Pas Pasan

oleh -29 views
Bagaimana memulai bisnis online dengan modal yang pas pasan
Bagaimana memulai bisnis online dengan modal yang pas pasan

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membagikan tips dan cara bagaimana memulai bisnis online dari modal yang pas pasan. Yuk pantengin artikel kita agar lebih paham untuk memulai bisnis online. Berikut ulasannya

Cara Bagaimana Memulai Bisnis Online Dari Modal Yang Pas Pasan


Pernahkah kamu merasa gaji yang didapat dari perusahaan tempatmu bekerja masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari sehari? Bahkan terkadang kamu harus ngutang sana sini untuk dapat memenuhi kebutuhan?

Kalau kamu merasakan hal tersebut pada setiap bulannya, itu menandakan bahwa kamu butuh tambahan pemasukan atau penghasilan.

Pertanyaan berikutnya dari saya adalah usaha atau bisnis apa yang bisa kamu lakukan sebagai usaha sampingan dari pekerjaan utama kamu sebagai karyawan kantoran? Tenang sob, jangan terlalu dipusingkan. Ada banyak ide usaha sampingan loh sebenarnya, namun pada zaman ini yang cukup realistis yang bisa kamu lakukan adalah memulai bisnis online.

Kenapa saya bilang realistis? Karena bisnis online saat ini bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja. Bisa dilakukan pada saat waktu senggang, sambil duduk di dalam kendaraan atau sedang naik ojek online untuk menuju kantor. Kedengarannya menarik kan ? Untuk itulah saya buat artikel memulai bisnis online dari modal yang pas pasan.

9 Cara Bagaimana Memulai Bisnis Online Dari Modal Yang Pas Pasan

Berikut ini akan kami ulas 9 cara bagaimana untuk memulai bisnis online dari modal minim atau modal yang pas pasan. yaitu sebagai berikut :

1. Kamu Harus Mendapatkan inspirasi dari teman atau keluarga

Sebelum memulai bisnis online, ada baiknya kamu harus melakukan riset terhadap produk apa saja yang banyak dicari masyarakat pada saat ini. Saya menyarankan untuk yang sedang ngetren atau produk yang selalu dibutuhkan banyak orang.

Kamu harus mendapatkan insipirasi dari keluarga atau kerabat
Kamu harus mendapatkan insipirasi dari keluarga atau kerabat

Kamu dapat memulai riset tersebut pada saat berkumpul dengan teman ataupun keluarga. Sharing lah kepada mereka tentang bisnis yang banyak dicari orang itu seperti apa dan dengarkan apa yang mereka katakan tentang usaha ataupun produk yang tengah ramai diperbincangkan.

Kamu harus bisa mencari tahu di mana kamu bisa mendapatkan produk yang banyak dicari orang orang tersebut. Itu juga termasuk cara mendapatkan suplier yang bisa memberi kamu harga yang murah.

Kamu harus dapat memahami kebutuhan “publik” ditahap pertama ini. Ingatlah bahwa produk yang dijual nantinya adalah produk yang dibutuhkan banyak orang. Bukan karena semata kamu suka dan kemudian ingin menjualnya. Karna banyak sekarang ini orang jualan online karna menyukai produknya dan hasilnya banyak mengalami kegagalan.


2. Kamu Harus Menetapkan Produk Apa Yang Mau Dijual

menetapkan produk yang mau dijual
menetapkan produk yang mau dijual

Kamu juga dapat melakukan riset secara online dengan mencari keyword (kata kunci) di pencarian google yang banyak dicari mengenai suatu produk. Semakin banyaknya dicari orang, itu menandakan bahwa produk tersebut memang tengah dibutuhkan saat ini.

Namun ingatlah bahwa persaingan untuk menjualnya pun pasti tidak gampang loh. Karena ada banyak juga orang yang punya pemikiran yang sama. Karena itulah pikirkan dengan baik dan matang produk yang ingin kamu jual sebagai usaha untuk menambah penghasilan.

Baca juga : Waralaba sebagai bisnis yang menguntungkan

Untuk itu, kamu bisa saja memilih dua atau tiga tipe produk. Pertama yang memang tengah ngetren atau yang sedang dibutuhkan saat ini. Produk kedua adalah sesuatu yang sifatnya jangka panjang, yang tidak pernah basi dan selalu dibutuhkan masyarakat tiap harinya.

Selama harga yang ditawarkan masih dalam lingkup yang wajar untuk bersaing, maka jualan kamu pun pasti akan punya pembeli. Riset produk memang sangat penting loh dipikirkan, karna semua kegagalan juga berawal dari riset yang salah.


3. Pilih sistem penjualan

Pilih sistem penjualan
Pilih sistem penjualan

Beruntunglah jika kamu hidup di era digital pada saat ini. Dunia digital atau industri 4.0 memang memudahkan penggunaan dalam banyak hal untuk kehidupan manusia. Termasuk untuk mendapatkan produk dan kemudian menjualnya kembali dengan biaya yang dibilang untung.

Salah satu sistem penjualan yang kini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online di awal merintis usahanya adalah dengan menjadi dropshipper. Sistem ini membuat kamu tidak harus menyimpan stok barang yang akan dijual. Biarkanlah suplier atau penjual utama yang melakukan hal tersebut.

Kamu cukup mencari pembeli saja, urusan pengiriman barang itu sudah menjadi urusan distributor. Namun, kamu tetap harus cermat dalam memilih distributor yang memang punya kredibilitas tinggi. Jangan sampai kamu malah banyak menerima keluhan yang diakibatkan kualitas barang tidak sesuai dengan yang dipromosikan.


4. Bangun website

bangun website penjualan
bangun website penjualan

Jika kamu punya sedikit modal di awal merintis usaha, kamu tentu tidak harus memilih sistem dropship. kamu bisa memilih untuk melakukan stok sendiri hingga pengiriman barang pun juga oleh kamu sendiri. Ini bisa menjaga serta meningkatkan kredibilitas kamu sebagai penjual di mata pelanggan (konsumen).

Baca juga : Perlukah menggunakan website dalam bisnis online

Untuk itu pula kamu harus memulai caranya dengan membangun website yang menjadi “etalase” jualan kamu di dunia online. Website merupakan pusat atau wadah dari aktivitas bisnis online kamu. Website pun menjadi tempat penyimpanan data data customer yang suatu saat pasti kamu butuhkan.

Dengan kamu punya website, calon pembeli bisa disajikan banyak pilihan produk yang kamu jual. Termasuk juga mendapatkan informasi yang lebih detail tentang produk yang mereka incar.


5. Buka jaringan media sosial

memulai bisnis online dari media sosial
memulai bisnis online dari media sosial

Setelah website yang kamu kelola sudah tayang di dunia maya, kini saatnya untuk menyebarluaskannya dengan cara promosi. Kenapa harus dilakukan promosi ? Karna sebagus dan sekeren apa pun website kamu jika tidak banyak diketahui orang ya percuma saja.

Beruntungnya kamu pada saat ini merupakan eranya media sosial. Kamu bisa melakukan promosi dengan melalui media sosial secara gratis. Media sosial merupakan pilihan yang utama sebagai sarana promosi untuk memulai bisnis online.

Buatlah akun dengan nama toko online kamu ya. Lakukan hal itu bukan hanya di satu media sosial saja ya, tapi juga di banyak sosial media lainnya. Untuk penggunaan di Indonesia sendiri yang banyak digunakan adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Sebaiknya, kamu juga sudah memiliki akun pribadi di ketiga media sosial diatas. Hal itu dirasa lebih mudah dalam menyebarluaskan informasi mengenai usaha yang akan menjadi lahan kamu dalam mendapatkan tambahan penghasilan.


6. Sebar di marketplace

Sebar produk penjualan di marketplace
Sebar produk penjualan di marketplace

Tidak cukup promosi hanya melalui media sosial saja, kamu juga harus memperluas area pemasaran produk melalui marketplace. Keberadaan “marketplace” yang banyak disenangi anak muda seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee memang sangat membantu sekali bagi para pelaku usaha online dalam menemukan pembeli.

Saat website kamu belum banyak diketahui orang, marketplace menjadi wadah yang pas untuk mendongkrak penjualan kamu. Sekaligus juga menjadi sarana untuk membuat masyarakat menyadari kehadiran toko online milikmu.

Jadi pastikanlah setiap produk yang kamu pasang di marketplace selalu bisa untuk membuat calon pembeli membuka websitemu.

Pada dasarnya, marketplace mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan media sosial. Karna dengan kedua wadah itu kamu dapat mempromosikan produk yang dijual tanpa harus mengeluarkan modal besar.


7. Carilah partner atau asisten jika dibutuhkan

carilah asisten untuk membantu kamu menjalankan bisnis online
carilah asisten untuk membantu kamu menjalankan bisnis online

Mencari asisten atau partner bisnis Ini mungkin menjadi tahap selanjutnya dari memulai bisnis online yang kamu lakukan. Namun tidak ada salahnya jika kamu sudah menyiapkannya sejak dini. Sehingga bisnis kamu pun bisa tetap berjalan tanpa kendala.

Asisten akan sangat dibutuhkan saat bisnis online kamu sudah mulai berjalan. Kamu tidak akan mungkin bisa mengatasi semua keluh kesah dari bisnis. Baik itu dimulai dari mempromosikan barang, menerima order, mengepak, hingga menerima keluhan pelanggan.

Kamu harus memikirkan dengan bijak mencari asisten untuk membantu kamu menyelesaikan semua tugas tugas tersebut.

Kamu bisa mencari asisten dari kerabat maupun orang terdekatmu. Bisa itu istri, suami, anak, atau saudara yang memang punya waktu luang untuk membantumu. Tentu saja perlakukan sikap profesionalitas dalam hal ini. Mereka harus “mendapat upah” dari apa yang telah mereka lakukan dalam membantu bisnismu.


8. Buat rekening baru khusus bisnis

buat rekening baru khusus bisnis online
buat rekening baru khusus bisnis online

Ini memang tidak terlalu penting tapi jika bisa janganlah untuk mencampuradukkan pendapatan dari bisnis dan dari pekerjaanmu dalam satu rekening. Ini justru yang akan membuat usahamu sulit maju, kenapa ?. Karena kamu tidak bisa mengukur prospek yang sudah dijalanin dan sudah seberapa jauh penghasilan yang didapat dari bisnis online ini.

Karena itu, saat kamu memulai bisnis online pastikan sudah harus membuka rekening yang terpisah. Jangan digabungkan dengan rekening yang menerima pendapatan setiap bulannya. Atau kamu akan dibuat pusing setiap bulannya saat melakukan penghitungan neraca pendapatan.

9. Komitmen dengan dua kesibukan Anda

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya dalam memulai bisnis online adalah komitmen yang tinggi. Meski waktu kamu praktis karna sudah banyak habis di kantor, tetap berkomitmen lah untuk meluangkan waktu menjalankan bisnis online kamu.

Katakanlah jam kerja di kantor antara 8-9 jam per harinya. Nah, waktu yang kamu berikan untuk melakukan bisnis online hanya cukup 3 sampai 4 jam sehari saja. Tapi, pastikan jika kamu melakukannya secara konsisten setiap harinya ya gays.

Bahkan, waktu weekend pun tetap harus digunakan untuk menjalankan bisnis online ini. Karena bisnis online akan selalu berputar terus menerus selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu tanpa libur.

Baca juga : Hal yang menyebabkan bisnis online gagal

Kesimpulan Yang Ingin Saya Sampaikan

Memulai bisnis online memang membutuhkan kerja keras, kerja cermat dan kerja cerdas. Karena kamu harus pandai untuk membagi waktu antara pekerjaan utama dan bisnis online tersebut.

Jangan sampai kamu ditegur pimpinan karena banyak pekerjaan kantor yang diabaikan. Jadi pintar pintarlah dalam membagi waktu saat kamu menjalankan bisnis dan juga sebagai seorang karyawan.

Baca juga : Kunci bagi pemula yang ingin sukses berbisnis

Itulah penjelasan singkat mengenai 9 cara bagaimana memulai bisnis online dengan modal yang pas pasan. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis seperti saya diatas, kirim tulisanmu di keluhkesah.com, artikel dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah loh. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Kata kunci : bagaimana memulai bisnis online, cara memulai bisnis online, memulai bisnis online dengan modal yang pas pasan

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *