7 Jenis Penyakit pada Jantung dan Gejalanya

oleh -195 views
7 jenis penyakit pada jantung dan gejalanya
7 jenis penyakit pada jantung dan gejalanya

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membagikan informasi seputar kesehatan, yaitu 7 jenis penyakit pada jantung dan gejalanya, berikut ulasannya saya sampaikan dibawah ini.

7 Jenis Penyakit Pada Jantung Dan Gejalanya

7 jenis penyakit pada jantung dan gejalanya
7 jenis penyakit pada jantung dan gejalanya

Sampai sejauh ini, penyakit pada jantung masih menjadi ancaman dunia. Karena penyakit ini termasuk salah satu penyebab jumlah kematian terbanyak nomor 1 di seluruh penjuru dunia. Bahkan menurut data yang didapatkan dari WHO mengatakan bila sudah ada 17 juta orang telah meninggal dunia akibat dari penyakit ini.

Buruknya lagi adalah angka kematiannya semakin meningkat sepanjang tahun. Sayangnya meski penyakit ini sangat mematikan, ternyata masih ada banyak orang menganggap sebelah mata masalah ini. Padahal penyakit kardiovaskular ini tidak hanya menyerang lansia saja, namun juga bisa terjadi pada orang yang masih muda dan produktif.

Untuk itu sebaiknya cegah penyakit ini sejak dini dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, kenali daftar 7 jenis penyakit pada jantung dan gejalanya di bawah ini supaya Anda bisa mengenalnya lebih jauh dan dapat lebih menghargai betapa pentingnya menerapkan pola hidup sehat selama ini. Berikut jenis penyakitnya, antara lain:

1. Tumor Jantung

Masalah ini bisa terjadi saat tumbuh jaringan abnormal di area dinding otot jantung (perikardium). Penyakit ini sangat mematikan karena bisa bersifat ganas (kanker) atau jinak (non-kanker). Saat ukuran tumornya semakin membesar, jantung menjadi kesulitan menjalankan tugasnya untuk memompa darah.

Buruknya lagi adalah penyakit ini terkadang tidak memperlihatkan gejala. Meski ada beberapa orang yang mengalami gejala ringan sampai parah, seperti sesak nafas, jantung yang debarannya tidak beraturan, kaki bengkak, kelelahan, pusing, tekanan darah rendah, pingsan, serta terjadi penurunan berat badan.

2. PJK (Penyakit Jantung Koroner)

Penyakit yang cukup populer dengan sebutan jantung koroner ini bisa terjadi saat pembuluh darah arteri yang seharusnya mengalirkan darah menuju jantung mengalami penyempitan dan pengerasan. Masalah ini bisa terjadi akibat dari kolesterol yang berlebihan dan aterosklerosis (pembekuan darah pada arteri). 

Sehingga aliran darah serta oksigen yang seharusnya dialirkan ke jantung berkurang dan membuat kinerja jantung tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Untuk gejalanya sendiri meliputi nyeri dada, keringat dingin, sesak nafas, mual, dan dada berdebar.

3. Penyakit Gagal jantung

Masalah ini bisa terjadi saat kondisi jantung sudah tidak bisa memompa darah untuk seluruh tubuh. Sehingga ketika kondisi ini terjadi dalam waktu lama menyebabkan terjadinya komplikasi serius, seperti edema paru, henti jantung, dan juga gagal ginjal. Buruknya lagi adalah gagal jantung ini ternyata proses perkembangannya perlahan dan bertahap. 

Biasanya penyakit ini diawali dengan hipertensi, penyakit jantung koroner, diabetes, serta penyakit jantung bawaan. Untuk gejala utamanya bisa sesak nafas, batuk, nyeri dada, cepat lelah, dan pembengkakan pada tungkai serta pergelangan kaki.

4. Kardiomiopati

Gangguan otot jantung ini menyebabkan bentuk dan kekuatan otot jantung mengalami kelainan sehingga tidak bisa bekerja memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Penyebabnya bisa terjadi karena keturunan (genetik), gagal jantung, PJK, hipertensi, dan penuaan. Gejalanya biasanya meliputi kaki bengkak, nyeri dada, sesak nafas, batuk, dan mudah kelelahan.

baca juga : Bagaimana cara menghitung denyut nadi normal

5. Penyakit Katup Jantung

Masalah ini bisa terjadi dimulai ketika katup jantung tidak dapat menutup atau membuka katupnya dengan sempurna. Akibatnya terjadilah gangguan pada aliran darah menuju seluruh tubuh. Biasanya penderita tidak mengalami gejala dalam waktu lama. 

Namun ketika gejalanya mulai muncul, penderita mengalami nyeri dada, sesak nafas, detak jantung tidak teratur, cepat lelah, pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti perut dan tungkai. Penyakit ini bisa terjadi dari lahir karena faktor genetik, PJK, kardiomiopati, dan serangan jantung.

6. Penyakit Jantung Bawaan

Sesuai namanya, penyakit ini bisa terjadi karena faktor genetik (bawaan sejak lahir). Kelainannya bisa terjadi pada bagian katup jantung, dinding jantung, pembuluh darah, dan kombinasinya. Untuk gejalanya bisa terjadi berdasarkan tingkat keparahan dan jenisnya. Misalnya saja seperti nafas pendek, nyeri dada, berat badan turun, kulit membiru, pertumbuhan dan perkembangan anak terlambat.

Sayangnya penyebab masalah ini masih belum diketahui. Namun menurut beberapa sumber menyebutkan bila penyebabnya bisa terjadi karena faktor keturunan, pemakaian obat selama kehamilan, mengkonsumsi minuman keras, dan infeksi yang terjadi dari trimester kehamilan pertama.

Baca juga : 7 fakta tentang penyakit jantung yang wajib diwaspadai

7. Aritmia

Penyakit pada jantung ini terjadi saat irama jantung mengalami gangguan (masalah). Biasanya iramanya bisa terlalu lambat, cepat, dan tidak beraturan saat ada rangsangan listrik. Gangguan aritmia bisa terjadi karena PJK, kardiomiopati, serangan jantung, dan gangguan elektrolit (kelebihan kalium atau kekurangan kalium dalam darah).

Pada beberapa kasus, penyakit aritmia tidak memperlihatkan gejala, namun ada juga yang mengalami keluhan seperti pusing, cepat lelah, dada berdebar kencang, nyeri dada, dan ingin pingsan.

Umumnya sebagian besar penyakit pada jantung memang tidak dapat disembuhkan. Sehingga mau tidak mau, seseorang yang sudah terlanjur menderita penyakit ini harus menerapkan pengobatan sepanjang hidupnya.

Namun meski begitu, penyakit ini masih bisa dikontrol supaya tidak semakin parah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Jadi sebisa mungkin bila ingin hidup sehat dan terbebas dari masalah seperti ini, biasakan untuk menjaga kesehatan setiap hari.

Itulah penjelasan dari artikel tentang 7 jenis penyakit pada jantung dan gejalanya. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : 7 jenis penyakit pada jantung dan gejalanya