5 Kriteria Penting Menciptakan Sistem HRD Yang Baik

oleh -254 views
5 kriteria penting menciptakan sistem hrd yang baik
5 kriteria penting menciptakan sistem hrd yang baik

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, hari ini saya ingin membagikan ulasan seputar dunia kerja. Judul yang dibuat kali ini yaitu 5 kriteria penting menciptakan sistem HRD Yang Baik. Bagaimana kriteria nya ? Berikut ulasannya saya sampaikan dibawah ini.

5 Kriteria Penting Menciptakan Sistem HRD Yang Baik

5 kriteria penting menciptakan sistem hrd yang baik
5 kriteria penting menciptakan sistem hrd yang baik

Hampir setiap harI HRD akan disibukkan dengan berbagai tugas administrasi dan strategis mengenai pengelolaan karyawan. Ketika tugas sedang menumpuk, maka itu adalah salah satu pertanda perusahaan butuh sistem HRD terbaik yang dapat membantu menyelesaikan tugas HRD.

Sistem HRD tidak akan semerta merta menggantikan staf HR dalam pengelolaan karyawan.

Kehadiran sistem dalam pengelolaan karyawan justru akan melengkapi pengelolaan karyawan dengan cara mengotomatisasi berbagai tugas administrasi. Sehingga, HRD bisa lebih fokus mengurusi tugas lain yang membutuhkan strategi dan perencanaan mendalam.

Perusahaan pun akhirnya harus memahami bagaimana kriteria sistem HRD yang baik. Apa saja kriteria yang menjadikan suatu sistem HRD layak untuk digunakan?

1. Kelengkapan Fitur

Kelengkapan fitur sistem hrd
Kelengkapan fitur sistem hrd

Hal yang pertama dan harus dipahami oleh HRD adalah mengenai kelengkapan fitur. Sebab, staf HRD menangani berbagai tugas seperti penggajian, absensi, reimbursement, penilaian kinerja, dan sebagainya.  Jadi, fitur yang tersedia pun juga harus lengkap dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Contoh  sistem HRD yang memiliki fitur komplit adalah sistem HRD dari LinovHR. Selain terkenal dengan Software HRD dan Payroll yang canggih. LinovHR juga memiliki HRIS System yang cocok untuk menjadi sistem hrd perusahaan khususnya Big Company

Hal ini tentu akan memudahkan manajemen HR untuk memaksimalkan pengelolaan SDM agar mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

2.Akurat & Cepat

sistem hrd harus akurat dan cepat
sistem hrd harus akurat dan cepat

Hal selanjutnya yang harus dipahami oleh perusahaan adalah mengenai kecepatan dan keakuratan dan kecepatan. Mengapa demikian?

Sebab. Jumlah karyawan dalam perusahaan begitu banyak. Tidak mungkin HRD harus memproses tiap pengelolaan karyawan satu per satu. Jadi, sistem harus mampu memproses serta menghasilkan hasil yang akurat dan cepat.  

3. Keamanan & Kerahasiaan

sistem hrd harus lebih mengutamakan keamanan
sistem hrd harus lebih mengutamakan keamanan

Keamanan dan kerahasiaan data karyawan adalah tanggung jawab HRD. Data dan informasi karyawan sendiri cukup rentan terjadi kebocoran dan penyalahgunaan yang merugikan karyawan dan perusahaan.

Sistem HRD yang baik dapat menjamin keamanan dan kerahasiaan data karyawan didukung oleh cloud based server dengan keamanan berlapis.

4. Mudah Digunakan

sistem hrd mudah digunakan
sistem hrd mudah digunakan

Setiap sistem mempunyai tampilan dan fitur yang berbeda. Namun, perlu diingat bahwa jangan sampai implementasi sistem justru akan merepotkan karyawan.

Sehingga perusahaan harus memastikan bahwa sistem HRD yang akan digunakan memiliki tampilan yang mudah dipahami dan fitur yang mudah digunakan. Kemudahan dalam penggunaan juga akan memudahkan HRD untuk beradaptasi dengan penggunaan sistem.

Baca juga : Pengelolaan shift kerja lebih mudah dengan menggunakan software absensi

5. Fleksibel

sistem yang dibuat oleh hrd harus lebih fleksibel
sistem yang dibuat oleh hrd harus lebih fleksibel

Mobilitas dan perkembangan bisnis menuntut perusahaan beradaptasi. Apalagi kini pandemi COVID-19 masih merebak di Indonesia. Hal ini membuat banyak perusahaan menerapkan pola bekerja dari rumah atau work from home.

Fenomena ini membuat sistem HRD harus mudah diakses. Fleksibilitas dalam akses membuat staff HR dapat mengakses data dan informasi karyawan di mana saja dan kapan saja tanpa harus ada di kantor.

Sekian penjelasan mengenai kriteria sistem HRD yang baik untuk perusahaan. Dengan implementasi sistem yang sesuai, tentu saja kualitas pengelolaan karyawan akan meningkat dan berpengaruh kepada kualitas pekerjaan karyawan. Dan pada akhirnya, hal tersebut akan menguntungkan perusahaan dari segi perkembangan produksi. Semoga dapat bermanfaat!

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel 5 Kriteria penting menciptakan sistem hrd yang baik. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Referensi: https://www.linovhr.com/sistem-hrd-untuk-perusahaan/

Kata kunci : 5 Kriteria penting menciptakan sistem HRD yang baik

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

20 thoughts on “5 Kriteria Penting Menciptakan Sistem HRD Yang Baik

  1. Dalam perusahaan, sudah barang tentu dibutuhkan sistem HRD yg baik ya
    supaya karyawan betah ,kerjanya juga baik, sesuai KPI dan kredo korporat

  2. Ternyata banyak hal yang harus dipenuhi untuk mencapai kriteria sistem HRD yang baik ya. Jika salah satu tidak berjalan baik, tentu akan jadi masalah dan kinerja kurang optimal. Terima kasih untuk ulasannya kak.

  3. Nggak kebayang ya, kalau HRD nggak dibantu dengan sebuah sistem, pasti akan kewalahan. Perusahaan kecil aja kadang kewalahan, apalagi kalau perusahaan besar.

    Beruntung kini telah hadir sistem HRD yang andal dan berkualitas, kayak LinovHR ini loh. Selain fiturnya lengkap, penggunaannya juga cukup mudah. Nggak kebayang dong, kalau sebuah sistem terlalu sulit digunakan, malah akan menambah beban dan kerjaan HRD saja, hehehe…

  4. Sistem HRD memang sangat penting sekali bagi perusahaan besar maupun kecil seperti UMKM. Karena sistem HRD ini lebih mempercepat pekerjaan dan bisa mengontrol semua inventarisasi perusahaan. Thanks kak informasinya di atas, jadi melek dengan sistem HRD yang begitu penting saat ini.

  5. Sistem HRD secara digital gini menjadi solusi karena sebagian harus work from home. Kalau Payroll memang sudah lama ada tapi masa pandemi ini jadi makin banyak yang apply

  6. Iya saya juga pernah mikir kerjaan HRD itu pasti banyak banget ya, apalagi kalau masih manual nggak kebayang kertas di mejanya sebnyak apa. Syukurlah zaman makin canggih dan sudah ada sistemnya.

  7. Memilih software atau sistem HRD memang harus jeli ya Mas, pasalnya HRD adalah gudang data dari karyawan, dan data itu privasi. Terima kasih banyak wawasannya

  8. Adanya sistem HRD memang bisa membantu dan memudahkan pekerjaan HRD ya Mas. Jaman serba digital dan kondisi pandemi yang mengharuskan work from home membuat sistem HRD memang jadi pilihan yang tepat juga ya untuk digunakan. Terima kasih atas sharingnya Mas

  9. Keberadaan HRD emang jadi salah satu penentu kesuksesan perusahaan. Di masa pandemi ini sistem HRD digital pasti sangat membantu karena bisa memantau meski skrng WFH. LinovHR dengan segala kelebihannya bisa nih jdi pertimbangan para pengusaha.

  10. LinovHR ini memang terdepan ya Mas dalam software2 yang mendukung operasional perusahaan khususnya sistem HRD. Gak serta merta menggantikan karyawan HRD ya tetapi membantu bekerja jadi lebih efektif.

  11. Dunia digital benar-benar mempermudah kita semua. Sistem HRD ajah sekarang udah ada LinovHR buat membantu segala sesuatunya. Top deh…..

  12. sistem HRD memang membantu dan memudahkan pekerjaan HRD ya Mas, apalagi jaman serba digital dan masa pandemi yang mengharuskan work from home seperti sekarang, pastinya sistem HRD jadi pilihan yang tepat untuk digunakan.

  13. Menjadi HRD itu bukanlah pekerjaan yang mudah
    Berhubungan langsung dengansumber daya manusia soalnya
    Kalau ada sistem yang dapat membantu meringankan pekerjaan HRD tentunya akan bagus sekali

  14. Makin praktis kalau ada Payroll. Sistem HRD juga jadi lebih terorganisir dengan baik. Jadi perusahaan lebih fokus ke SDM mulai sekarang.

  15. Praktis ya kalau ada sistem payroll gini jadi meringankan kerja HRD ..kalau manual aduh bener2 mau meledak rasanya kepala hehehe saking banyk yg harus diurus

  16. Jadi inget dulu jaman masih kerja, kalo akhir bulan pasti HRD sibuk banget payroll. Ngurus karyawan yang banyak banget. Emang butuh big company butuh sistem HRD dari LinovHR. Jadi meringankan pekerjaan HRD banget ya.

  17. Bener nihh. Suamiku sendiri pernah kerja di bagian HRD. Jadinya sedikit banyak tahu lah kalau ga dibantu sistem pasti beban kerjanya berat bangett ga sebanding sama gajinya ntar

  18. Linovhr ini membantu banget banget buat para HRD ya kak, apalagi dengan segala kelebihannya top banget deh

  19. Wah boleh nih aku rekomendasikan untuk suami yg selama ini juga kerja bareng sama HRD. Memudahkan banget ya kak

  20. Nice info. Aku dulu pernah ditantang bosa bikin sistem kaya gini tapi masih bingung banget karena maba. Apalagi backgroundku bukan psikologi tapi hukum. Lama-alama akhirnya belajar

Komentar ditutup.