Pengusaha Kuliner Wajib Tahu 3 Jenis Virtual Kitchen

oleh -77 views
3 jenis virtual kitchen
3 jenis virtual kitchen

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan memberikan ulasan untuk para pengusaha kuliner yang wajib kalian ketahui 3 jenis virtual kitchen. Berikut ulasannya dapat saya sampaikan dibawah ini.

Pengusaha Kuliner Wajib Tahu 3 Jenis Virtual Kitchen


Bisnis warung makan dan restoran adalah salah satu bisnis yang banyak digandrungi dan tak pernah sepi peminat, meskipun tak jarang pula yang mulai gulung tikar akibat dampak dari pandemi. Meskipun begitu bisnis kuliner terus mengalami kemajuan seiring dengan berkembangnya teknologi, tak terkecuali bisnis kuliner dengan konsep virtual kitchen.

Namun bagi Anda yang baru pertama kali terjun di dunia kuliner, mungkin masih asing dengan konsep dapur ini. Apa sebenarnya dapur virtual itu?

Apa Itu Virtual Kitchen?


Virtual kitchen, dapur virtual, ghost kitchen, atau cloud kitchen merupakan dapur pembuatan makanan khusus untuk restoran virtual dengan konsep delivery atau pesan antar makanan saja.

Sehingga restoran yang memilih menggunakan ghost kitchen tidak memiliki area dine-in atau area untuk menyantap makanan di restoran, karena konsumen hanya dapat memesan makanan melalui aplikasi dan tidak dapat datang ke restoran secara langsung.

Tren dapur virtual mulai merebak belakangan ini. Bahkan menurut laporan Reports and Data, pasar dapur virtual atau cloud kitchen akan meningkat pesat hingga tahun 2026 sebesar 17,2%.

Hal tersebut dapat terjadi karena dari sisi konsumen, memesan makanan melalui aplikasi dan menunggu makanan sampai di depan rumah dinilai lebih efisien dari segi waktu dan juga tenaga.

Terlebih di tengah kondisi pandemi yang mengkhawatirkan seperti saat ini, dimana masyarakat lebih memilih untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah guna membentengi diri agar tidak tertular virus.

Bahkan di sejumlah restoran, jumlah pembelian makanan secara delivery atau take away jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pembelian makanan secara dine-in. Untuk itulah kini tak sedikit restoran yang beralih ke konsep dapur virtual dan memilih untuk meniadakan restoran fisik.

Jenis Virtual Kitchen

Setelah mengetahui pengertian cloud kitchen di atas, kini saatnya Anda memahami apa saja jenis dari dapur virtual.

1. Commisary Kitchen

Dapur commisary atau dapur bersama merupakan ruang komersial yang dipergunakan untuk bersama oleh beberapa brand food and beverage. Di dalam dapur commisary terdapat berbagai perlengkapan dan peralatan memasak lengkap yang dibutuhkan restoran untuk menunjang operasionalnya.

Untuk dapat menyewa dapur jenis ini pun tidak memerlukan uang muka besar ataupun kontrak sewa yang panjang, dan dapat disewa oleh pengusaha kuliner atau restoran manapun.

2. Pop-up Kitchen

Selanjutnya adalah pop-up kitchen atau inkubator, yang merupakan ruang yang menempel pada bangunan restoran namun hanya dipergunakan untuk memenuhi pemesanan online. Restoran tradisional dapat mencoba konsep dapur dengan jenis ini.

3. Kitchen Pods

Jenis ghost kitchen yang satu ini merupakan yang paling sederhana jika dibandingkan dengan kedua jenis sebelumnya. Dimana dapur jenis ini umumnya hanya menggunakan kontainer pengiriman dan kerap ditempatkan di halaman parkir restoran. Jenis cloud kitchen jenis ini dianggap tidak efektif karena ruang gerak terbatas dan membuat staff merasa kurang nyaman memasak di dalam kontainer ini.

Pentingnya Memilih Lokasi Virtual Kitchen

Lokasi dapur virtual merupakan salah satu hal krusial yang patut diperhatikan, karena pemilihan lokasi ghost kitchen yang tepat dapat meningkatkan profit usaha kuliner Anda.

Lokasi strategis juga berpengaruh pada harga makanan yang Anda jual, karena penetapan harga jual dipengaruhi oleh target pemasaran. Sehingga Anda perlu memilih dapur virtual dengan lokasi strategis dan berada di pusat kota seperti Everplate Kitchen.

Dengan Everplate Kitchen, Anda dapat menjangkau pasar potensial di beberapa lokasi strategis di Jakarta seperti Kemang, Anggrek Neli, Belmont Residence, serta Kelapa Nias. Demikianlah ulasan mengenai jenis virtual kitchen bagi para pengusaha kuliner pemula yang ingin mencoba beralih ke dapur virtual ini. Semoga bermanfaat!

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan kamu juga bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami halo@keluhkesah.com

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *