2 Cara Paling Jitu agar Cepat Dapat Kerja

oleh -127 views
2 Cara paling jitu agar cepat dapat kerja
2 Cara paling jitu agar cepat dapat kerja

Web portal pendidikan – Selamat sore sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan membagikan 2 cara paling jitu agar cepat dapat kerja. Pastinya tips dan cara yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian yang sedang melamar pekerjaan ataupun sedang mencari pekerjaan. Berikut ulasannya.

Cara Paling Jitu Agar Cepat Dapat Kerja

2 Cara paling jitu agar cepat dapat kerja
2 Cara paling jitu agar cepat dapat kerja

Selepas lulus sekolah atau kuliah, tentunya salah satu tujuan utama bagi setiap pelajar adalah bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keilmuan yang ditempuh sebelumnya. Setiap lulusan baru, bisa mendapatkan pekerjaan baru dalam waktu singkat merupakan suatu kebanggan tersendiri. 

Hal tersebut bisa menjadi kepuasan tersendiri karena pada akhirnya bisa segera mengaplikasikan hasil belajar selama beberapa tahun di bangku pendidikan. Meski terlihat sederhana, namun kenyataannya untuk bisa mendapat pekerjaan bukan hal yang mudah.

Seperti yang diketahui bahwa setiap tahun lulusan pendidikan semakin bertambah. Sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang memadai. Hal ini menyebabkan tingkat persaingan untuk mendapat pekerjaan semakin ketat. 

Bahkan, meski sudah memiliki gelar sarjana, namun ternyata hal tersebut bukan berarti kesempatan kerja mudah didapatkan. Maka dari itu, supaya bisa segera mendapatkan pekerjaan selepas lulus pendidikan, sebaiknya ikuti caranya di bawah ini agar cepat dapat kerja!

Baca juga : Tips agar lamaranmu diterima HRD secara langsung

#1 Aktif dalam Organisasi dan Memperluas Relasi

aktif dalam organisasi dan memperluas relasi
aktif dalam organisasi dan memperluas relasi

Salah satu cara paling jitu yang akan mempercepat Anda supaya bisa segera mendapat pekerjaan adalah dengan cara selalu aktif berorganisasi. Baik di lingkungan kampus maupun organisasi umum lainnya.

Mengikuti organisasi sering menjadi nilai plus bagi lulusan kuliah. Itu karena pengalaman berorganisasi seringkali dibutuhkan dalam berbagai macam bidang pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan manajemen.

Jika Anda menonjol dalam sebuah organisasi, otomatis akan ada banyak tokoh penting yang mengenal Anda dengan baik. Sehingga hal ini bisa membuat Anda lebih mudah ketika nantinya ingin melamar sebuah pekerjaan di perusahaan tertentu. Bisa jadi salah satu tokoh tersebut akan merekomendasikan Anda kepada perusahaan tertentu. 

Selain itu, bergabung ke dalam sebuah organisasi umumnya dapat melatih soft skill Anda dengan baik. Soft skill sendiri merupakan salah satu kebutuhan utama yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Bagaimana kemampuan seseorang bersosialisasi, memecahkan masalah dengan rekan kerja, mengelola banyak bawahan, dan sebagainya sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Umumnya kemampuan tersebut selalu dibutuhkan pada posisi yang strategis. Maka dari itu, bila Anda memiliki kelebihan tersebut, maka akan lebih mudah untuk Anda bisa mendapat pekerjaan karena berhasil lolos seleksi dari sesi wawancara.

Yang pasti, aktif dalam berorganisasi artinya adalah Anda banyak mengenal orang-orang penting. Relasi yang Anda miliki dalam berorganisasi sebelumnya bisa jadi jalan paling mudah untuk mendapat pekerjaan kedepannya. Kemungkinan besar akan direkrut untuk menempati posisi penting dalam perusahaan salah satu relasi semakin terbuka lebar bila Anda selalu aktif berorganisasi. 

Disamping itu, hal tersebut juga bisa membuat segala informasi mengenai perkembangan dunia kerja yang dibutuhkan juga semakin mudah didapatkan bila aktif berorganisasi sejak dini. Itulah sebabnya bila ingin bisa segera mendapat pekerjaan setelah lulus sekolah atau kuliah, maka aktiflah mengikuti organisasi sejak dini.

Baca juga : Tips sukses interview dalam menghadapi HRD

#2 Menambah Keterampilan serta Sering Mengikuti Job Fair

menambah keterampilan dan sering mengikuti job fair
menambah keterampilan dan sering mengikuti job fair

Tingkatkan nilai jual diri Anda di mata perusahaan dengan cara menambah keterampilan. Jika bidang pendidikan yang Anda tekuni sebelumnya berhubungan dengan keuangan, tambahkan keterampilan Anda dibidang perhitungan, penggunaan perangkat komputer, internet serta bahasa. 

Semakin banyak keterampilan tambahan yang Anda miliki akan membuat semakin fleksibel melamar di berbagai bidang pekerjaan. Idealnya, pekerjaan yang didapat sesuai dengan bidang pendidikan. Namun jaman sekarang hal ini sudah bukan menjadi keharusan. Banyak sekali lulusan bidang eksakta bekerja pada bidang non-eksakta dan sebaliknya. 

Sebagai pengalaman pertama bekerja, tidak sesuai dengan bidang pendidikan bukan masalah. Justru bisa jadi disitulah passion sesungguhnya. Yang pasti, ikut berbagai pelatihan bisa menjadi modal pengalaman. Sehingga pada saat membuat resume ada banyak poin yang akan menjadi perhatian HRD. 

Banyaknya keterampilan yang dimiliki membuktikan bahwa seseorang memiliki semangat untuk terus tumbuh dan maju. Tidak cepat berpuas diri dengan kompetensi yang sudah dimiliki merupakan salah satu cara untuk mendapat pekerjaan dengan mudah.

Disamping itu, sering mengikuti job fair juga akan mempercepat Anda bisa mendapat pekerjaan. Setiap kota umumnya sering menyelenggarakan job fair untuk menjaring lulusan-lulusan potensial. Tersedia berbagai perusahaan yang bisa dipilih sesuai keilmuan dan keterampilan. Siapkan lebih dari satu lamaran untuk ketika mengikuti acara job fair. 

Jika tidak beruntung di satu perusahaan, maka masih terbuka peluang lowongan di perusahaan lainnya. Jangan lupa, ketika mengikuti job fair jangan hanya bertujuan memasukkan lamaran tetapi harus siap untuk melakukan interview. Sebab peserta job fair umumnya merupakan orang-orang HRD perusahaan yang akan melihat secara langsung diri Anda dari segi penampilan fisik pelamar.

Selain itu, jangan lupa siapkan stamina dan penampilan minimal rapi dan pantas. Jadi pada saat memasukkan lamaran dan langsung diminta untuk interview semua sudah siap. Kemudian, jangan terpaku hanya pada satu bidang pekerjaan. Jika memiliki kemampuan lain, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan yang lainnya.

Artikel ditulis oleh @Shinta dengan judul artikel 2 cara paling jitu agar cepat dapat kerja. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami cs@keluhkesah.com

Kata kunci : 2 Cara Paling Jitu Agar Cepat Dapat Kerja