Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah, kali ini saya akan memberikan pemahaman edukasi tentang 10 tips menghadapi ujian semester. Adapun penjelasannya dapat kami sampaikan melalui uraian dibawah ini.

10 Tips Menghadapi Ujian Semester


Teman teman pasti pernah merasakan yang namanya panik saat ujian semester, hal itu tidak baik untuk diri sendiri karna konsentrasi akan menjadi kacau sehingga tidak dapat menjawab soal dengan maksimal. Nah, berikut ini akan saya urai 10 tips menghadapi ujian semester, yaitu sebagai berikut.

1. BACA DOA

Percayalah dengan membaca doa di setiap kegiatan, maka rasanya ada sebuah keringanan tersendiri. Aktivitas terasa ringan, pikiran kusut menjadi rapi, perasaan khawatir menjadi lega. Banyak sekali manfaat berdoa kepada Sang Maha Kuasa. Kita percaya ada kekuatan magis yang mempermudah di setiap langkah.

Nah, penting sekali ketika sebelum belajar untuk membaca doa. Bukankah jika kita belajar di kelas seperti biasanya akan memulainya dengan doa dan mengakhirinya dengan doa. Dua belas tahun masa-masa sekolah, kita dididik untuk senantiasa membaca doa. Tips menghadapi ujian semester dari author adalah baca doa sebelum belajar untuk mempersiapkan bekal menjawab soal.

Baca juga : Pembelajaran secara online dari segi agama islam

2. MEMINTA KELANCARAN DARI ORANG TUA (Bantu Doakan)

Pernah gak sih kamu kalau sebelum ulangan minta didoakan sama orang lain? Pasti pernah deh. Menurut author doa yang paling utama adalah doa dari orang tua, nanti dulu deh minta doa dari si dia ehm. Jenguk orang tuamu, dekati beliau dan sampaikan lah permohonanmu.

“Bu/Pak, (nama kamu) besok mau ulangan semesteran. Bantu doa ya. Pelajarannya susah banget.” Nah, sederhananya begitu. Ungkapkan saja apa kata hati kecilmu, cerikanlah. Kalau sekolahnya jauh dari orang tua bagaimana ? Ya di telpon sobatku, sekarang dunia semakin canggih, berkabar dengan yang jauh bukan suatu masalah.

Baca juga : Pentingnya peran orangtua dalam membentuk pola pikir anak

3. MENGULANG MATERI DIRUMAH

Tips menghadapi ujian semester yang ketiga ini sebenarnya mesti dilakukan dari jauh hari agar ketika mendekati hari ulangan tidak terkejut lagi otakmu. Otak kita mempunya dua jenis kapasitas memori. Ada memori jangka panjang dan memori jangka pendek.

Memori jangka panjang akan tertanam kuat di otak manakala telah melewati serangkaian uji ingatan di memori jangka pendek.

Simpelnya, ketika ingin mempelajari 5 Bab suatu buku maka kita mesti nyicilnya per bab. Minggu ini bab 1 dipelajari secara berangsur-angsur, begitu juga bab-bab selanjutnya. Namun, kesalahan banyak siswa bahkan mahasiswa malah akan belajar pada saat h-3 atau h-1 menjelang ulangan.

Kita kenal dengan Sistem Kebut Semalam (SKS). Kita memaksa otak untuk bekerja lebih keras untuk mengingat potongan memori yang tidak pernah kita ulang pelajarannya di rumah. So, sebelum terlambat yuk cicil pelajaranmu.

4. Belajar Bersama

Terkadang kalau kita belajar sendirian itu sering menemukan kendala, misalnya bertemu pertanyaan sulit dan kita tidak mengerti cara menjawabnya. 

Kamu bisa mengajak temanmu untuk rutin belajar bersama, bisa dua kali dalam seminggu. Bebas, bisa kamu belajar di rumahnya atau dia yang belajar di rumahmu. Tambah asyik lagi, belajar sambil piknik di bawah pohon rindang. Sueeger dan nikmat.

Baca juga : Belajar tetap efektif di masa pandemi

5. MEMBUAT JADWAL BELAJAR

Ini juga penting untuk dilakukan sebelum ulangan semesteran tiba. Apalagi kalau kamu adalah anak yang aktif berorganisasi di sekolah. Pasti akan banyak waktu yang bertabrakan.

Mulailah dari sekarang membuat jadwal belajar.
Kapan belajar sendiri untuk mengulang materi.
Kapan belajar bersama teman.
Kapan belajar bersama guru les (jika kamu mengambil les).
Kapan waktunya ikut kegiatan ekskul.
Kapan waktunya refreshing/istirahat.
Kapan waktunya bersama keluarga.
Ayo diatur, seminggu ada tujuh hari lho.

6. Istirahat yang Cukup

Seperti yang sudah sedikit disentil pada poin nomor 5, kapan waktunya refreshing/istirahat.

Pernah dengar orang yang stres gara-gara belajar terlalu dibawa berat ? Belajar tancap gas hingga larut malam, kemudian besoknya jatuh terkapar hingga dirawat di rumah sakit ? Sering dengar yang begitukan ?

Jangan sampai kita mengenyampingkan masalah kesehatan diri. Belajar boleh, tapi istirahat harus. Mengistirahatkan otak. Seandainya otak bisa berbicara, mungkin ketika dia overload dia akan berteriak sejadi-jadinya. “CUKUP KAK, AKU CAPEK!!” Mungkin begitu kata otak hehe.

Jangan sering begadang juga ya, serta kurangi untuk melakukan kegiatan yang menguras energimu secara berlebihan.

7. Makan dan Minum yang Cukup

Sebelum kamu menghadapi ujian, jangan sampai lupa sarapan ya. Dengan asupan makan dan minum yang cukup, maka kita akan memperoleh energi yang cukup pula untuk mengerjakan soal ujian. Saat perut kenyang dan rasa haus hilang, konsentrasi jadi lebih baik.

Tentu, makan dan minumnya jangan berlebihan juga ya. Kalau kondisimu kekenyangan, bukannya mengerjakan soal dengan maksimal malah kamunya jadi ngantuk deh.

Baca juga : manfaat minum kopi pagi hari

8. Tanya Kakak Kelas

Kemudian, tips menghadapi ujian semester yang selanjutnya adalah tanya kakak kelas.

Kalau kamu masih anak kelas 1 SMP atau 1 SMA, masih ada ya kakak kelasnya yang belum lulus. Begitu pula anak kelas 2. Nah, anak kelas 3 bisa saja tanya ke kakak kelasnya yang sudah lulus, berjuang ekstra cuy tanya-tanya.

Tanya kakak kelas yang author maksudkan adalah tanya tipe-tipe soal dari masing-masing guru. Ada yang guru sukanya memberi soal dari tugas yang telah ia berikan. Ada pula guru yang mengambil soal dari glosarium atau intisari buku. Dan masih banyak lagi model soal yang guru buat.

Tidak hanya itu saja, tanyakan juga tentang berkas soal-soal tahun sebelumnya. Nah, dengan contoh-contoh soal tersebut bisa menjadi referensi kamu dalam belajar.

9. Berserah Diri

Setelah berusaha dan berdoa dilakukan, maka strategi terakhir adalah berserah diri. Apapun hasilnya, percayalah hasil yang nanti diperoleh akan berbanding lurus dengan usaha yang kamu lakukan.

Jika hasilnya tidak sesuai yang kamu inginkan, maka jangan patah semangat yah.

10. Berpikir Positif

Berpikir positif adalah tips terakhir dari author. Jangan takut, jangan pusing, jangan berpikiran negatif untuk ulangan semesteran.

“Nanti begini….nanti begitu.” Buang jauh-jauh pikiran negatif. Mari selalu berpikir positif.
“Aku bisa mengerjakan soal!!”

Baiklah sekian 10 tips menghadapi ujian semester. Semoga bermanfaat.

Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel 10 tips menghadapi ujian semester. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]