10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

oleh
cara meningkatkan daya ingat anak
cara meningkatkan daya ingat anak

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat keluhkesah.com, kali ini saya akan menjelaskan 10 cara meningkatkan daya ingat anak. Cara caranya akan saya uraikan dibawah ini.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

cara meningkatkan daya ingat anak
cara meningkatkan daya ingat anak

Daya ingat memiliki fungsi untuk mengolah dan juga menyimpan berbagai informasi yang akan diserap oleh otak, sebenarnya daya ingat ini biasanya hanya terjadi sangat singkat dan akan jauh lebih spesifik untuk anak yang berusia dibawah 3 tahun.

Dan memiliki hubungan perkembangan memori pada anak. karena pada usia anak begitu memang akan jauh lebih membutuhkan kesabaran agar dapat mengingatkan anak mengenai hal-hal yang bersifat umum, misalnya saja, saat kita harus mencuci tangan sebelum makan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan juga bertambahnya usia anak, nantinya akan semakin meningkat untuk daya ingatnya.

Namun dalam hal ini kita sebagai orang tua pun perlu lebih meningkatkan dan juga mencari cara untuk bisa meningkatkan daya ingat anak nantinya.

Karena memang perlu juga dilakukan pelatihan secara rutin dan melakukan pengulangan, agar nantinya anak akan lebih fokus dan mempunyai daya ingat yang kuat.

Untuk itu kita akan menjelaskan secara detail mengenai cara meningkatkan daya ingat anak dengan berbagai cara, sehingga nantinya anak akan terbiasa dan membuat anak memiliki daya ingat yang cukup kuat.

Baca juga :

Berikut 10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

10 cara meningkatkan daya ingat anak
10 cara meningkatkan daya ingat anak

Adapun 10 cara meningkatkan daya ingat anak akan saya ulas dibawah ini, berikut caranya :

1. Memberikan asupanan makanan yang sehat


Anda bisa memulainya dengan memberikan asupan yang kaya akan vitamin dan juga kandungan lainnya yang sangat penting untuk tubuh anak, sehingga nantinya bisa membantu anak untuk bisa melatih otaknya agar memiliki daya ingat yang kuat dan tinggi.

Dengan memberikan makanan yang memiliki kandungan karbohdrat komplek juga bisa membantu anak dalam mmebantu dan mempengaruhi memorinya.

Salah satu gizi yang baik untuk dikonsumsi oleh anak yaitu Susu, Dancow merupakan susu yang saya rekomendasikan untuk tumbuh kembang anak dan juga susu ini diperkaya oleh gizi yang seimbang. Selain tumbuh kembang, kecerdasan anak pun dapat meningkat dengan lebih baik.

2. Tidur Yang Teratur


Dengan melakukan tidur yang teratur ternyata bisa melakukan latihan pada memori anak agar memiliki ingatan yang kuat dan juga tajam, untuk itu bantu anak agar bisa memiliki kualitas tidur yang nyaman dan menyenangkan sehingga nantinya bisa melatih daya ingat dan juga memori anak untuk lebih baik lagi

3. Melakukan Permainan Sambil Belajar


Pada umumnya hampir semua anak menyukai kegiatan bermain, untuk itu sebaiknya anda sebagai orangtua bisa meningkatkan daya ingat anak dengan selalu mengajaknya bermain dan juga belajar sehingga hal ini bisa meningkatkan daya ingatnya menjadi lebih baik lagi dan cara meningkatkan kreativitas pada anak.

Beberapa permainan juga diketahui ternyata bisa membantu merangsang ingatan anak menjadi lebih baik lagi, misalnya pada permainan puzzle, permainan mewarnai, menggambar, menempelkan angka dan juga jenis permainan lainnya.

4. Memberikan aktivitas menulis


Dengan aktivitas menulis ternyata bisa membantu daya ingat anak menjadi lebih kuat, menurut psikologi anak juga, saat seorang anak memiliki aktivitas rutin setiap hari misalnya menulis,

Hal tersebut juga bisa membantu anak agar memiliki daya ingat yang kuat walaupun hal tersebut terlihat sangat sederhana namun ternyata memang sangat efektif dilakukan. menulis bisa mmebantu alirak oksigen, sehingga sesuatu yang kita utarakan mellaui tulisan akan lebih bisa diingat nantinya.

5. Melakukan Latihan Otak


Dalam hal ini yang bisa anda lakukan adalah melakukan pancingan berbagai pertanyaan agar nantinya bisa memancing otak anak untuk bisa bergerak dan juga memunculkan berbagai ide ide baru yang nantinya bisa membuat hubungan saraf ke otak menjadi lancar, anda juga bisa dengan mudah melakukan latihan ini pada anak dirumah.

6. Beri asupan omega 3 pada anak


Seperti kita ketahui asupan omega 3 pada anak bisa sangat bermanfaat dalam membantu otak anak dalam lebih aktif untuk bagian area otaknya sehingga nantinya bisa lebih meningkatkan perhatian dan juga memori yang dimilki oleh anak lainnya.

Anda juga bisa menambah dengan berbagai pemberian suplemen makanan seperti minyak ikan dan jenis makanan lain yang sudah diperkaya dengan asam lemak omega 3 dan juga DHA.

7. Aktivitas olahraga


Apabila kita membiasakan anak untuk melakukan aktivitas fisik nantinya bisa membantu dalam menjaga kstabilan otak anak.

Karena menurut penelitian yang sudah dilakukan juga jika anak yang seringkali melakukan kegiatan olahraga secara teratur nantinya bisa membantu dalam hal perbaikan otak sistem koginitif, dan bisa mempengaruhi sistem saraf pusat dan juga bagian otak anak menjadi daya tangkap yang kuat.

8. Lakukan Permainan Edukatif


Permainan edukatif diketahui bisa merangsang otak anak sehingga anak bisa lebih terampil dan juga meningkatkan memori serta melakukan penyelesaian masalah yang bisa dilakukan oleh anak.

Dengan melakukan permainan edukatif juga bisa membantu anak dalam membantu otaknya agar bisa menjalin berbagai hubungan saraf yang baru dan cara meningkatkan fokus pada anak.

9. Memberi Batasan Pada Anak Untuk Menonton Televisi


Sebaiknya sebagai orang tua anda wajib memberikan batasan pada anak agar tidak selalu menonton televisi, dan juga memberikan berbagai batasan agar anak dibatasi dalam hal aktivitas menonton tv karena dengan membatasi akan membuat anak lebih meningkatkan aktivitasnya menggunakan otaknya, dan akan memunculkan daya ingat yang kuat.

10. Memberikan aneka asupan vitamin dan sayuran


Seperti yang kita ketahui sayuran dan juga vitamin sangat baik untuk perkembangan otak anak, sehingga anda harus mencukupi anak dengan memberinya asupan yang baik dari vitamin ataupun sayuran.

Karena sayuran dan vitamin bisa membantu melawan berbagai radikal bebas yang nantinya bisa melindungi otak anak agar lebih bisa berkembang.


Artikel ditulis oleh @author dengan judul artikel 10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di keluhkesah.com, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

19 thoughts on “10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

  1. Setuju bang, memberi batasan anak menonton tv dan juga gadegt itu baik banget buat meningkatkan daya ingat anak. Anak-anakku paling banyak hanya 2 jam konsumsi tv dan gadget. sisanya bemerka lebih suka berkreasi dan membaca buku.

  2. Kami dirumah jarang nonton tv kak, jadi anak2 juga ikutan kebiasaan jarang liat tv. Selain itu juga anak2 udah aq biasain makan sayur dan buah. Semoga dengan usaha2 ini daya ingat mereka bisa twrjaga

  3. Buat anak, kalo orang tuanya disiplin memberi asupan sehat dan mendisiplinkan anak tidur siang dan tidur malam, itu aja udah jempolllll banget buat meningkatkan daya ingat anak.

  4. nah ini , anak anak lebih suka tidur malam sekarang ya ini entah kenapa apa karena lagi SFH. Memang tidur cepat itu sangat perlu untuk pertumbuhan motorik anak juga kali ya

  5. Terima kasih atas tipsnya kak. Bisa diterapkan ke anak sedini mungkin ya biar daya ingat anak lebih baik. Biasanya dedek kalau udah main susah banget disuruh bobok. Ini berpengaruh juga kayaknya.

  6. Setuju banget sama semua tipsnya
    Memang ingatan itu harus terus ditingkatkan dengan stimulasi yang tepat
    Kita sebagai orang tua juga harus konsisten sih
    Misalnya terkait gadget dan televisi, gak boleh kendor

  7. Nah, anak-anak kan memang sangat aktif bermain tuh, jadi memang bener harus mendapatkan pola makan yang sehat dengan makanan bernutrisi. Selain itu, istirahat juga harus diperhatikan. Karena saking aktifnya, kadang anak2 maen gak pake waktu ya, makainya ortu juga harus bisa mengingatkan mereka supaya makan gak telat, termasuk istiharat dll. Makasih sudah mengingatkan melalui artikel di atas, sangat berguna sekali 🙂

  8. Yang tidak kalah penting memang membatasi televisi ya mas. Iyes kadang anak-anak udah kelebihan menatap layar televisi membuat segala pekerjaan dan pelajaran anak menjadi berantakan.
    Kadang jadi kurang fokus bahkan kehilangan minat belajar.

  9. membatasi nonton TV dan gadget ini saya setuju. Biar anak nggak duduk diam terpaku pada apa yang di tontonnya. Orang tua pun sebaiknya memilihkan dan menemani saat anak menonton tv, sambil nonton sambil sesekali diajak diskusi mengenai apa yang di tontonnya

  10. Melakukan permainan sambil belajar ini menarik. Dimana anak-anak emang dasarnya suka bermain. Kalau ditambahi dengan belajar didalamnya, mereka pasti akan merasa happy juga. Jadi daya ingat akan hal itu juga makin besar. Keren.

  11. Keren nih. Sangat bermanfaat untuk para orangtua. Olahraga memang sangat baik untuk daya ingat anak. Motoriknya gerak. Jadi nutrisi ke otak mengalir lancar

  12. Melakukan latihan otak ini juga penting banget. Merangsang agar anak kritis bertanya terus, sambil kita menggiring pola berpikirnya. Tidur yang cukup juga penting biar ga gampang tantrum. Apalagi asupan makanan yang bergizi. Eh iyaaa batasi gadget juga hehehe.

  13. Bermain sambil belajar itu efektif banget ya untuk meningkatkan daya ingat anak. Bahkan orang2 dewasa seperti kita pun sedang tren ada gamifikasi untuk lebih cepat menyerap suatu materi dalam pekerjaan

  14. Web ini kayaknya ramai banget ya? Sampai 800 penulis sudah gabung? Wuih, keren nih! Apalagi nama domainnya keluhkesah dotcom. Semoga yang berkeluh kesah di sini, maksudnya nulis di sini, bisa dapat solusi yang terbaik ya!

    1. Siap kak, alhamdulillah penulis tamu kita udh bertambah terus menerus.. alasan dibuat namanya keluh kesah agar semua penulis dapat mencurahkan keluh kesahnya melalui tulisan

  15. nah ini , anak anak lebih suka tidur malam sekarang ya ini entah kenapa apa karena lagi SFH. Memang tidur cepat itu sangat perlu untuk pertumbuhan motorik anak juga kali ya

  16. tidur cukup dan teratur bisa bikin anak jadi semangat untuk memulai hari, termasuk juga belajar. Dan tentu saja membatasi menonton televisi juga penting supaya ga kecanduan

  17. Membatasi TV dan gadget itu penting sih ya, karena di zaman sekarang masih banyak orangtua yg nggak cukup aware. Bener2 kudu diperhatikan sih emang ya, biar otak anak tumbuh maksimal

  18. Anakku juga aku batasin buat nonton TV dan gadget. Karena seusia mereka kalau udah ketagihan bahaya banget. Tapi untuk tidur malam ini, entah mereka sejak balita tidurnya suka susah. Kadang bingung sendiri emaknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *