Sudah Melakukan Iklan Online Namun Konversi Masih Rendah ? Mungkin Kamu Harus Memperbaiki Hal ini

oleh -396 views
beberapa hal membuat konversi rendah
beberapa hal membuat konversi rendah

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat belapendidikan, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas artikel mengenai iklan online. Sobat belapendidikan sudahkah melakukan iklan online ? Namun konversi masih rendah ? Mungkin beberapa tips kali ini dapat memperbaiki masalah tersebut.

Sudah Melakukan Iklan Online Namun Konversi Masih Rendah ? Kamu Harus Perbaiki Hal ini


Tahukah kamu kalau tampilan website memiliki peran penting dalam meningkatkan konversi? Mirisnya, cukup banyak digital marketer yang kurang mengetahui hal ini sehingga hasil yang didapatkan pun jauh dari kata memuaskan.

Lantas, apa yang menyebabkan konversi rendah?

Beberapa hal yang membuat konversi rendah adalah tampilan website yang kurang friendly, halaman landing page bermasalah, dan Call to Action (CTA) berantakan sehingga membuat pengunjung tidak nyaman. Alhasil, konversi pun rendah.

Selain beberapa penyebab tersebut, ada penyebab lain yang juga turut memengaruhi tingkat konversi, di antaranya:

  • Website Tidak Teroptimasi Mobile

Saat ini, kebanyakan orang mengakses informasi melalui ponsel. Jika kamu gagal memberikan pengalaman yang baik pada pengunjung ketika diakses menggunakan ponsel, tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tingkat konversi website.

  • Waktu Loading Lambat

Di era digital ini, kecepatan akses adalah salah satu hal yang penting. Website dengan waktu loading yang lambat cenderung ditinggalkan oleh banyak pengunjung. Biasanya, loading yang lambat ini disebabkan oleh ukuran gambar yang terlalu besar atau terlalu banyak.

  • Terlalu Banyak Informasi

Salah satu alasan yang membuat pengunjung cepat bosan adalah informasi yang terlalu banyak. Orang – orang mengharapkan isi website yang mudah dan simpel. Termasuk saat kamu membuat formulir isian.

Pentingnya Konten Copywriting dan Tips Meningkatkan Konversi Website


Untuk meningkatkan konversi website diperlukan konten copywriting. Mengapa? Karena konten ini dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa, meningkatkan citra perusahaan, dan menciptakan kesadaran merek.

Tanpa konten copywriting sangat sulit meningkatkan konversi. Pasalnya, konten copywriting berbeda dengan artikel biasa. Konten copywriting haruslah “menggigit” dan mampu memicu ketertarikan pembeli dengan produk yang ditawarkan.

Selain menggunakan konten copywriting, sangat penting untuk memperhatikan sejumlah hal yang memengaruhi tinggi rendahnya konversi. Apa saja?

Adapun beberapa hal yang wajib kamu perhatikan untuk meningkatkan konversi website, antara lain sebagai berikut.


  • Pastikan kamu mengecek landing page website melalui ponsel sebelum memublikasikannya. Periksa bagaimana tampilan akhirnya, mulai dari ukuran huruf, gambar, hingga flow.
  • Kurangi distraksi pada website. Pada bagian landing page, hapus bagian navigasi bar atau menu dan hyperlink pada ikon logo. Dengan begitu, pengunjung hanya akan fokus pada isi di landing page.
  • Untuk mencegah pengunjung merasa bingung, gunakan teks yang sama pada tombol CTA.  Dengan cara ini, pengunjung juga akan fokus pada hal yang kamu tawarkan.
  • Pastikan website teroptimasi mobile. Pastikan juga tampilannya menarik.
  • Gunakan keyword headline yang tepat, yang membuat orang merasa penasaran dan tertarik. Keyword headline harus mencakup kata yang mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu. Pilih headline yang simple dan mudah dipahami.
  • Tampilkan benefit, testimoni, dan bukti Sosial. Hal ini sangat penting karena dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung.
  • Sisihkan bagian pengisi agar pengunjung hanya fokus pada penawaran dan bagian penting landing page. Tampilan yang sederhana akan membuat pengunjung lebih mudah menemukan informasi yang perlu mereka ketahui.
  • Buat desain yang menarik, mengingat sebagian besar orang adalah makhluk visual. Pastikan website Anda memiliki ciri khas dan dipersonalisasi sesuai dengan audiens yang ditargetkan.
  • Kurangi penggunaan banyak jenis huruf. Pilih warna huruf yang tepat, sesuai brand image dan sisakan blank space pada desain website yang dibuat.

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan cara meningkatkan konversi website yang dapat kamu coba! Yuk, bagikan informasi ini!

Baca juga :

Author : Jane Indonesian Writer
Penyunting : Tim Belapendidikan

Terima kasih sudah membaca artikel tentang “sudah melakukan iklan online, namun konversi masih rendah? mungkin kamu harus memperbaiki hal ini”.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tentang Penulis: Ahmad Andrian F

Gambar Gravatar
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi keluhkesah.com

23 thoughts on “Sudah Melakukan Iklan Online Namun Konversi Masih Rendah ? Mungkin Kamu Harus Memperbaiki Hal ini

  1. Membantu sekali artikel ini. Karena saya masih newbie di dunia perblog-an apalagi mau bangun web sendiri.

  2. Sampai saat ini saya sendiri belum berani coba ngiklan sih.. takutnya hasil tidak sesuai harapan. Hanya menghamburkan uang tanpa mendapatkan hasil.

    Dalam hal ini saya akan mempelajari indonesianwriter. Semoga aja bisa membantu

  3. Masih banyak situs yang belum mobile friendly. Padahal jaman now ini sebagian orang berselancar di dumay dengan mobile devices.

    Memang sudah saatnya situs dioptimasi untuk mobile, selain copywriting dll.

  4. Sebagai pemula saya harus terus belajar meningkatkan diri dan kualitas sehingga blog juga berkualitas… kapan2 kopdaran lah biar lebih enak bahas teknis seperti ini sekalgus prakteknya kk

  5. Website tidak dioptimasi untuk tampilan mobile, merupakan kerugian luar biasa. Karena lebih penting untuk memanjakan pengguna smartphone dalam mengakses website dibanding PC. Karena ya jumlah penguna mobile phone tu udah hampir sama dg jumlah penduduk itu sendiri.

  6. Salah satu yang banyak orang lupa itu mobile friendly, padahal sekarang kebanyakan orang sudah mengakses informasi melalui mobile. Bahkan google sendiri sudah memprioritaskan website yang mobile friendly, penting banget sih ini menurutku buat orang-orang yang ingin webnya lebih luas jangkauannya

  7. Buat menciptakan konversi yang memuaskan ternyata membutuhkan banyak komponen ya. Saya kira dengan meningkatkan traffic iklan atau memasang iklan hingga budget penuh bisa membuat konversi bagus. Nyatanya ada hal-hal lain kaya landing page, speed situs, copy writing, hingga pilihan huruf ternyata sangat berpengaruh. Bookmark deh buat kapan-kapan praktek biar beriklan gak boncos.

  8. Intinya mobile friendly ya mas. Kalo udah begitu, visitornya pasti banyak. Informatif sekali ulasannya mas. Terima kasih.

  9. Mantap ini tipsnya, mau saya pelajari pelan-pelan, maklum masih pemula jadi harus banyak belajar

  10. Ini dia nih saya masih benahin banget optimasi blog biar lebih oks, apalagi newbie masih coba ina inu. User friendly tuh emang penting banget sih yaa jadi mau buka via PC or mobile sama nyamannya.

  11. Noted Mas,, tipsnya kudu dilaksanakan ini. Iya ya,, kadang suka ga sabar buka web yg lola banget bikin habis waktu kita nungguinnya, wkwk

  12. Aku masih terus dan terus belajar terutama mengenai ini blog2 kan yang penting fastload ya kak terus user frendly tampilan Clear katanya makasih kak sharingnya

  13. Saya klo buka web tapi dalam 10 detik ga load dengan sempurna juga langsung tutup sih heheeh

    Makasih informasinya

  14. Halo, Saya Jane dari indonesianwrite. Salam kenal. Semoga artikel ini bisa membantu semua agar konversi penjualan semakin meningkat.

  15. Wah saya masih newbie nih dalam dunia iklan online ..jadi harus belajar pelan2 dulu..terima kasih ya sharing pengetahuannya..

  16. Aku masih belum bisa optimalisasi mobile
    gimana sih pasang iklan ke AMP
    aku masih gagal terus

  17. Moble friendly itu WAJIB banget karena mayoritas pakai HP saat mengakses konten apapun. Benar sekali. Sudah susah ngiklan, ngisi dan lainnya kalau tidak moblie friendly dan landing page lama, ya langsung ditutup tanpa baca.

  18. Aku byk loh nemuin situs bisnis tapi nggak mobile friendly..

    Blog pribadi juga byk. Mungkin belum Paham

    Pdhal sebagai pembaca aku ngerasa nggak nyaman bgt loh dengan Tampilan kayak begitu

  19. Aku pernah tuh cobain iklan online, iya belum mendapatkan konversi yang memuaskan. Memang ada banyak kesalahan juga sih, nanti deh mulai perbaiki perlahan,hehe

  20. tipsnya berguna banget nih, jadi cek n ricek lagi blog yang aku kelola, apakah sudah mobile friendly atau belum.

    memang saat ini penggunaan smarphone mendominasi untuk berselancar mencari informasi di internet.

  21. Copywriting ini memang penting banget dalam promosi online, tapi sayang tak semua orang bisa membuat copywriting, makanya perlu adanya jasa penulisan copywriting

  22. Aku udah berusaha sih untuk mobile friendly. Tapi kayaknya msh kurang cepet. Kalo ditest pagespeed itu, masih lebih 5 detik. Mana aku engga ngerti script apa gitu. Mau benerin engga bisa…

    1. Saya malah masih belum faham masalah ini. Optimasi blog pribadi aja masih belum sukses.

      Berguna banget sharingnya Mas.

Komentar ditutup.